Comscore Tracker

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi 

Kebetulan yang luar biasa ya 

Hal-hal yang kebetulan yang menakjubkan sering kali terjadi di dalam kehidupan. Entah itu baik karena kesamaan nasib, nama, atau keajaiban tentang kejadian yang sebelumnya telah diprediksi. Kamu percaya gak sih dengan semua itu?

Beberapa kejadian memang benar-benar terjadi. Walaupun sulit dapat dipercaya, dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa bukti dari kebetulan yang "terlalu susah dipercaya" yang pernah terjadi sepanjang sejarah!

1. Kembaran ini terpisah dari lahir namun menjalani kehidupan yang nyaris serupa

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi mens-den.com

Sepasang saudara kembar di Ohio terpisah dari lahir tanpa mereka tahu bahwa mereka memiliki kembaran. Mereka menjalani hidup dengan sejumlah kesamaan. Mereka sama-sama diberi nama James pada saat diadopsi, mereka sama-sama tumbuh dewasa menjadi seorang polisi dan keduanya menikahi wanita yang sama-sama bernama Linda

Gak hanya itu saja, mereka berdua sama-sama memiliki anak laki-laki yang diberi nama JamesAllan yang keduanya memiliki anjing yang diberi nama Toy. Kedua saudara kembar ini akhirnya bercerai dan sama-sama menikah ulang dengan seorang wanita yang sama-sama bernama Betty!

2. Apakah Edgar Allan Poe memiliki mesin waktu?

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi boredpanda.com

Ketika diberi pertanyaan itu, beberapa orang akan berpikir ya. Edgar Allan Poe dinilai memiliki mesin waktu sejak ia mendeskripsikan suatu kejadian yang berlangsung seabad sebelum terjadi.

Dalam bukunya yang berjudul The Narrative of Arthur Gordon Pym of Nantucket, penulisnya mendeskripsikan bagaimana empat pelaut berhasil selamat dari kapal tenggelam karena terpaksa memakan seorang pesuruh di kapal bernama Richard Parker. Walaupun Poe mengatakan bahwa cerita tersebut berdasarkan kisah nyata, gak ada yang percaya.

Pada 46 tahun kemudian, sebuah kapal memang tenggelam dan beberapa kru kapal berhasil bertahan hidup karena terpaksa memakan seorang anak pesuruh kapal. Kamu pasti bisa menebak namanya. Ya, Richard Parker.

3. Mark Twain memprediksi kematiannya sendiri

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi theepochtimes.com

Apakah penulis terkenal Mark Twain memprediksi kematiannya sendiri? Jika gak, berarti ini kebetulan yang sangat besar.

Penulis ini lahir pada tahun 1835, ketika Komet Halley melewati bumi. Komet tersebut hanya lewat dalam 76 tahun sekali, namun Twain mengatakan bahwa ia akan meninggal di "kunjungan" Komet Halley selanjutnya.

Pada tahun 1909 Mark Twain mengatakan bahwa ia datang bersama dengan Komet Halley jadi ia akan pergi bersama komet yang sama juga. Di tahun selanjutnya, 1910, Ia meninggal di hari lewatnya Komet Halley tersebut.

4. Wanita yang tak dapat tenggelam (Miss Unsinkable).

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi mens-den.com

Tergantung dari mana kamu melihatnya, Violet Jessup entah digolongkan sangat beruntung atau punya nasib yang sangat sial. Pelayan sekaligus suster ini berada di kapal HMS Olympic ketika menabrak HMS Hawke, ia juga berada di atas HMHS Britannic ketika tenggelam setelah menabrak tambang di tengah laut.

Gak hanya itu ia pun berada di atas RMS Titanic ketika kapal terkenal itu tenggelam akibat menabrak gunung es di Atlantik Utara. Gak heran ia dijuluki sebagai wanita yang tak dapat tenggelam.

5. Kasus Anthony Hopkins dan sebuah buku yang bisa dibilang langka

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi boredpanda.com

Ketika Anthony Hopkins menyiapkan perannya untuk The Girl from Petrovka, ia ingin menemukan versi bukunya yang ditulis oleh George Feifer. Ia bermaksud untuk mempelajarinya bahkan sebelum pengambilan adegannya dimulai.

Namun di manapun ia mencari, ia kehabisan stoknya, sampai suatu hari ia duduk di kereta bawah tanah dan ia menemukan satu salinan buku yang ia cari di gerbong yang ia tempati. Bukan itu saja, ketika ia bertemu dengan penulisnya, Feifer memberitahunya bahwa ia juga gak memiliki salinan bukunya.

Kenapa? Karena salinan terakhir dari buku itu ia pinjamkan kepada temannya, yang secara gak sengaja menghilangkannya di dalam kereta bawah tanah.

Baca Juga: 13 Hal Paling Menakutkan yang Pernah Tertangkap Kamera Pengintai

6. Ini kebetulan, atau reinkarnasi?

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi theepochtimes.com

Pendiri dari perusahaan Ferrari, Enzo Ferarri meninggal pada tanggal 14 Agustus 1988. Hanya sebulan kemudian, pada tanggal 15 Oktober 1988, seorang pemain sepakbola yang bernama Mesut Özil lahir. Lihatlah foto mereka secara berjajar.

Kebetulan yang besar? Atau bukti nyata reinkarnasi? Tergantung bagaimana kamu melihat dan memahaminya!

7. The Simpsons memprediksi Donald Trump jadi presiden dari tayangannya di tahun 2000

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi mens-den.com

The Simpsons telah diketahui memiliki banyak prediksi yang akurat dalam banyak hal, tapi salah satu yang paling menakjubkan dari semuanya serta yang dianggap paling relevan untuk kejadian baru-baru ini adalah memprediksi bahwa Donald Trump akan menjadi presiden. Gak ada yang berpikir sama sekali bahwa seorang Donald Trump akan menjadi presiden bahkan mencalonkan diri, namun The Simpsons telah melihatnya sejak tahun 2000.

8. Pesepeda dari Belanda ini selamat dari dua kecelakaan pesawat terbang

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi boredpanda.com

Percaya atau gak, pesepeda Belanda Maarten de Jonge telah "selamat" gak hanya satu tapi dua kecelakaan besar pesawat di hidupnya. Ia melewatkan terbang dengan pesawat maskapai Malaysia Airlines penerbangan MH-370 dan memutuskan untuk mengambil penerbangan lebih awal sejam.

Selain itu, ia juga seharusnya berada di pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH-17, yang ditembak jatuh di Ukraina pada tahun 2014. Ia melewatinya karena memutuskan memilih jalur penerbangan lain yang lebih murah.

9. Seorang pria yang telah memprediksi tenggelamnya Titanic

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi theepochtimes.com

Selama 14 tahun sebelum tenggelamnya Titanic, di tahun 1898, Morgan Robertson, seorang penulis cerita fantasi dari Amerika Serikat menulis novel berjudul Futility tentang tenggelamnya sebuah kapal. Kapal di buku tersebut diberi nama Titan, tapi bukan di situ akhir dari kebetulannya.

Titan di buku tersebut diagung-agungkan sebagai kapal yang gak bisa tenggelam sama seperti Titanic. Tapi pada akhirnya keduanya mengalami hal serupa, baik di buku maupun di kenyataan: kekurangan sekoci dan keduanya tenggelam akibat bertabrakan dengan gunung es di Atlantik Utara.

10. Kebetulan aneh antara Lincoln dan Kennedy

10 Sejarah yang Susah Dipercaya, padahal Benar-benar Terjadi mens-den.com

Dua mantan presiden Amerika Serikat, bernama Abraham Lincoln dan John F. Kennedy, saling berbagi banyak kebetulan yang ajaibnya serupa. Keduanya terbunuh karena tembakan peluru yang tembus hingga ke belakang kepala; keduanya tewas pada hari Jumat; keduanya tewas sebelum hari besar (Kennedy dibunuh sehari sebelum Thanksgiving, Lincoln dibunuh sebelum paskah); dan ketika itu terjadi keduanya ditemani oleh istri serta sepasang suami istri yang lain.

Namun ada tambahan lagi! Keduanya memiliki teman bernama Billy Graham, sama-sama memiliki empat anak, keduanya memiliki sekretaris yang namanya adalah satu sama lain (sekretaris Kennedy bernama nyonya Lincoln dan sekretaris Lincon bernama John), dan keduanya memiliki wakil presiden bernama Johnson!

Ternyata kejadian yang serba kebetulan benar-benar  terjadi ya. Kalau kamu sendiri, apakah pernah mengalaminya? Yuk, berbagi ceritamu!

Baca Juga: 7 Hoaks Sains Terkenal Sepanjang Sejarah Ilmiah Modern, Mengesalkan!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya