TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips dan Trik Mengerjakan Soal SKD CPNS agar Tak Kehabisan Waktu

Bukan cuma soal kepintaran, kuasai metode manajemen waktu!

Ilustrasi ujian (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Intinya Sih...

  • Tes SKD PNS terdiri dari TWK, TIU, dan TKP dengan nilai ambang batas minimal
  • Perlu skill mengatur waktu agar bisa mengerjakan 110 soal dalam 100 menit
  • Pentingnya mengetahui trik mengerjakan soal, mengalokasikan waktu, dan menjaga kondisi fisik dan mental

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) adalah mimpi bagi banyak orang di Indonesia. Untuk lulus sampai ditetapkan sebagai PNS terdapat rangkaian tes yang perlu dilalui. Salah satunya adalah tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang biasa dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). 

Tes SKD terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berjumlah 30 soal, soal Tes Intelegensia Umum (TIU) berjumlah 35 soal, dan soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berjumlah 45 soal. Terdapat nilai ambang batas, agar kamu lolos pada tahap SKD yaitu nilai ambang batas TWK minimal sebesar 65, nilai TIU minimal 80, dan nilai TKP minimal 166.

Untuk mendapat nilai yang memuaskan, kamu perlu memahami aspek-aspek soal di setiap bidang soal dan mengetahui tips dan trik dalam mengerjakan soal SKD. Nah, jika kamu mencari tips dan trik dalam mengerjakan soal SKD agar tidak kehabisan waktu, simak penjelasannya berikut ini!

1. Latih kemampuan mengatur waktu dalam mengerjakan soal dengan mengikuti Try Out SKD

Jika kamu tergolong sebagai orang yang pintar karena memahami konsep-konsep di soal yang disuguhkan, kemudian kamu tahu cara mengerjakan soal tersebut. Skill dalam memahami soal saja tidak cukup jika kamu tidak memiliki skill mengatur waktu dalam mengerjakan soal sebanyak 110 dalam waktu 10 menit.  

Tips untuk membiasakan mengerjakan 110 soal secara efektif dalam waktu 100 menit, kamu perlu mengikuti Try Out SKD sesering mungkin, agar kamu menemukan cara efektif versi dirimu sendiri dalam mengerjakan soal SKD tersebut. Kamu bisa mengikuti TO satu minggu sekali, setelah enam hari sebelumnya belajar materi TWK, TIU, dan SKD.

2. Kerjakan TIU, TWK, TKD secara berututan

Sebenarnya kamu memiliki kebebasan terkait urutan dalam mengerjakan bidang TWK, TIU, dan TKD. Namun, saat kamu memutuskan untuk mengerjakan tidak berututan, waktu pengerjaan soal akan berkurang karena kamu bolak-balik dari bidang soal ke bidang soal lainnya. Agar waktu yang kamu dapat dimaksimalkan untuk mengerjakan soal, kerjakan TWK, TIU, dan TKD secara berurutan. 

3. Kerjakan soal mudah terlebih dahulu, lewati soal yang dianggap sulit

Salah satu hal yang terberat dalam mengerjakan soal SKD adalah kamu tidak punya banyak waktu. Memiliki waktu 100 menit untuk mengerjakan 110 soal, artinya dalam satu soal, perlu dikerjakan dalam waktu maksimal 90 detik. Sehingga, ketika mendapat soal yang sulit, kamu tidak paham cara mengerjakannya, maka langsung lewati terlebih dahulu.

Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, kamu tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan cara menjawab soal yang benar-benar kamu tidak pahami. Jangan sampai, kamu kehabisan waktu hanya karena satu atau dua soal yang tidak kamu pahami, sementara soal yang menurutmu mudah tidak sempat terkerjakan.

4. Pahami kata kunci dalam setiap soal dan pelajari trik-trik dalam mengerjakan soal

Agar dalam mengerjakan soal dapat menjawab secara tepat, kamu perlu mengetahui kata kunci dalam setiap soalnya, agar dapat dipastikan jawaban yang kamu pilih relevan dengan pertanyaan. Seperti dalam menjawab bidang soal TWK ataupun TKD yang biasanya disajikan dalam soal yang panjang, maka kamu perlu fokus pada kata kunci dalam soal tersebut. Adapun, dalam menjawab soal TIU, khususnya yang berakitan dengan operasi Matematika biasanya terdapat trik-trik agar bisa mengerjakan soal secara tepat dan cepat. 

Terdapat banyak referensi yang bisa kamu ikuti untuk mempelajari trik-trik dalam mengerjakan soal SKD, seperti YouTobe, Instagram, TikTok, ataupun buku. 

Baca Juga: 6 Tips Garap Soal TKP di Tes CPNS, Agar Lolos Passing Grade

5. Ketika mendapat soal yang panjang, langsung baca dua kalimat terakhir

Soal TWK atau TKD biasanya tersaji dalam uraian soal yang panjang. Saat kamu memiliki waktu yang sedikit lagi, kemudian melihat soal yang panjang, kamu bisa membaca 2 kalimat terakhir, karena terkadang dengan hanya membaca 2 kalimat terakhir, inti pertanyaan dapat langsung dipahami. Namun, jika dengan membaca 2 kalimat terakhir, pertanyaannya berkaitan dengan kalimat-kalimat sebelumnya, maka kamu harus membaca dari awal kalimat. 

6. Beri batas waktu dalam mengerjakan setiap bidang soal

Kamu bisa mengalokasikan waktu untuk setiap bidang soal. Misalnya untuk TWK 25 menit, TIU 35 menit, dan TKP 30 menit. Lalu, sisa waktu 10 menit untuk menjawab soal yang belum terjawab dan mengecek jawaban kembali. 

Memberikan batas waktu pada setiap bidang soal memiliki manfaat agar kamu tidak keasyikan mengerjakan suatu soal, selalu cek waktu yang tersisa saat kamu mengerjakan soal.

Verified Writer

Aneu Rizky Yuliana

Good things soon come

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya