Perhatikan 4 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan di Job Fair!

Perusahaan butuh karyawan yang punya skill dan attitude‎

Bantul, IDN Times - Job Fair Bantul 2019 yang diselenggarakan di Pyramid Hall, Jalan Parangtritis Km 5,5 Sewon, Bantul, tanggal 4-5 September, resmi dibuka.

Selain menawarkan lebih dari 5 ribu lowongan kerja baik di perusahaan yang ada di Bantul maupun luar Bantul, event tahunan yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Bantul ini juga mengadakan talkshow terkait tip sukses mendapatkan pekerjaan yang diinginkan sesuai bidang yang diinginkan.

Praktisi dan Konsultan SDM FRESH Training, Arif Jatmiko, mengatakan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pelamar kerja untuk bisa sukses dalam menghadapi persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

1. Siapkan pikiran positif dan hati yang jernih‎ saat tes wawancara

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan di Job Fair!IDN Times/Daruwaskita

Pertama, menurut Arif, pelamar harus punya pikiran yang positif dan hati yang tenang ketika hendak melakukan tes wawancara. Dengan begitu, rasa grogi dan cemas yang dirasakan bisa dihalau.

"Ketika pikiran tidak tenang dan positif, pasti ketika proses tes wawancara akan grogi terlebih dahulu," katanya saat talkshow di Bantul Job Fair 2019, Kamis (5/9).

Baca Juga: 5 Ribu Lebih Lowongan Kerja Ditawarkan di Bantul Job Fair 2019

2. Latih kemampuan berbicara agar bisa menjawab pertanyaan dengan baik

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan di Job Fair!IDN Times/Daruwaskita

Hal yang kedua menurut Arif, adalah soft skill untuk berbicara agar bisa menjawab pertanyaan dengan baik, terutama pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

"Ketika kita sudah memiliki skill maka kita akan tenang dalam menjawab pertanyaan," ungkapnya.

3. Berlatih sebelum menjalani tes tertulis

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan di Job Fair!Pexels.com/Christinamorillo

Arif melanjutkan, persiapan lain yang harus dilakukan adalah mempelajari tes psikologi tertulis. Soal-soal tes semacam ini sudah dijual luas. Jika perlu, pelamar bisa berkonsultasi dengan teman yang punya latar belakang psikologi sehingga ketika tidak mengalami kesulitan mengerjakan tes.

"Setiap perusahaan punya soal tes yang berbeda-beda namun semuanya hampir mirip sehingga itu bisa dipelajari," ungkapnya.

"Kalau sudah mantap saya kira tidak perlu konsultasi. Namun jika memang tidak maka bisa cari teman psikolog, tapi itu tidak harus karena banyak juga yang lolos tanpa konsultasi dengan psikolog," lanjutnya.

4. Yang dibutuhkan perusahaan dari pelamar kerja adalah skill dan atitude‎

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan di Job Fair!pexels.com/rawpixel.com

Lebih lanjut, Arif mengatakan banyak pelamar yang tidak lolos tes wawancara karena setiap perusahaan pasti menginginkan dua hal dari mereka, yaitu skill dan attitude.

"Yang pasti perusahaan akan mencari pelamar kerja yang skill-nya tinggi dan attitude yang baik. Ketika skill-nya tinggi (tapi) attitude jelek pasti tidak akan lolos. Namun ketika skill kurang namun attitude baik, (perusahaan melihat) masih berpotensi tidak skill calon pelamar itu ditingkatkan. Jika masih dimungkinkan, maka perusahaan tetap akan menerimanya," tuturnya.‎

Baca Juga: 8 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal Saat Tes Wawancara Kerja

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya