Comscore Tracker

Beredar Versi Frozen Food, Pihak Mie Ayam Bu Tumini Buka Suara

Ternyata bukan produk resmi Mie Ayam Bu Tumini

Yogyakarta, IDN Times - Baru-baru ini, warga Yogyakarta digemparkan dengan munculnya Mie Ayam Tumini versi frozen food. Mi ayam legendaris yang punya banyak penggemar ini disajikan dengan plastik vakum ala frozen food dengan label Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu.

Sempat membuat heboh, ternyata makanan ini menuai kontroversi terkait perizinannya.

1. Dijual oleh penyedia makanan online di Yogyakarta

Foto tentang Mie Ayam Bu Tumini frozen food ini beredar di dunia maya. Beberapa warganet sempat heboh karena bisa merasakan kembali mi ayam dengan bumbu kental yang khas ini meski sedang #DiRumahAja.

Diketahui ternyata mi ayam versi frozen food ini dibuat oleh salah satu penyedia makanan online di Yogyakarta bernama Tukoni Id, dengan akun Instagram @yuktukoni.

Meskipun saat ini unggahannya sudah dihapus, namun warganet sempat membagikan foto produk Mie Ayam Bu Tumini kemasan frozen food ini ke dunia maya.

2. Pihak Mie Ayam Bu Tumini menyangkal menjual produk tersebut

Terlihat bahwa produk ini terdiri dari dua porsi mi ayam, lengkap dengan bumbu kental khas Mie Ayam Bu Tumini, sayuran, saus, dan sambal. Produk ini pun dijual dengan harga Rp30 ribu/bungkus (isi 2 porsi).

Akun Twitter @InfoMieAyamYK pun mengonfirmasi tentang produk ini kepada Eko Supriyanto, salah satu anak Tumini. Eko pun menjelaskan bahwa produk tersebut tidak resmi dikeluarkan oleh Mie Ayam Bu Tumini.

"Kita gak jual mentah dengan label kayak gitu," tulis Eko dalam potongan chat yang diunggah oleh akun Twitter @InfoMieAyamYK.

Dalam percakapan di unggahan itu pun diduga produk frozen food ini mi ayamnya memang dibeli di Mie Ayam Bu Tumini, namun dikemas sendiri dan dijual dengan tambahan label mengatasnamakan warung mi ayam tersebut.

Baca Juga: Bajaj Bajuri Ramalkan Virus Corona Sejak 17 Tahun Lalu? Ini Faktanya!

3. Pihak Tukoni Id melakukan klarifikasi tentang mi ayam frozen food ini

Setelah viral, akhirnya akun Instagram @yuktukoni selaku pihak yang menjual Mie Ayam Bu Tumini frozen food melakukan klarifikasi bahwa mereka hanya berkreasi untuk menyajikan Mie Ayam Bu Tumini dengan kemasan frozen food agar bisa dinikmati masyarakat selama pandemik corona. Namun produknya terlanjur viral dan kemudian pihak Tukoni Id meminta maaf karena telah mengombinasikan metode jasa titip dengan mengemas ulang dan melabelinya.

Permintaan maaf ini pun diunggah melalui Instagram Story @yuktukoni dan sempat dibagikan oleh akun Twitter @Ternoda_.

"Mohon maaf bagi seluruh penggemar mie, terutama keluarga Bu Tumini atas kejadian ini," tulis akun @yuktukoni pada unggahan Instagram Story-nya.

Pihak Tukoni Id pun mengaku sudah menurunkan unggahannya yang menjual Mie Ayam Bu Tumini frozen food tersebut pada Jumat (15/5).

4. Pihak Mie Ayam Bu Tumini juga melakukan klarifikasi tentang produk viral ini

Beredar Versi Frozen Food, Pihak Mie Ayam Bu Tumini Buka SuaraFacebook.com/InfoMieAyamJogja

Pihak Mie Ayam Bu Tumini pun melakukan klarifikasi menggunakan akun Facebook Tumini Junior di grup Facebook INFO MIE AYAM JOGJA. Di grup tersebut pihak Mie Ayam Bu Tumini mengatakan bahwa pihaknya belum pernah membuat mi ayam mentah seperti yang viral beredar di sosial media, dan mengatakan bahwa pihak yang menjual awalnya membeli mi ayam di sana namun pihak Mie Ayam Tumini tidak tahu jika akan dijual kembali.

Pihak Mie Ayam Bu Tumini pun menyampaikan akar permasalahan sebenarnya adalah penggunaan label tanpa persetujuan pihaknya.

"Kami tidak mempersalah kan untk di jual lagi sah2 saja, yg jd permasalahan kami pihak mereka memberi label yg niat banget di mie ayam itu tanpa persetujuan kami, kami merasa itu salah melanggar kode etik.," tulis akun tersebut di grup Facebook.

Pihak Mie Ayam Bu Tumini juga menyayangkan kreasi membuat mi ayam kemasan frozen food ini karena dikhawatirkan memengaruhi rasanya jika disimpan terlalu lama sehingga bisa merugikan Mie Ayam Bu Tumini sendiri, padahal mereka sudah berusaha memertahankan rasa resep turun-temurun itu.

"Mie ini perjuangan orang tua kami.. Kami berusaha tetap menjaga. Jangan cuma karna rupiah berlaku se enak nya. Hargai perjuangan orang tua kami untk menjadikan mie ayam Bu Tumini ini," tulis pihak Mie Ayam Bu Tumini.

Semoga dengan klarifikasi kedua belah pihak masalah ini sudah diselesaikan baik-baik dan warga Yogyakarta tidak salah menyangka tentang viralnya produk Mie Ayam Bu Tumini kemasan frozen food ini.

Baca Juga: Kisah Bocah Penjual Kerupuk di Yogyakarta Wujudkan Impian ke The Voice

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya