Comscore Tracker

Yogyakarta Ska Fest. 2019 Jadi Ajang Kumpul Komunitas Ska

Pecinta musik ska dari berbagai daerah ikut hadir

Bantul, IDN Times- YK Ska Crew Yogyakarta menggelar ajang tahunan Ska Festival 2019 di Kokambar Taman Jogja Expo Center (JEC), Minggu (15/12). Berlokasi acara ini menjadi ajang berkumpulnya para penikmat musik ska baik dari Yogyakarta maupun luar Yogyakarta.

Baca Juga: Yogyakarta Ska Festival 2019, Sajikan Musik dan Edukasi Ska

1. Dimeriahkan berbagai band ska Yogyakarta

Yogyakarta Ska Fest. 2019 Jadi Ajang Kumpul Komunitas SkaPara pengunjung melakukan ska dance untuk menikmati musik ska - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Sebanyak 15 band diundang untuk turut memeriahkan festival ska terbesar di Yogyakarta ini. Mulai dari siang para penikmat musik ska sudah mulai berdatangan untuk menikmati sajian musik yang yang diselenggarakan hingga 11 malam.

Sajian musik dibuka dengan band-band ska indie Yogyakarta dan ditutup dengan band ska besar di Yogyakarta, Bravesboy, pada malam harinya. Terlihat antusiasme pengunjung dengan melakukan ska dance di depan panggung Kokambar Taman JEC saat band mengalunkan irama khas ska yang energik.

2. Tak hanya pertunjukan musik, tetapi juga edukasi ska dan berbagai kompetisi

Yogyakarta Ska Fest. 2019 Jadi Ajang Kumpul Komunitas SkaMuseum of Ska yang menyajikan edukasi tentang sejarah musik ska - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Dalam festival ini tak hanya sajian musik ska yang membuat orang bergoyang, tetapi juga sajian edukasi bertajuk Museum of Ska.

Di sini pengunjung bisa membaca bagaimana awal mula musik ska muncul di Jamaika, mulai surut karena masuknya musik reggae, hingga bangkit kembali dan menghasilkan turunan aliran musik baru. Pengunjung juga bisa melihat kaset-kaset album band ska dan berbagai flyer event ska yang pernah diadakan di Yogyakarta. Selain itu, di Museum of Ska ini juga diadakan talkshow terkait perkembangan musik ska di dunia maupun Yogyakarta.

Selain itu, Yogyakarta Ska Festival 2019 ini juga menyajikan aneka kompetisi berhadiah seperti photography competition, ska dance contest, dan dress code competition yang juaranya diumumkan pada akhir acara.

3. Dikunjungi oleh komunitas ska dari berbagai daerah

Yogyakarta Ska Fest. 2019 Jadi Ajang Kumpul Komunitas SkaWipti Eta Bradiwasasri, penyelenggara sekaligus pembawa acara di Yogyakarta Ska Festival 2019 - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Sajian festival musik ska yang satu ini ternyata tak hanya menarik pengunjung dari Yogyakarta saja, tetapi hingga ke luar kota yang merupakan para komunitas ska dari berbagai daerah.

"Ada yang dari Solo, ada yang dari Malang, itu pada masih otw karena di luar kota juga lagi ada acara kan. Dari Malang, Blitar, Jakarta itu kemarin masih ada acara, jadi mereka masih pada otw ke sini, terus kemungkinan sih akan datang sore ini," ucap Wipti Eta Bradiwasasri, salah satu penyelenggara sekaligus pembawa acara Yogyakarta Ska Festival 2019, saat diwawancari terkait pengunjung yang datang.

Yogyakarta Ska Festival 2019 juga menjadi momen para anggota komunitas musik, baik ska dan aliran musik turunan ska, untuk datang dan bersilaturahmi bersama. 

"Kalau pas acara ini kita bisa lihat orang-orang yang kalau lagi kumpul mungkin ada kalanya dia kelihatan, ada kalanya dia tak kelihatan, nah sekarang bisa kumpul semuanya di sini, jadi bisa lebih guyub gitu. Terus tujuannya buat terkoneksi itu bisa terwujud, " ucap Wipti.

Baca Juga: Indie Fans, Ini 6 Cara Mudah Cari Rekomendasi Musik Baru di Internet

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Febriana Sintasari

Just For You