TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Jitu Atasi Burnout Kerja, Tetap Santai dan Produktif

Jika dibiarkan bisa berdampak pada kesehatan mental

ilustrasi burnout (unsplash.com/Resume Genius)

Pernah nggak sih merasa capek dengan pekerjaan hingga rasanya nggak ada energi untuk melakukan kegiatan lainnya? Nah itu tanda kamu mengalami burnout. Meski kelihatannya sepele, burnout bisa berdampak serius pada kesehatan mental dan fisik. Penting banget buat kita tahu bagaimana cara mengatasinya. Kali ini kita bahas empat tips ampuh mengusir burnout agar kamu tetap produktif,

1. Atur jadwal dan prioritas dengan bijak

Kadang burnout datang di saat kita sedang melakukan pekerjaan atau tugas. Penting untuk mengatur jadwal dengan baik dan tetapkan prioritas. Gunakan aplikasi atau planner agar kamu bisa mengatur waktu, hal ini untuk meminimalkan perkerjaan numpuk.

 

2. Istirahat cukup dan berkualitas

Jangan meremehkan pentingnya kualitas tidur. Atur waktu tidur yang cukup setiap hari, minimal 7-8 jam. Kamu bisa mencoba teknik relaksasi seperti meditasi atau mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur.

Baca Juga: 5 Contoh Budaya Kerja Inovatif yang Membuat Karyawan Betah

3. Cari hobi atau aktivitas menyenangkan

Jangan cuma kerja, kerja, dan kerja! Kamu perlu waktu untuk menikmati hobi atau aktivitas yang bikin happy. Coba deh, cari hobi baru atau kegiatan yang kamu suka. Bisa mulai dari hal-hal simpel seperti baca buku, nonton film, jalan-jalan, atau bahkan mencoba olahraga baru. Intinya cari aktivitas yang bikin kamu rileks dan bisa mengalihkan perhatian dari kerjaan. Ini bisa jadi cara yang efektif buat recharge energimu.

Verified Writer

Heyleen

Mahasiswa ekonomi yang tertarik dengan tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya