TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tampil Percaya Diri saat Wawancara Kerja, Ikuti 5 Tips Penting Ini

Persiapkan diri sebaik mungkin

illustrasi wawancara kerja (pexels.com/Lukas)

Wawancara kerja menjadi tahap paling menegangkan dalam proses mencari pekerjaan. Mempersiapkan diri dengan baik, menjadi kunci utama kesuksesan untuk menjawab pertanyaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips yang dapat membantumu untuk melalui proses ini. 

1. Pelajari informasi perusahaan dan posisi yang diinginkan

Sebelum datang ke wawancara, penting untuk memahami perusahaan dan posisi yang diinginkan. Mengetahui latar belakang, visi, misi, dan budaya perusahaan akan memberikan gambaran jelas tentang yang diharapkan dari para kandidat. Ini akan membantu untuk menjawab pertanyaan dengan lebih relevan.

Selain itu, pastikan untuk memahami tanggung jawab dan keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi yang dilamar. Hal ini akan membuatmu terlihat lebih siap dan tertarik. 

2. Latih jawaban untuk pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara

Banyak pertanyaan yang selalu muncul dalam proses wawancara kerja, seperti menceritakan tentang diri pelamar, atau alasan ingin bekerja. Mempersiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan tersebut akan membantu merasa lebih siap dan percaya diri saat menjawabnya.

Latih jawaban dengan cara berbicara di depan cermin atau bersama teman. Hal ini akan membantu untuk mengasah kemampuan berbicara dan menambah kepercayaan diri. 

Baca Juga: 5 Kamera Mirrorless Harga Rp4 Jutaan, Tawarkan Sistem Fokus Otomatis

3. Tampilkan sikap optimis dan percaya diri

Sikap yang ditunjukkan selama wawancara, sama pentingnya dengan jawaban yang diberikan. Pewawancara akan melihat bagaimana kamu membawa diri, mulai dari cara berbicara hingga bahasa tubuh. Cobalah untuk selalu tersenyum, berbicara dengan jelas, dan menjaga kontak mata dengan pewawancara.

4. Siapkan pertanyaan untuk diajukan

Wawancara kerja bukan hanya kesempatan bagi perusahaan untuk mengenal para kandidat, sebagai pelamar juga harus memanfaatkan momen ini untuk memahami lebih lanjut tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. Siapkan beberapa pertanyaan yang relevan untuk diajukan kepada pewawancara.

Pertanyaan seperti budaya kerja perusahaan atau hambatan utama yang dihadapi tim, akan menunjukkan bahwa kamu serius dan tertarik dengan pekerjaan tersebut. 

5. Jaga kesehatan fisik dan mental sebelum hari wawancara

Persiapan wawancara bukan hanya soal riset dan latihan, tetapi juga menjaga kondisi fisik dan mental. Pastikan untuk beristirahat yang cukup sebelum hari wawancara, akan membantumu merasa segar dan siap menghadapi wawancara dengan kepala jernih.

Tips di atas, bisa membantumu untuk mempersiapkan diri lebih baik melakukan wawancara kerja dan meningkatkan peluang diterima di perusahaan yang diimpikan. Selamat berjuang. 

Baca Juga: 10 Tempat Berbelanja Murah Meriah di Yogyakarta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya