Comscore Tracker

Dukung Pemerintah, Penyanyi Jogja Ini Ciptakan Lagu Tentang Klitih

Lagu agar pelaku tersadar akan bahaya klitih

Maraknya aksi klitih di Yogyakarta membuat masyarakat cemas jika bepergian di malam hari. Pemerintah DI Yogyakarta dan masyarakat saling bahu membahu untuk memberantas klitih agar suasana Jogja kembali nyaman untuk ditinggali.

Bentuk dukungan terhadap usaha Pemerintah DIY untuk memberantas klitih juga datang dari seorang penyanyi Jogja bernama Candra Adinugroho. Dari bidang musik, pria ini menciptakan lagu tentang klitih.

1. Berawal dari kekhawatiran saat pulang malam

Dukung Pemerintah, Penyanyi Jogja Ini Ciptakan Lagu Tentang KlitihDok. Candra Adinugroho

Candra yang tergabung dalam komunitas penyanyi cafe Jogja mulai merasakan resah akibat aksi klitih. Dia bersama teman-temannya yang mengharuskan beraktivitas di malam hari untuk bernyanyi di cafe menjadi was-was karena adanya klitih yang juga beraksi di malam hari.

Dari kekhawatiran itu, Candra yang aktif sebagai salah satu musisi Jogja berinisiatif untuk menciptakan lagu sebagai bentuk curahan hatinya terhadap aksi klitih yang meresahkan, lalu dia mengunggahnya melalui akun Instagramnya agar bisa didengar oleh masyarakat banyak.

Baca Juga: Klitih, Kegiatan Positif yang Kini Bergeser Jadi Aksi Brutal

2. Mendukung program 'Keluarga Tangguh' dari Pemerintah DIY untuk cegah klitih

Dukung Pemerintah, Penyanyi Jogja Ini Ciptakan Lagu Tentang KlitihDok. Candra Adinugroho

Candra sangat mendukung program Pemerintah DIY untuk mengatasi klitih melalui program Keluarga Tangguh. Bagi Candra, para pelaku klitih sebenarnya membutuhkan perhatian khusus dari keluarganya berupa kasih sayang yang cukup agar tidak ikut-ikutan aksi klitih.

"Harapan tentunya agar pelaku-pelaku klitih lebih disayang keluarganya. Maksud saya mereka perlu perhatian khusus seperti kasih sayang di keluarga yang cukup secara imateriil. Sebab banyak dari pelaku klitih masih berstatus pelajar," ungkap Candra saat IDN Times hubungi melalui pesan WhatsApp.

Candra saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) angkatan 2014. Candra juga aktif sebagai musisi dan penulis lagu sejak 2018, dengan salah satu karya yang sudah dirilisnya berupa lagu berjudul Punya Cerita.

3. Lagu Leren Klithih karya Candra

Klithih, durung mandeg lehmu gawe sedih

Gawe ati dadi wedi mulih

Mergo polahmu sing seneng klithih, oh klithih

Klithih tulung bayangke piye rasane

Yen wongtuamu mengko nganti ngerti

Koe kecekel polisi

Leren lereno, tumindakmu sio-sio

Timbangane gawe loro 

Mending koe golek konco

Leren lereno, tumindakmu sio-sio

Timbangane gawe loro 

Mending koe golekake konco

Sing apik, sing becik 

Sing ora ngajari nglarani

Ben ora nyusahake wong liyo

Candra pun berharap bahwa lagu Leren Klithih ciptaannya ini bisa menjadi soundtrack untuk sosialisasi dan kampanye dari program Keluarga Tangguh dari Pemerintah DIY. Candra juga berharap masyarakat bisa membantu menyebarluaskan lagu ini agar bisa menyadarkan masyarakat terutama pelajar untuk tidak terjerumus aksi klitih.

Baca Juga: Polda DIY Tangani 40 Kasus Klitih Setahun Terakhir

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya