Comscore Tracker

Semangat Kakek 93 Tahun Penjual Soto di Yogyakarta Bikin Kagum Netizen

Soto lenthoknya laris diserbu pembeli #IDNTimesHype

Seorang kakek berusia 93 tahun yang berjualan soto di sekitar Malioboro, Kota Yogyakarta, sukses bikin kagum netizen. Meski usianya hampir seabad, pria yang akrab disapa Mbah ini masih semangat berjualan. Ia bahkan mendorong sendiri gerobak sotonya dari rumah ke tempatnya berjualan.

Netizen yang pernah mencicipi soto lenthok yang dijual Si Mbah pun mengungkapkan bahwa sotonya enak dan murah. Ini dia kisah lengkapnya!

1. Kakek ini berjualan soto berbekal gerobak dan kursi kayu panjang untuk duduk pelanggan

Semangat Kakek 93 Tahun Penjual Soto di Yogyakarta Bikin Kagum NetizenTwitter.com/tommyard_

Kisah Si Mbah viral setelah diunggah oleh pemilik akun Twitter @teziaazhr beberapa waktu lalu. Lewat cuitan itu, ia menceritakan pertemuannya dengan seorang pedagang soto yang sudah tua.

Cewek yang menuliskan namanya sebagai Tejia di akun sosial media ini telah berusia 93 tahun. Ia selalu berjualan soto berbekal gerobak dan satu kursi panjang untuk tempat duduk para pelanggan.

2. Berjualan tidak jauh dari kawasan Malioboro, kakek ini selalu mendorong gerobaknya dari rumah

Semangat Kakek 93 Tahun Penjual Soto di Yogyakarta Bikin Kagum NetizenTwitter.com/teziaazhr

Kakek yang tidak disebutkan namanya ini tidak memiliki warung atau ruko untuk berjualan. Ia mendorong gerobaknya setiap akan pergi berjualan dan pulang.

Namun, ia tidak juga berjualan secara berkeliling. Diketahui kalau ia selalu mangkal di kawasan Jl. Mayor Suryotomo, Gondomanan, Yogyakarta. Kakek ini tiap pagi mendorong gerobak dari rumahnya menuju sudut pertigaan dekat dengan toko-toko perabotan yang tak jauh dari Malioboro.

Baca Juga: Bantu Ban Bocor hingga Motor Mogok, Aksi Sosial ACJJ di Malam Hari

3. Murah tapi enak, satu porsi soto lenthok dihargai hanya Rp7 ribu!

Semangat Kakek 93 Tahun Penjual Soto di Yogyakarta Bikin Kagum NetizenTwitter.com/teziaazhr

Pada cuitan yang diunggah akun @teziaazhr menyebutkan kalau kakek ini sudah berjualan sejak pagi. Kemudian banyak netizen yang menyampaikan kalau biasanya sekitar jam 15.00 WIB si kakek sudah beres-beres dan pulang. Bisa karena dagangannya telah habis, atau juga menghindari pulang malam hari.

Disebutkan juga kalau kakek ini mematok semangkuk soto lenthok dengan harga yang super murah, yakni hanya Rp7 ribu sudah dapat komplet. Ditambah lagi di sebelah gerobak soto kakek ini ada angkringan, jadi pelanggan bisa sambil beli minuman panas atau dingin ke angkringan tersebut.

4. Usai viral di sosial media, banyak netizen yang penasaran

Semangat Kakek 93 Tahun Penjual Soto di Yogyakarta Bikin Kagum NetizenTwitter.com/teziaazhr

Usai viral di Twitter beberapa waktu lalu, kisah kakek penjual soto ini cukup menarik perhatian netizen. Beberapa dari mereka langsung meluncur mencicipi soto kakek tersebut.

Selain mudah ditemui karena berada di pusat kota dan dekat dengan keramaian, netizen mengatakan kalau soto ini rasanya enak dan tentu saja murah.

5. Bukan karena kesulitan finansial, kakek ini berjualan karena memang seorang pekerja keras

Semangat Kakek 93 Tahun Penjual Soto di Yogyakarta Bikin Kagum NetizenTwitter.com/tommyard_

Netizen juga menggalang donasi untuk diberikan kepada kakek tersebut. Rencananya donasi yang terkumpul seluruhnya akan diberikan kepada kakek penjual soto tersebut pada Sabtu (21/11/2020).

Diketahui juga kalau kakek ini berjualan bukan karena kesulitan finansial. Melainkan ia memang seorang pekerja keras yang tidak betah jika hanya berdiam diri di rumah saja.

Semangat kakek usia 93 ini untuk tetap semangat mencari nafkah secara mandiri bikin salut, ya! Harus ditiru oleh yang muda, nih!

Baca Juga: Kisah Haru Kris, Tak Lagi Menggelandang Karena Uluran Tangan Warganet

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya