Comscore Tracker

7 Lagu Malaysia 90-an Ini Dulu Sempat Ngetop di Indonesia

Rupanya gerimis mengundaaaang~

Sewaktu televisi masih rajin menayangkan video klip musik di sela-sela acara, musik melayu dari band asal Malaysia kerap menghiasi layar kaca. Lagunya pun sempat populer di telinga generasi muda Indonesia tahun 90-an.

Lirik melankolis dan musik yang mendayu-dayu menjadi ciri khas musik asal Negeri Jiran ini. Berikut beberapa lagu Malaysia yang sempat ngetop di tahun 90-an.

1. Suci dalam debu - Iklim

https://www.youtube.com/embed/fns4cDBAAeU

Jika Indonesia punya Nike Ardila sebagai penyanyi hits beraliran Rock era 90an, maka Malaysia punya band Rock bernama Iklim yang digawangi oleh Saleem sebagai vokalis. Gak hanya populer di negeri Jiran, lagu-lagu Iklim pun populer hingga tanah air.

Salah satu yang paling populer hingga saat ini adalah lagu berjudul Suci dalam debu. Meski band rock, lagu ini dibawakan dengan alunan yang sendu dan syahdu. Buat kamu yang sedang jatuh cinta, dijamin deh lagu ini bikin galau.

Suatu hari nanti
Pastikan bercahaya
Pintu akan terbuka
Kita langkah bersama

2. Gerimis Mengundang - Slam

https://www.youtube.com/embed/qqmqYgHxgR4

Band Malaysia lainnya yang tak kalah populer di Indonesia adalah Slam yang dibentuk oleh mantan gitaris Exist Shah Nizam bin Abdul Halim. Dari sekian lagu-lagunya yang enak didengar, Gerimis Mengundang menjadi yang paling hits di telinga generasi 90an.

Bahkan lagu ini pun sering di-cover oleh penyanyi lainnya dan masih setia didengar hingga saat ini. "Ku sangka kau, panas berpanjangan, rupanya gerimis, rupanya gerimis mengundang," masih ingat kan dengan lirik ini?

3. Isabella - Amy Search

https://www.youtube.com/embed/xK7A-BNGNzs

Jika disebutkan lagu dengan judul Isabella, kalian pasti sudah gak asing lagi dengan liriknya. Bahkan generasi 2000-an pasti sering mendengar lagu ini karena dinyanyikan ulang oleh Charlie Van Houten dengan bandnya saat itu ST12.

Namun tahukah kamu siapa penyanyi aslinya? Lagu ini dinyanyikan oleh band bernama Search dengan vokalis bersuara khas, Amy.

Baca Juga: Demam Meteor Garden, 8 Hal Ini Dulu Sempat Jadi Tren di Awal 2000-an

4. Rindu Serindu-rindunya - Spoon

https://www.youtube.com/embed/TXWXAi2RPTs

Mengapa terjadi perpisahan ini
Di kala asmara melebar sayapnya
Mengapa kau pergi di saat begini
Di kala hatiku terlukis namamu

Band Malaysia Spoon mungkiin tak terlalu populer di telinga pendengar musik Indonesia. Namun salah satu lagunya berjudul Rindu serindu-rindunya pastilah tak asing di dengar pecinta musik.

Lagu ini menceritakan seseorang yang patah hati ditinggal kekasihnya saat sedang sayang-sayangnya. Lagu ini juga pernah dinyanyikan ulang oleh Firman Idol, lho. Lagu ini populer sekitar tahun 1998, namun nasib tragis menimpa vokalisnya, Along. Pada tahun 1999 dia ditemukan telah meninggal dunia karena tindak pembunuhan.

5. Adakah Kau Setia - Stings

https://www.youtube.com/embed/2MGhyNeMm-A

Band Malaysia lainnya yang sangat populer di era 90an adalah Sting yang digawangi oleh Poey (vokalis), Din (gitaris), Anuar (gitaris), John (bassist) dan Zali (drummer). Lagu dengan judul Adakah kau setia menjadi yang paling sukses.

Lagu ini mengisahkan tentang tentang seorang cowok yang telah jatuh cinta kepada cewek idamannya, namun di sisi lain mempertanyakan kesetiaan pasangannya yang sedang LDR, lho. Awas kamu baper!

Sejak aku jatuh cinta padamu
Perasaan aku sering terganggu
Adakala aku rasa curiga
Adakala semacam tak percaya
Adakah kau setia kepadaku

6. Di Sana Menanti Di Sini Menunggu - U.K's

https://www.youtube.com/embed/NFpGzlHh7nY

Jika kamu anak 90an yang pernah mengalami dilema cinta segitiga ,pasti kenal banget dengan lagu Malaysia berjudul Di sini menanti di sana menunggu yang dinyanyikan oleh Ukays ini. Suaranya  yang khas dan lirik lagunya yang dalam dijamin membuat kamu makin terbuai, deh.

Sungguh
Ku merasa resah
Untuk menilai sesuatu yang indah
Namunku ada pepatah
Yang aku gubah

7. Rindiani - Slams

https://www.youtube.com/embed/gRAF0yP_6So

Lagu-lagu Slam yang menghiasi generasi 90an tak hanya Gerimis Mengundang. Lagu lainnya yang gak kalah populer di telinga kita adalah lagu berjudul Rindiani. Lagu ini menceritakan seorang cowok yang sangat mencintai cewek bernama Rindiani dan mengharapkan agar sang cewek tidak meninggalkannya atas kesalahannya.

Rindiani
Kekasih ku sayang
Jangan pergi dari sisi ku
Rindiani bunga hati sayang
Maaf kanlah kira ku bersalah

Lagu-lagu Malaysia memang dulu kerap diputar di televisi Indonesia pada tahun 90an. Buat kamu yang menghabiskan masa kecil di masa itu, masih ingat, gak nih?

Baca Juga: Bikin Rindu, 5 Kenangan yang Cuma Dipahami Anak Warnet Zaman Dulu

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ganjar Firmansyah di IDN Times Community dengan judul 7 Lagu Malaysia 90an Paling Hits di Indonesia, Ada Favoritmu?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya