Comscore Tracker

Tragis, 7 Idola KPop yang Meninggal Dunia di Usia Muda

Apa yang salah dengan industri hiburan Korea?

Menjadi idola KPop yang sukses di usia muda dan dikagumi jutaan penggemar mungkin menjadi cita-cita banyak remaja. Namun, hal itu tak menjamin mereka bisa menjadi pribadi yang bahagia.

Di balik gemerlap sorot kamera, ada jadwal pekerjaan super padat. Ditambah lagi dengan tekanan dari sorotan publik terhadap penampilan sehari-hari. Hal ini menjadi beban tersendiri bagi para idola ini. Bahkan, beberapa kali rasa lelah dan stres karena pekerjaan malah berujung maut.

Seperti ketujuh idola KPop berikut ini buktinya. Ada yang berpulang di usia sangat belia disebabkan oleh bunuh diri akibat depresi, namun ada pula yang menjadi korban kecelakaan fatal diakibatkan kondisi lelah setelah mengikuti jadwal beruntun.

1. Kepergian Jonghyun SHINee masih terasa pedih bagi fans KPop hingga saat ini

Tragis, 7 Idola KPop yang Meninggal Dunia di Usia MudaDok. SM Entertainment

Pada 18 Desember 2017, Jonghyun SHINee ditemukan meregang nyawa di apartemennya setelah sang kakak menghubungi pihak berwajib karena mendapat pesan terakhir dari Jonghyun. Saat polisi datang, Jonghyun sudah tidak sadarkan diri setelah terlalu lama menghirup asap karbon monoksida yang berasal dari arang yang dibakar di dalam ruang tertutup.

Penyelidikan akhir menyimpulkan bahwa vokalis utama SHINee ini mengakhiri hidupnya lantaran sudah cukup lama berperang melawan depresi. Jonghyun sempat mengirimkan pesan terakhirnya kepada kakaknya dan seorang teman dekat. Saat meninggal, Jonghyun baru berusia 27 tahun.

2. Gagal debut bersama KARA dan kontraknya diputus sepihak oleh agensi membuat Ahn So Jin depresi dan nekat mengakhiri nyawanya

Tragis, 7 Idola KPop yang Meninggal Dunia di Usia Mudaasiachan.com

Setelah menjalani masa trainee bertahun-tahun, impian selanjutnya pastilah untuk bisa debut sebagai idola KPop. Namun impian ini tak kunjung mampu dicapai oleh Ahn So Jin hingga akhir hayatnya di usia 23 tahun.

Sojin sempat menjadi kandidat kuat bergabung di KARA pada tahun 2014 setelah girlband top tersebut ditinggal dua membernya. Namun dalam proses audisi, Sojin dinyatakan gagal dan dipindah ke rencana debut di grup baru dari DSP Media yang diberi nama April.

Namun malang nasib So Jin, ia justru dikeluarkan dari April dan kontraknya bersama DSP diputus secara sepihak. Kondisi ini membuat Sojin mengalami depresi hebat hingga nekat mengakhiri hidupnya dengan melompat dari lantai 10 apartemennya pada Februari 2015 silam.

3. Pulang dari jadwal yang padat, girlband Ladies Code mengalami kecelakaan fatal yang menyebabkan member EunB meninggal di lokasi

Tragis, 7 Idola KPop yang Meninggal Dunia di Usia Mudadazeddigital.com

Kecelaan nahas dialami Ladies Code pada 2 September 2014. Saat itu, kelima member bersama manajer dan sopir menaiki minibus setelah baru saja menyelesaikan jadwal rekaman pada pukul 1 dini hari. Kendaraan mereka dikabarkan melaju dalam kecepatan tinggi hingga akhirnya menabrak pagar pembatas jalan. Seluruh penumpang mengalami luka-luka, namun EunB dinyatakan meninggal dunia di tempat kejadian.

Baca Juga: Meninggal Dunia, 10 Potret Transformasi Sulli eks f(x) Sejak Kecil

4. Empat hari setelah kepergian EunB, member Rise turut berpulang

Tragis, 7 Idola KPop yang Meninggal Dunia di Usia Mudakoreaboo.com

Saat ditemukan oleh petugas, Kwon RiSe mengalami cedera yang sangat fatal dan segera dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi tidak sadarkan diri. Setelah empat hari dirawat, RiSe dinyatakan meninggal dunia di usianya yang baru menginjak 23 tahun.

5. Setelah Ast1 dibubarkan tahun 2009, pada 2011 member Sung In Kyu membawa kabar mengejutkan hingga meninggal dunia dua tahun kemudian

Tragis, 7 Idola KPop yang Meninggal Dunia di Usia Mudakenh14.vn

Debut tahun 2008, boyband Ast1 dibubarkan oleh DSP Media satu tahun kemudian dan hanya sempat merilis satu album. Ketujuh member Ast1 akhirnya fokus pada karier solo masing-masing. Namun pada Oktober 2011 member Sung In Kyu mengejutkan penggemar ketika ia mengaku telah mengidap kanker timus.

Dua tahun berlalu sejak pengakuannya, tepatnya pada Februari 2013 lalu, mantan rekan di Ast1, Park Jung Jin mengumumkan Sung In Kyu telah meninggal dunia setelah bertarung melawan penyakitnya. In Kyu berpulang di usianya yang baru menginjak 24 tahun.

6. Solois Tany baru berusia 22 tahun ketika kecelakaan fatal merenggut nyawanya

Tragis, 7 Idola KPop yang Meninggal Dunia di Usia Mudametro.co.uk

Penyanyi bernama asli Kim Jin Soo ini mulai dikenal publik saat ia menciptakan lagu Always Remember pada tahun 2016, yang didedikasikan khusus untuk para korban dari kecelakaan kapal Sewol yang merenggut 300 nyawa.

Namun tak ada yang menyangka, dua tahun kemudian, tepatnya 14 April 2018, Tany dinyatakan tewas dalam kecelakaan fatal saat ia mengendarai mobil bersama seorang rekan pada pukul 2:30 dini hari.

7. Diduga cukup lama depresi, Sulli ditemukan meninggal dunia di lantai dua di rumahnya

Tragis, 7 Idola KPop yang Meninggal Dunia di Usia Mudainstagram.com/jelly-jilli

Kabar duka terbaru datang dari Sulli mantan member f(x). Pada Senin (14/10), penyanyi bernama asli Choi Jin Ri ini ditemukan meninggal dunia oleh sang manajer di lantai 2 kediamannya di Seoul. Hasil penyelidikan awal menyimpulkan Sulli diduga mengakhiri nyawanya karena menderita depresi, namun pihak kepolisian masih akan terus menyelidiki untuk menemukan kemungkinan adanya faktor lain.

Kita semua berduka atas kematian mereka. Tentunya kita berharap hal serupa tidak terulang lagi. 

Baca Juga: Sulli eks f(x) Meninggal Dunia, 5 Kronologi Hingga Jenazah Ditemukan

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You