TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Trik Body Language di Tempat Kerja, Tampak Lebih Percaya Diri

Menambahkan citra profesionalmu

Ilustrasi body language di tempat kerja(pexel.com/Ketut Subianto)

Intinya Sih...

  • Berjalan dengan langkah mantap dan terkontrol untuk menunjukkan kepercayaan diri dan ketenangan.
  • Postur tubuh tegap dan kontak mata konsisten meningkatkan kesan profesional dan percaya diri.
  • Gestur tangan yang bijak dan senyuman tulus dapat membangun koneksi yang lebih baik di tempat kerja.

Bahasa tubuh atau body language memainkan peran yang sangat penting dalam bagaimana seseorang dipersepsikan di tempat kerja. Bahasa tubuh yang baik tidak hanya akan membuat kamu terlihat lebih percaya diri, tetapi juga memengaruhi bagaimana orang lain merespons kamu. Berikut ini adalah lima trik body language untuk terlihat lebih percaya diri di tempat kerja.

1. Langkah yang mantap dan tidak terburu-buru

Ketika berjalan di tempat kerja pastikan langkah kamu mantap, tidak terburu-buru, dan dengan kecepatan yang terkontrol. Hindari tampak gelisah atau bergerak terburu-buru yang dapat membuat kamu terlihat cemas atau tidak siap.

Langkah yang mantap memberikan kesan bahwa kamu itu tipe orang yang tahu tujuan, dan memiliki kontrol penuh atas situasi. Ini menunjukkan ketenangan dan keyakinan, yang akan dilihat sebagai kualitas positif dalam dunia kerja.

2. Postur tubuh yang tegap dan terbuka

Berdiri atau duduk dengan punggung yang lurus, bahu ditarik ke belakang, dan dagu sedikit terangkat. Postur tubuh tegap yang seperti ini memberikan kesan kepercayaan diri yang kuat, dan menunjukkan bahwa kamu siap menghadapi tantangan.

Postur tubuh yang baik tidak hanya memengaruhi persepsi orang lain, tetapi juga meningkatkan perasaan percaya diri pada diri kamu sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa postur tubuh yang tegap dapat meningkatkan hormon keberanian dan menurunkan hormon stres.

3. Kontak mata yang kuat dan konsisten

Jaga kontak mata yang stabil saat berbicara dengan rekan kerja atau atasan. Hindarilah menundukkan pandangan atau menghindari mata lawan bicara terlalu sering. Saat mendengarkan, berikan kontak mata untuk menunjukkan bahwa kamu memang benar-benar terlibat dalam percakapan tersebut.

Kontak mata yang konsisten menunjukkan bahwa kamu fokus, serius, dan yakin pada apa yang kamu sampaikan. Ini akan membangun kredibilitas dan menciptakan koneksi yang lebih baik dengan lawan bicara.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Atasi Burnout Kerja, Tetap Santai dan Produktif

4. Gestur tangan yang tenang dan terarah

Gunakan gestur tangan secara bijak untuk mempertegas point saat berbicara. Hindarilah gestur yang terlalu berlebihan atau gelisah, seperti memainkan pulpen atau sering menyentuh wajah. Sebaliknya, gestur tangan yang tenang dan terarah menambah penekanan dan membantu kamu terlihat lebih meyakinkan.

Gestur tangan yang tenang membantu menyampaikan pesan dengan lebih jelas dan menunjukkan kontrol diri yang baik. Ini akan membuat kamu tampak lebih profesional dan percaya diri dalam berkomunikasi.

Writer

Afifah

A conjunction

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya