Comscore Tracker

Nyangkut di Layangan, Bocah 3 Tahun Terombang Ambing di Udara

Peristiwa saat digelar festival layang-layang internasional

Jakarta, IDN Times -Bocah berusia 3 tahun di Taiwan tersangkut di ekor sebuah layang-layang dan ikut terbawa ke udara. Peristiwa itu terjadi saat digelar Festival layang-layang internasional di Taiwan pada Minggu, 30 Agustus 2020 lalu. Kejadian itu sempat disaksikan oleh pengunjung festival dan direkam sehingga videonya sempat viral. 

Laporan Stasiun berita Channel News Asia, Senin (31/8/2020) menjelaskan, bocah dengan nama marga Lin itu sempat terangkat ke udara selama 30 detik. Bocah itu terangkat saat angin bertiup kencang sehingga menerbangkan layang-layang. 

Sejumlah penonton festival layang-layang yang menyaksikan peristiwa itu langsung mencoba menolong bocah malang itu. Mereka mengulurkan tangan bersiap menangkap balita perempuan itu jika terjatuh. Lalu bagaimana nasib bocah tersebut? Simak laporan di bawah ini?

Baca Juga: Acara Menerbangkan Layang-Layang Bikin Macet JJLS Pantai Samas

1. Bocah tiga tahun itu langsung dibawa ke rumah sakit setelah diselamatkan

Nyangkut di Layangan, Bocah 3 Tahun Terombang Ambing di UdaraBocah tiga tahun tersangkut di layang-layang di Taiwan dan melayang ke udara (tangkapan layar YouTube)

Sayangnya, di antara warga yang berada di festival layang-layang itu sigap memberikan pertolongan, masih ada pengunjung yang justu sibuk mengabadikan kejadian itu dengan ponsel masing-masing. Berdasarkan tampilan video yang beredar, bocah itu sempat melayang di udara sekitar 30 detik di ketinggian ratusan meter. 

Banyak penonton yang histeris melihat kejadian tersebut karena khawatir bocah tersebut terjatuh. Saat melayang di udara, bocah tersebut juga kelihatan panik dan berteriak-teriak. 

Taiwan News melaporkan, akhirnya beberapa orang berhasil menangkap bocah itu setelah layangan ditarik ke darat. Untungnya, bocah tersebut hanya mengalami luka ringan yakni lecet di bagian wajah dan leher. Bocah tiga tahun itu langsung dilarikan ke rumah sakit didampingi ibunya. 

https://www.youtube.com/embed/pMPz92x75iw

Baca Juga: Taiwan dan Indonesia Buka Peluang Kerja Sama Ekonomi Perdagangan 

2. Otoritas setempat meminta maaf atas insiden tersebut

Nyangkut di Layangan, Bocah 3 Tahun Terombang Ambing di UdaraBocah tiga tahun tersangkut di layang-layang di Taiwan dan melayang ke udara (tangkapan layar YouTube)

Setelah kejadian itu, Wali Kota area Hsinchu, Lin Chih-chien, meminta maaf atas kejadian yang bisa merenggut nyawa bocah kecil itu. Festival layang-layang tingkat internasional itu langsung diakhiri setelah kejadian tersebut. 

"Tim dari pemkot telah menyampaikan permintaan maaf secara tulus kepada publik dan korban," kata Lin melalui akun Facebooknya. 

Wali Kota juga memerintahkan dilakukan investigasi untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali. Festival layang-layang internasional itu merupakan tahun keempat diadakan di Taiwan. Acara tersebut menjadi ajang berkumpul para pemain layang-layang profesional baik lokal maupun dari luar Taiwan. Di acara itu pula turut digelar pameran layang-layang. 

3. Ekor layang-layang seharusnya dikaitkan dengan bungkusan permen dan akan dibagikan saat mengudara

Nyangkut di Layangan, Bocah 3 Tahun Terombang Ambing di UdaraBocah tiga tahun tersangkut di layang-layang di Taiwan dan melayang ke udara (tangkapan layar YouTube)

Menurut Sekretaris Jenderal Forum Layang-Layang Asia yang berbasis di Taiwan, Chen Ko-fang, seharusnya bagian ekor layang-layang dikaitkan dengan bungkusan permen. Chen menambahkan permen-permen itu nantinya jatuh ketika layang-layang telah mengudara. 

Seharusnya anak-anak, kata Chen, tidak dibiarkan terlalu dekat ketika layang-layang belum mengudara. Sementara, panitia kegiatan tersebut tidak menyangka Minggu kemarin angin akan bertiup kencang. 

Baca Juga: Taiwan Klaim Sebagai Rajanya Sepeda di Dunia, Ternyata Ini Sebabnya

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya