TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Agar Tidak Dicap Oversharing di Tempat Kerja, Yuk Batasi

Penting menjaga sikap di tempat kerja

Pexels/August de Richelieu

Tempat kerja merupakan lingkungan yang bersifat profesional. Ada kalanya seseorang merasa kesulitan memilah mana yang harus diceritakan dan tidak. Jika kamu terlalu mengumbar semua cerita, maka hal ini berpotensi menjadikanmu sebagai pribadi yang oversharing. Penting bagimu untuk menguranginya ya. Inilah lima hal yang dapat kamu terapkan di tempat kerja untuk mengurangi oversharing.

1. Tetapkan batasan pribadi

Sekalipun memiliki teman yang akrab di tempat kerja, kamu harus tetap membuat batasan mengenai informasi pribadi yang perlu dan sebaliknya. Jika pertemuan dilanjutkan di kafe atau main bersama, nah ini saatnya kamu bisa membuka diri. 

2. Fokus pada topik yang berkaitan dengan lingkungan kerja

Dalam dunia kerja, tentu ada banyak yang bisa kamu jadikan topik pembahasan dengan rekan kerja. Usahakan untuk membahas sesuatu yang masih berkaitan dengan pekerjaan dan hal terkait lainnya, sehingga percakapan secara natural akan mengalir. Biasanya topik mengenai pekerjaan tidak berpotensi menyinggung ranah kehidupan pribadi. 

Baca Juga: 4 Batasan Biar Kamu Gak Oversharing Hubungan Asmaramu pada Orang lain

3. Tentukan pilihan topik

Alih-alih menceritakan banyak hal ke rekan kerja, alangkah baiknya kamu pilih orang yang dapat kamu percayai di sekitarmu. Misalnya sahabat di luar lingkungan kerja atau saudara yang sudah lebih mengetahui seluk beluk tentang dirimu. Jika kamu merasa dirimu mulai cenderung oversharing, buatlah catatan atau tulisan mengenai topik yang ingin kamu hindari saat berbicara di tempat kerja, kemudian catat juga topik yang kamu nilai aman untuk dibagikan di tempat kerja. 

Writer

Nindy Debbytha Adystifanny

Lets share everything good!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya