Comscore Tracker

Sudah Tak Menjabat, Begini Kehidupan 5 Mantan Menteri Jokowi Saat Ini

Dari yang sibuk berolahraga hingga tetap fokus di bidangnya

Memiliki jabatan tinggi di pemerintahan seperti menteri adalah suatu hal yang membanggakan. Beragam kegiatan dan kesibukan mewarnai hari-hari para menteri saat masih menjabat. Namun bagaimana kehidupan para mantan Menteri Kabinet Kerja Jokowi yang saat ini sudah tidak menjabat lagi? Apa kegiatan mereka saat ini? Yuk, simak berikut ini!

1. Susi Pudjiastuti, mengurus Susi Air sambil eksplorasi pulau-pulau di Indonesia

Sudah Tak Menjabat, Begini Kehidupan 5 Mantan Menteri Jokowi Saat IniInstagram.com/susipudjiastuti115

Susi Pudjiastuti yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 ini memang seorang menteri yang berkesan bagi masyarakat. Bagaimana tidak? Kebijakan menenggelamkan kapal yang menjadi andalan wanita yang lahir di Pangandaran ini membuat laut Indonesia semakin baik bagi nelayan.

Setelah tidak lagi menjabat sebagai menteri, Susi menyibukkan dirinya untuk mengurus Susi Air, maskapai penerbangan Indonesia miliknya. Susi Air memang sudah dimililiki semenjak Susi belum menjabat sebagai menteri, sehingga saat ini dia kembali fokus mengurus Susi Air dengan mengunjungi pangkalan-pangkalan Susi Air yang ada di berbagai provinsi sekaligus mengeksplorasi keindahan laut dari pulau-pulau yang dikunjunginya.

Selain itu Susi juga menyibukkan dirinya untuk membagikan kapal-kapal kepada nelayan di beberapa desa. Wah, Bu Susi tetap cinta dengan dunia laut nih.

2. Ignasius Jonan, berlibur ke luar negeri sambil mengamati teknologi yang digunakan di sana

Sudah Tak Menjabat, Begini Kehidupan 5 Mantan Menteri Jokowi Saat IniInstagram.com/ignasius.jonan

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia ini menghabiskan waktunya dengan jalan-jalan ke Prancis bersama istrinya. Selain berlibur untuk menghilangkan penat, Bapak Ignasius juga menyempatkan diri untuk mengamati berbagai kemajuan teknologi di negara tersebut dan mencoba untuk berpikir apakah bisa diterapkan di Indonesia kelak.

Seperti halnya bahan bakar minyak yang ada di sana sudah dicampur dengan etanol sampai 85 persen yang menyebabkan polusi jadi berkurang, dan juga melihat daerah wisata di Prancis yang pengelolaannya pasti bisa diterapkan untuk daerah-daerah wisata serupa di Indonesia.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti, Bakul Ikan 'Gila' yang Ditunjuk Jadi Menteri

3. Arcandra Tahar, menjadi pembicara dan bersilaturahmi ke teman-temannya

Sudah Tak Menjabat, Begini Kehidupan 5 Mantan Menteri Jokowi Saat IniInstagram.com/arcandra.tahar

Arcandra Tahar merupakan mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, bersama dengan Jonan, ia dahulu mengurus bidang energi dan sumber daya mineral di Indonesia. Saat ini Arcandra lebih banyak terlihat menjadi pembicara di berbagai kesempatan baik di lingkungan kampus maupun lingkungan BUMN untuk membahas tentang sumber daya manusia.

Selain itu, Arcanda juga terlihat banyak mengunjungi kawan-kawannya di beberapa daerah seperti mengunjungi Bapak Jusuf Kalla yang mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa di Universitas Negeri Padang.

4. Arief Yahya, berolahraga sembari mendekatkan diri dengan warga di kampung

Jarang aktif di sosial media karena masih menunggu pergantian username di Instagram menjadikan mantan Menteri Pariwisata Indonesia ini sulit diketahui kesibukannya. Namun salah satu netizen sempat membagikan momen Bapak Arief Yahya ini sedang bermain tenis di sebuah kompleks perumahannya.

Arief Yahya mengakui bahwa dirinya saat ini menyibukkan diri dengan berolahraga, tenis, jalan-jalan pagi dan mendekatkan diri dengan warga kampung di sekitar tempat tinggalnya. Wah, sehat selalu ya, Pak.

5. Eko Putro Sandjojo, mengembangkan sektor komoditas dan farmasi

Sudah Tak Menjabat, Begini Kehidupan 5 Mantan Menteri Jokowi Saat IniInstagram.com/ekoputrosandjojo

Mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia ini terlihat menyibukan dirinya dengan berbagai aktivitas pengembangan bisnis bersama rekan-rekannya dari Singapura di sektor komoditas dan farmasi, juga meningkatkan investasi di daerah-daerah Indonesia Timur. Selain itu Eko juga mengisi hari-harinya dengan mendukung hasil karya masyarakat Indonesia seperti kain tenun dan eco printing.

Itulah 5 kegiatan mantan menteri Indonesia. Meskipun sudah tidak menjabat sebagai menteri namun kegiatan mereka selalu berusaha untuk menjadi suatu hal yang bermanfaat sekaligus membuat Indonesia semakin baik, ya.

Baca Juga: Potret Susi Pudjiastuti, Eks Menteri Nyentrik dengan Segudang Prestasi

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya