Comscore Tracker

6 Fakta Nomadland, Peraih Film Terbaik Academy Award 2021 

Chloe Zhao perempuan Asia pertama enerima Oscar #Oscars 

Film berjudul Nomadland mencuri perhatian saat acara Academy Award ke-93 tahun ini. Film besutan Chloe Zhao yang juga menjadi pemenang Sutradara Terbaik, dilanjutkan menerima Oscar dengan kemenangan  pemeran utamanya, Frances McDorman sebagai Aktris Terbaik.

Popularitas Nomadland sudah tercium saat memenangkan penghargaan Best Picures di Golden Globes 2021. Demikian juga saat Frances McDorman yang memenangkan Aktis Terbaik dalam ajang tersebut. Simak berbagai fakta film Nomadland di bawah ini.

 

 

 

1. Film drama Amerika yang disutradarai, ditulis, dan diproduksi oleh Chloe Zhao

6 Fakta Nomadland, Peraih Film Terbaik Academy Award 2021 Cuplikan film Nomadland (instagram.com/nomadlandfilm)

Nomadland didasarkan pada buku non-fiksi tahun 2017 berjudul Nomadland: Surviving America in the 21 Century dari Jessica Bruder. Dibintangi oleh Frances McDorman, ceritanya adalah tentang seorang wanita bernama Fern yang melakukan perjalanan keliling Amerika Barat setelah kehilangan semuanya di usia 60an. Untuk diketahui, Nomadland tayang pertama kali pada 11 September 2020 di Venice Film Festival.

2. Syuting dilakukan selama empat bulan di tahun 2018

6 Fakta Nomadland, Peraih Film Terbaik Academy Award 2021 Frances McDormand di Nomadland (chicagofilmcritics.org)

Zhao menulis dan mengarahkan film tersebut selama empat bulan pada musim gugur di tahun 2018. Dia membagi waktu antara Nomadland dan Eternals (2021) yang juga sedang dikerjakannya pada saat itu. Setelah itu, Starlight Pictures memperoleh hak distribusi atas Nomadland pada Februari 2019 dan ditayangkan di bioskop IMAX tertentu Amerika Serikat pada 29 Januari 2021.

3. Hampir semua pemain adalah pengembara sebenarnya alias bukan aktor profesional

6 Fakta Nomadland, Peraih Film Terbaik Academy Award 2021 Cuplikan film Nomadland (instagram.com/nomadlandfilm)

David Strathairn, Linda May, Swankie dan Bob Wells merupakan penggembara asli, para nomaden yang juga membintangi Nomadland. Mereka bukan aktor profesional dan tidak memiliki pengalaman akting sebelumnya. Pemilihan cast ini merupakan hal cerdas, kelihatan sekali mereka sangat natural, karena sudah benar-benar mengalami sendiri bagaimana hidup mengembara. Zhao terbukti sudah mengarahkan mereka secara teliti dan serius.

Baca Juga: 24 Daftar Pemenang Golden Globe 2021, Nomadland Film Terbaik!

4. Seluruh kru tinggal dalam van seperti dalam film

6 Fakta Nomadland, Peraih Film Terbaik Academy Award 2021 Cuplikan film Nomadland (instagram.com/nomadlandfilm)

Selama empat bulan syuting, Nomadland hanya menggunakan sedikit kru, yakni 25 orang saja. Jumlah ini sangat sedikit mengingat pra-produksi film membutuhkan banyak tenaga dan kerja sama. Hebatnya, semua kru tersebut tinggal dan hidup di dalam van, sama seperti apa yang digambarkan di film Nomadland tentang kehidupan seorang penggembara.

5. Nomadland menjadi salah satu film dengan peringkat tertinggi terbaik tahun 2020

6 Fakta Nomadland, Peraih Film Terbaik Academy Award 2021 instagram.com/nomadlandfilm

National Board of Review and American Film Institute menobatkan Nomadland sebagai salah satu dari sepuluh film terbaik sepanjang 2020. Bukan hanya itu, Metacritic juga menganggapnya sebagai film paling sering dibahas dan dipublikasi ulang. Nomadland juga memenangkan Film Terbaik-Drama di Golden Globes ke-78 dan memenangkan People’s Choice Award di Toronto International Film Festival.

6. Chloe Zhao perempuan Asia pertama yang menerima Oscar

6 Fakta Nomadland, Peraih Film Terbaik Academy Award 2021 instagram.com/nomadlandfilm

Penghargaan Oscar yang diterima pada Minggu, 25 April 2021 cukup mencetak sejarah. Pasalnya Zhao resmi menjadi perempuan Asia pertama yang menerima penghargaan Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik dan dengan begitu, Nomadland menjadi film festival yang berhasil memboyong beberapa penghargaan penting Oscar sekaligus.

Benar-benar prestasi yang membanggakan, kamu yang belum nonton film ini. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2021, Nomadland Menang Banyak!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya