Comscore Tracker

5 Kontroversi Anji, dari Debat KPop Sampai Obat COVID-19

Kontroversi terakhir membuatnya dilaporkan ke polisi

Musisi Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab disapa Anji terkenal aktif bersuara terkait isu-isu hangat lewat media sosial. Namun, tak jarang komentar maupun sejumlah kontennya menuai kontroversi.

Yang paling baru, adalah kontroversi mengenai video wawancaranya dengan pria bernama Hadi Pranoto yang diklaimnya sebagai penemu obat COVID-19. Netizen pun bereaksi karena sejumlah statement dalam video tersebut dinilai menyesatkan.

Berikut beberapa kontroversi yang pernah melingkupi Anji eks personel Drive ini.

1. Lagu Kekasih Terhebat miliknya Vs Someone Like You dari EXO-CBX

5 Kontroversi Anji, dari Debat KPop Sampai Obat COVID-19Instagram.com/duniamanji

Pada Maret 2018 lalu, Anji sempat berdebat dengan para KPopers soal lagu dari EXO-CBX berjudul Someone Like You yang memiliki kemiripan dengan lagunya lagunya yang berjudul Kekasih Terhebat

“Lagu EXO mirip ANJI. Fans K-pop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kencang mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. Sekarang saya bertanya, kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat?"

Dari cuitannya di poin pertama di atas, Anji mendapat banyak sekali kecaman dan komentar miring dari netizen. Banyak yang mempertanyakan maksud dan tujuan dari pernyataan Anji terhadap salah satu lagu boyband yang namanya sudah mendunia tersebut.

Debat dengan KPopers, Anji bahkan sampai diserang balik oleh netizen yang mengatakan pria 41 tahun tersebut menjiplak lagu milik penyanyi Jepang Mika Nasima yang berjudul Orion.

 

2. Pembelaan terhadap Kekeyi perihal lagu Aku Bukan Boneka

5 Kontroversi Anji, dari Debat KPop Sampai Obat COVID-19Instagram.com/duniamanji

Lagu Kekeyi berjudul Aku Bukan Boneka menjadi perbincangan karena diduga menjiplak lagu Bukan Boneka dari penyanyi Rinni Wulandari. Anji lagi-lagi menggemparkan media sosial lantaran dinilai membela Kekeyi.

Anji sempat mengundang Kekeyi dalam konten YouTube-nya untuk membicarakan perihal lagu tersebut dan dinilai membela penjiplakan. Namun, pria kelahiran 5 Oktober 1978 ini memberikan klarifikasinya bahwa dia tidak membela namun hanya menyampaikan sesuai dengan apa yang Kekeyi katakan padanya.

“Kekeyi bilang gak jiplak, masa saya harus bilang jiplak,” katanya.

 

Baca Juga: Pewarta Foto Indonesia (PFI) Tuntut Anji Minta Maaf  

3. Cuitan “JANGAN MEMAKAI MASKER saat olahraga”

Lewat akun Twitter miliknya, Anji mengunggah sebuah anjuran yang sebenarnya tidak salah, namun menimbulkan salah persepsi lantaran penulisan huruf kapital yang mencuri perhatian. Begini bunyinya:

"Apapun penyebabnya, tetap JANGAN MEMAKAI MASKER saat kamu olahraga. Cari artikel yang membahas bahaya memakai masker terlalu lama atau untuk olahraga.”

Dari segi arti, tidak ada yang salah dengan cuitan Anji tersebut. Namun penggunaan huruf kapital yang dirasa tidak pada tempatnya membuat cuitannya ini menimbulkan kontroversi.

Soal hal ini, Anji sendiri telah mengklarifikasi bahwa dirinya salah meletakkan huruf kapital yang seharusnya di kata ‘Saat kamu olahraga’ dan bukannya di kata ‘Jangan pakai masker’.

4. Komentar foto jenazah COVID-19 karya Joshua Irwandi

5 Kontroversi Anji, dari Debat KPop Sampai Obat COVID-19Instagram.com/duniamanji

Yang baru-baru ini terjadi, Anji kembali mengomentari foto korban COVID-19 karya Joshua Irwandi. Dalam komentarnya tersebut, Anji menyebutkan bahwa dirinya merasa janggal dan merasa bahwa foto itu hanya digunakan untuk menakut-nakuti saja. Cuitannya tersebut langsung mendapatkan sindiran, kecaman, bahkan komentar buruk dari netizen.

Anji dinilai kurang bijaksana dalam menyampaikan pendapatnya tersebut.
Pengaruh baik atau buruk media sosial memang tergantung pada penggunanya. Begitu juga dengan Anji yang memilih menggunakan media sosialnya sebagai sarana mengekspresikan pendapat dan mengkritisi isu yang sedang hangat.

Meski beberapa kali menimbulkan kontroversi dari cuitannya, perlu diingat juga untuk tidak memaksakan pendapatmu dengan pendapat orang lain, dan tidak perlu membuat keadaan makin panas dengan komentar-komentar yang tidak seharusnya, ya.

5. Wawancaranya soal Obat COVID-19 dengan Hadi Pranoto

5 Kontroversi Anji, dari Debat KPop Sampai Obat COVID-19Penyanyi Anji bersama dengan Hadi Pranoto berfoto bersama (Instagram.com/duniamanji)

Yang paling baru, adalah kontroversi wawancara Anji dengan seorang pria yang mengaku Profesor Pakar Mikrobiologi, Hadi Pranoto. Dalam video tersebut, Hadi mengklaim sudah menemukan obat herbal untuk COVID-19.

Video ini pun dikecam dan dilaporkan beramai-ramai oleh netizen karena dianggap telah menyebarkan kabar yang menyesatkan. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan warganet, Hadi Pranoto bukanlah profesor maupun ahli mikrobiologi.

Video kontroversial itu pun dihapus oleh YouTube.Tak sampai di situ, Anji dan Hadi Pranoto juga dilaporkan ke polisi karena melakukan kebohongan publik.

Itu dia sederet kontroversi yang ditimbulkan oleh Anji eks Drive. Mungkin sudah saatnya kembali menekuni bidang yang dikuasai, Bang Anji?

Baca Juga: Mafindo: Ratusan Hoaks dan Teori Konspirasi COVID-19 Bikin Sesat

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya