Comscore Tracker

Tidak Hanya Soal Perang, Film 1917 Ajarkan Cara Hargai Pertemanan

Salah satu kandidat film peraih Oscar 

Film "1917" berhasil masuk sebagai nominasi Oscar untuk beberapa kategori. Film berlatar belakang perang dunia 1 ini menceritakan tentang tugas rahasia yang harus diemban dua prajurit muda untuk menekan lebih banyak lagi prajurit meninggal di peperangan. 

Film besutan sutradara Sam Mendes ini tidak hanya berisi adegan tembak-tembakan, namun juga tentang cara menghargai seorang teman. Berikut ini IDN Times rangkum 5 pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari film berdurasi 1 jam 58 menit ini.

Baca Juga: 10 Film Hollywood ini Gagal Masuk Nominasi Oscar, Padahal Keren Lho

1. Kehadiranmu adalah suatu hal yang berharga untuk temanmu

Tidak Hanya Soal Perang, Film 1917 Ajarkan Cara Hargai Pertemananimdb.com

Di awal film, Schofield diminta untuk menunjuk satu orang teman yang akan menemaninya, pilihannya pun jatuh kepada Blake. Ketika momen itu dimulai, keduanya sudah mempertaruhkan nasib mereka di medan perang.

Silih berganti kesialan menghampiri keduanya, tapi mereka selalu membantu satu sama lain. Blake dan Schofield tanpa sadar saling menggantungkan diri akan kehadiran sahabatnya.

2. Etos kerja dan disiplin yang tinggi adalah dua modal penting dalam pekerjaan apa pun

Tidak Hanya Soal Perang, Film 1917 Ajarkan Cara Hargai Pertemananimdb.com

Aral melintang yang Blake temui sepanjang perjalanan gak menyurutkan api semangatnya untuk sampai pada tujuan. Ucapan orang lain yang menganggap tugasnya mustahil pun gak memengaruhi tekadnya.

Keteguhan Blake memang patut dipuji, tapi kita juga bisa mengambil tindakannya itu sebagai pesan moral dari film ini.

3. Survival skill itu penting

Tidak Hanya Soal Perang, Film 1917 Ajarkan Cara Hargai Pertemananimdb.com/Francois Duhamel

Under some circumstances, terutama saat menghadapi alam liar, kita akan dihadapkan pada tantangan untuk mempertahankan hidup. Karena itu, survivall skill jadi penting banget buat dipelajari.

Melihat perjuangan Blake dan Schofield di dalam film bikin kita bergumam sendiri, duh gimana ya kalau situasi tersebut harus kita hadapi?

Baca Juga: 10 Pelajaran Hidup Tentang Cinta dari Serial "YOU" Netflix

4. Keluarga selalu bisa jadi api penyemangat

Tidak Hanya Soal Perang, Film 1917 Ajarkan Cara Hargai Pertemananimdb.com

Saat proses penyelesaian misi, perlahan-lahan fokus kita akan bergeser dari kemenangan perang menjadi mencari saudara yang hilang. Selain perjalanan mencari saudara Schofield, kita juga dihadapkan dengan situasi sentimental yang membuat kita langsung ingat keluarga di rumah.

5. Make peace, not war

Tidak Hanya Soal Perang, Film 1917 Ajarkan Cara Hargai Pertemananimdb.com

Dari film yang disutradarai oleh Sam Mendes ini kita bisa mengetahui bahwa perang itu gak peduli siapa yang menang tetap jadi memori buruk untuk semua orang. Tetap ada darah dan keringat yang tumpah gak peduli itu dari pihak yang kalah atau pun menang.

Pada beberapa scene kita bisa mengamati bagaimana perjuangan mereka untuk bertahan hidup, berjuang untuk kemanusiaan, dan rasa takut mereka tentang kemungkinan yang terjadi di masa depan.

Jangan sampai ketinggalan, ada banyak cerita tentang perjuangan dan kemanusiaan yang harus kamu tonton. 

Baca Juga: 10 Pelajaran Hidup Tentang Cinta dari Serial "YOU" Netflix

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya