Comscore Tracker

Ini 7 Makna dari Tingkah Kucing Peliharaanmu, yuk Kenali!

Biar kamu gak salah paham sama kucingmu, nih

Tingkah laku kucing memang menggemaskan. Itu sebabnya, banyak yang senang dengan makhluk bernama ilmiah Felis catus ini. Di Indonesia sendiri, banyak yang memilih hewan ini menjadi binatang peliharaan di rumah.

Namun, tahukah kamu apa makna di balik tingkah kucing peliharaanmu? Yuk, simak makna bahasa tubuh mereka berikut ini agar kamu bisa makin memahami mereka!

1. Mengeong

Ini 7 Makna dari Tingkah Kucing Peliharaanmu, yuk Kenali!aspca.org

Kalau kucing mengeong halus, artinya dia sedang menyapa. Jangan lupa berikan elusan manja, ya buat si manis. Kalau kucing mengeong keras dan nyaring, biasanya menandakan si manis lagi lapar. Segera siapkan makanan, jangan sampai kucing kalian kelaparan, ya hooman!

2. Telinga mengarah ke belakang

Ini 7 Makna dari Tingkah Kucing Peliharaanmu, yuk Kenali!petbucket.com

Kalau kucing mengarahkan telinganya ke belakang, berarti mereka dalam keadaan waspada dan sedang tidak ingin diganggu. Jangan sekali-sekali berusaha untuk mendekati atau mengelus si manis, ya hooman, karena bisa saja mereka akan menyerang atau mencakar kalian.

3. Menggoyangkan ekor

Ini 7 Makna dari Tingkah Kucing Peliharaanmu, yuk Kenali!ukpets.com

Ekor kucing yang digoyang-goyang menandakan mereka sedang tidak nyaman ataupun frustasi. Kalau si manis juga menunjukkan ekspresi yang kurang menyenangkan, urungkan dulu niat kalian untuk mengelusnya.

Baca Juga: Bukan Anjing, 7 Hewan Ini adalah Musuh Alami Kucing

4. Tidur terlentang

Ini 7 Makna dari Tingkah Kucing Peliharaanmu, yuk Kenali!petpav.com

Saat si manis tidur terlentang seperti ini, berarti ia sedang merasa bahagia dan nyaman berada di dekatmu, hooman. 

5. Mengangkat badan

Ini 7 Makna dari Tingkah Kucing Peliharaanmu, yuk Kenali!unsplash.com

Saat kucing sedang ketakutan, mereka akan mengangkat tubuhnya sedikit dan bulu mereka akan mengembang sehingga mereka terlihat lebih besar. Usahakan jangan mendekati si Manis dulu, karena bisa jadi  membuat pergerakan yang salah sehingga membuat mereka makin takut.

6. Menggosokan badan ke manusia

Ini 7 Makna dari Tingkah Kucing Peliharaanmu, yuk Kenali!cravingcatnip.com

Si Manis pernah, dong mendekati kamu lalu menggosok-gosokkan badannya ke kaki kamu. Artinya si Manis sedang menginginkan perhatian dari kamu, hooman. Cobalah untuk sekadar mengelus-elus atau mengajak mereka main. Eits, kadang kucing juga melakukan ini saat lapar, lho!  

7. Mencakar benda

Ini 7 Makna dari Tingkah Kucing Peliharaanmu, yuk Kenali!tuxedo-cat.co.uk

Tidak jarang kucing mencakar-cakar benda seperti kayu, ataupun perabot rumah. Selain untuk melatih ketajaman cakar si Manis, hal ini juga mereka lakukan untuk menandai wilayah. Kalian bisa coba mencari scratching toy untuk si Manis agar mereka berhenti merusak perabot rumah.

Coba perhatikan, kucingmu di rumah pasti sering menunjukkan perilaku seperti di atas. Nah, kini kamu gak bakal salah lagi mengartikan tingkah mereka, deh!

Baca Juga: 10 Meme Kucing Lagi Apes, Kasihan Tapi Bikin Terpingkal

Artikel ini pertama kali ditulis oleh restry hastari di IDN Times Community dengan judul 7 Perilaku Kucing Ini Punya Makna-makna Tertentu, Apa Saja?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya