Comscore Tracker

Diadaptasi dari Kisah Nyata, Rekomendasi 11 Film Terbaik Buatmu!

Selamat menonton #IDNTimesHype

Berbagai kisah dan cerita nyata tentang kehidupan seseorang diangkat dalam visual dan penggambaran yang nyata ke dalam sebuah film . Menginspirasi, menyedihkan, sampai menyeramkan semuanya bisa kamu rasakan saat menontonnya.

Di bawah ini terdapat 11 film yang diadapasi dari kisah nyata yang telah dirangkum IDN Times . Selamat menonton! 

1. Deepwater Horizon (2016)

https://www.youtube.com/embed/8yASbM8M2vg

Salah satu film dari kisah nyata terbaik, Deepwater Horizon menceritakan tentang kisah seorang kepala teknisi, Mike Wiliams, yang selamat dari ledakan pengeboran minyak pada 20 April 2010 silam. Ledakan tersebut menewaskan banyak awak pekerja dan kapalnya tenggelam di lautan. Film ini diperankan oleh aktor kawakan Mark Wahlberg dan tayang pada September 2016.

2. Sully: Miracle on The Hudson (2016)

https://www.youtube.com/embed/mjKEXxO2KNE

Sully merupakan penggalan nama kapten Chelsey “Sully” Sullenberger, pilot pesawat US Airways yang mendaratkan pesawatnya di tengah perairan Hudson, New York pada 15 Januari 2009. Sully berhasil mendaratkan pesawat di tengah sungai tanpa adanya korban jiwa satu pun.

Kejadian ajaib ini dikemas dengan penggambaran yang baik oleh sutradara Clint Eastwood dengan Tom Hanks sebagai pemeran utamanya dan berhasil mendapatkan review positif saat penayangannya pada 2 September 2016.

3. Patriot’s Day (2016)

https://www.youtube.com/embed/KJXqh2rDehg

Film kriminal thriller Amerika Serikat Patriot’s Day diangkat dari kejadian nyata peledakan dua bom di acara lari maraton di Boston 15 April 2013. Dua pelakunya adalah kakak beradik bernama Dzhokhar dan Tamerlan Tsarnaev yang mana Tamerlan meninggal saat baku tembak dengan polisi, sementara Dzohokhar berhasil ditangkap. Salah satu kejadian bersejarah di Boston ini menimbulkan rasa kesatuan baru bagi warga dan kepolisian Boston.

Kisah ini diangkat ke layar lebar melalui kacamata seorang polisi yang berada di TKP, Tommy Saunders (Mark Wahlberg) dan disutradari oleh Peter Berg.

4. Adrift (2018)

https://www.youtube.com/embed/HdMP4sWc71M

Film drama romantis Adrift diperankan oleh Shailene Woodley dan Sam Claflin. Diangkat dari kisah nyata pasangan yang terdampar di tengah-tengah Samudra Pasifik, mereka harus menemukan jalan ke Hawaii dengan kapal yang rusak dan tanpa radio. Film ini menceritakan bagaimana perjuangan Tami Oldham dan Richard Sharp untuk selamat di tengah luasnya lautan.

5. The 33 (2015)

https://www.youtube.com/embed/hOoIBOYqHyw

The 33 merupakan film drama biografi Amerika-Chili yang diangkat dari kisah nyata kecelakaan tambang tahun 2010, di mana ada 33 penambang terjebak di Pertambangan San Jose di Chili selama lebih dari dua bulan. Film ini dimainkan dengan apik oleh aktor kawakan Antonio Banderas yang menjadi salah satu penambang yang terperangkap, Mario Sepulveda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Romantis Netflix yang Tayang Februari 2021 

6. The Persuit of Happyness (2006)

https://www.youtube.com/embed/DMOBlEcRuw8

The Persuit of Happyness merupakan film biografi dari Chris Gardner yang tinggal di apartemen kecil bersama istri dan anaknya, Christopher. Dalam hidup yang serba sulit, Chris ditinggal oleh istrinya dan harus berjuang mencari uang untuk makan sembari menjaga dan mendidik anaknya.

Film ini diperankan dengan baik oleh Will Smith dan anaknya, Jaden Smith, serta disutradarai oleh Gabriele Muccino. Buat kamu yang gak kuat nonton film drama, siapkan tisu yang banyak sebelum nonton film ini, ya!

7. The Blind Side (2009)

https://www.youtube.com/embed/gvqj_Tk_kuM

Meski termasuk lawas, The Blind Side tetap tidak bisa dilupakan kalau membahas soal film kisah nyata terbaik yang pernah ada. Film biografi kehidupan Michael Oher ini menceritakan tentang masa mudanya ketika dia diangkat anak oleh pasangan Leigh Anne dan Sean Tuohy. Perlahan tapi pasti, Lee Anne dan Sean mengantarkannya untuk menjadi pemain football dan berhasil mendapatkan prestasi cemerlang, meski masa lalunya mengenaskan.

8. Hidden Figures (2016)

https://www.youtube.com/embed/5wfrDhgUMGI

Film ini mengangkat kisah Kathrine Johnson, seorang matematikawan yang menghitung lintasan penerbangan proyek Mercury dan Apollo 11 pada tahun 1969 menuju bulan. Diperankan oleh Taraji P Henson, Octavia Spencer, dan Janelle Monae, film ini juga membahas soal isu rasisme yang masih kental pada masa itu.

9. Hacksaw Ridge (2016)

https://www.youtube.com/embed/s2-1hz1juBI

Film biografi drama perang Hacksaw Ridge diangkat dari kisah nyata tentara medis Amerika Serikat, Desmond Doss, dalam Perang Dunia II melawan Jepang. Film ini diperankan oleh Andrew Garfield, Vince Vaughn, Sam Worthington, Luke Bracey, dan Teresa Palmer.

Dalam kisahnya, Desmond menjadi tentara pertama yang menolak menggunakan senjata untuk membela dirinya dan menyelamatkan rekan-rekannya saat perang. Tegang tapi bikin mewek, pastikan kamu nonton film ini, deh!

10. The Trial of Chicago Seven (2020)

https://www.youtube.com/embed/FVb6EdKDBfU

Film drama hukum yang diprediksi akan masuk nominasi Oscar 2021 ini menceritakan tentang sekelompok pengunjuk rasa anti-perang Vietnam, yang dituduh melakukan konspirasi dan memicu kerusuhan di Konvensi Nasional Demokrat 1968 di Chicago.
Film ini dikemas dengan rapi dan tegang lewat para aktor terkenal di dalamnya, yakni Eddie Redmayne, Sacha Baron Cohen, Alex Sharp, Joseph Gordon-Levitt, dan Jeremy Strong.

11. Hachi: A Dog's Tale (2009)

https://www.youtube.com/embed/Y6U7mAnPtw4

Sebuah film tentang kisah nyata seorang anjing yang bernama Hatchi menjadi salah pilihan film yang mengharukan. Kisah tentang kesetiaan seorang anjing yang selalu menunggu kedatangan orang yang memeliharanya Parker Wilson di stasiun.

Hachi: A Dog's Tale adalah film drama pada 2009 yang diadaptasi dari film Jepang tahun 1987 dengan judul Hachikō Monogatari. Film aslinya menceritakan kisah nyata tentang anjing jenis Akita bernama Hachiko yang tinggal di Jepang pada 1920-an. 

Apakah salah satu film di atas termasuk favoritmu? 

Baca Juga: 18 Rekomendasi Film Terbaik Bertema Kolosal, Menegangkan!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya