Comscore Tracker

Diprediksi Gagal, 7 Film Ini Malah Sukses Besar

Sampai ada yang budget-nya dipotong mendadak

Ketika memutuskan membuat karya, sebuah studio film tentu memikirkan juga potensi balik modal atau keuntungan yang diperoleh. Bagaimanapun, industri ini adalah sebuah bisnis. Mereka juga terkadang sudah memprediksi kegagalan film bikinannya. 

Yang menarik, ada sejumlah judul film yang awalnya diprediksi gagal—meskipun tetap dibuat juga—tapi justru mendulang sukses besar setelah dirilis. Bahkan, ada yang jadi ikon pop culture, lho! Penasaran?

1. Star Wars

Diprediksi Gagal, 7 Film Ini Malah Sukses BesarStar Wars a New Hope (dok. Lucasfilm)

Star Wars adalah salah satu ikon pop culture terbesar saat ini. Saat filmnya pertama rilis tahun 1977 saja judul perdana itu langsung untung besar. 

Namun tahukah kamu kalau awalnya bahkan sang kreator sendiri pesimis filmnya akan untung? George Lucas mengakui hal ini di tahun 2015, saat dia diwawancarai di Tribeca Film Festival.

Dia bilang dia menunjukkan film Star Wars ke teman-temannya, dan mereka malah bersimpati kepada George Lucas. Ada yang bertanya si Lucas mikir apa. Bahkan 20th Century Fox selaku studio pun tidak percaya awalnya kalau Star Wars bisa hits. 

Hanya satu orang yang yakin kalau filmnya akan jadi hit, dan orang itu adalah Steven Spielberg. Namun saat itu tanggapan Spielberg itu minoritas. 

Gimana dengan George Lucas? Dia pun begitu pesimis sampai saat Star Wars debut, dia malah berniat tamasya ke Hawaii. Lucas ditelpon sebelum dia berangkat ke Hawaii kalau filmnya hits, tapi dia merasa itu hanya akan laku di pekan pertama dan kemudian pudar di pekan berikutnya.

Lucas baru sadar filmnya hits saat dia disuruh menyalakan TV saat dia sedang liburan, dan melihat orang sampai antre ingin nonton Star Wars. 

2. Titanic

Diprediksi Gagal, 7 Film Ini Malah Sukses BesarTitanic (dok. 20th Century Fox)

Titanic sempat jadi film tersukses di sejarah. Sebelum akhirnya rekor itu disalip Avatar, banyak film yang gagal memecahkan rekornya. Namun sebelum itu, saat produksi filmnya melampaui modal, Titanic sempat diprediksi gagal.

James Cameron mengatakan kalau studio memperhitungkan akan kehilangan 100 juta dolar. Bahkan Cameron sendiri mengira film ini akan merugi. Nyatanya, Titanic justru sukses besar. 

3. Avatar

Diprediksi Gagal, 7 Film Ini Malah Sukses BesarAvatar (dok. 20th Century Fox)

Ngomong-ngomong soal James Cameron, Avatar pun sempat diperhitungkan bakal gagal.

Sebelumnya James Cameron memang sudah mematahkan ekspektasi saat Titanic rilis. Namun unsur sci-fi Avatar serta durasi filmnya diperhitungkan tidak akan membantu kesuksesan film ini.

Katanya, Titanic setidaknya punya kisah nyata tragis yang bisa membantu orang penasaran soal filmnya. Avatar tidak punya hal seperti itu.

Nyatanya? Avatar berujung menyalip rekor box office Titanic. 

Baca Juga: Aib Hollywood, 5 Film Live Action Paling Buruk yang Pernah Dibuat

4. Snow White and the Seven Dwarfs

Diprediksi Gagal, 7 Film Ini Malah Sukses BesarSnow White and the Seven Dwarfs (dok. Disney)

Apakah film animasi yang durasinya 90 menit bisa sukses?

Menurut kritikus di tahun 1930-an sih tidak. Karenanya saat Walt Disney merencanakan bikin Snow White, banyak yang memprediksi film ini akan gagal. Banyak yang ragu kalau akan ada yang mau duduk nonton animasi yang sampai 90 menit durasinya.

Sudah begitu, modal untuk Snow White ini tergolong besar pula untuk era itu. Kalau filmnya gagal, Disney bisa tamat. 

Ujung-ujungnya, film ini pun sukses besar. 

5. Pirates of the Carribean

Diprediksi Gagal, 7 Film Ini Malah Sukses BesarPirates of the Carribean (dok. Walt Disney Pictures)

Gore Verbinski mengatakan kalau saat dia menyampaikan ide Pirates of the Carribean, komposer Hans Zimmer mengatakan, "Kamu gila! Kamu mau bikin film bajak laut? Tidak ada yang mau nonton film bajak laut."

Patut diingat kalau pada tahun 1995 pernah ada film bajak laut, Cutthroat Island. Film itu rugi besar dan bikin karam karier sutradara Reni Harlin dan aktris Geena Davis. Film ini membuat studio Hollywood takut mengangkat tema bjaak laut lagi.

Menurut Verbinski, film ini juga bikin semua gugup. Termasuk studio. 

Seperti yang kamu tahu, filmnya kemudian sukses besar. 

6. Guardians of the Galaxy

Diprediksi Gagal, 7 Film Ini Malah Sukses BesarGuardians oh the Galaxy (dok. Marvel Studio)

Guardians of the Galaxy dulu diprediksi akan jadi film MCU pertama yang rugi. Kalau kamu cari kata kunci "Guardians of the Galaxy expected to fail" kamu bisa menemukan artikel-artikel tahun 2014 yang mengangkat prediksi soal ini.

Banyak orang saat itu yang logikanya adalah kesuksesan film Marvel akan berakhir. Bakal ada film yang anjlok. GotG pun diprediksi akan jadi film yang rugi tersebut. 

Salah satu alasannya adalah GotG itu karakter-karakternya tergolong kurang dikenal masyarakat awam. Ada juga pertimbangan kalau aktor-aktor GotG dikatakan tidak punya nama besar saat itu.

Lalu ada juga unsur "konyol" seperti Groot si manusia pohon dan Rocket yang merupakan rakun berbicara. Unsur seperti ini diprediksi akan bikin orang malas duluan nonton filmnya.  

Chris Pratt sang pemeran Star-Lord sendiri mengatakan kalau dia sempat mengira film ini bakal gagal dan bakal jadi penutup kariernya. 

Filmnya terus sukses besar, dan Chris Pratt justru jadi nama besar Hollywood karena film ini. 

7. Deadpool

Diprediksi Gagal, 7 Film Ini Malah Sukses BesarDeadpool (dok. Twentieth Century Fox)

Studio begitu tidak yakin Deadpool akan sukses sampai budget untuk film ini dipotong 7 juta dolar. Pemotongan itu membuat beberapa unsur cerita Deadpool dipotong juga. Seharusnya akan ada tiga musuh lain yang dilawan oleh Deadpool: Sluggo, Garrison Kane, dan Wire. Karena modalnya dipotong, tiga itu disatukan jadi Angel Dust.

Terus ada juga adegan tembak-tembakan di bagian klimaks film yang dipotong. Kamu mau tahu kenapa Deadpool dengan kocak ketinggalan pistol-pistolnya? Itu karena filmnya kurang budget. Meski begitu, film Deadpool kemudian ternyata justru sukses besar. 

Itu dia deretan film yang awalnya diprediksi gagal tapi malah sukses besar dan meraup keuntungan luar biasa. Mana film favoritmu?

Baca Juga: 6 Fakta Nomadland, Peraih Film Terbaik Academy Award 2021 

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Duniaku.com dengan judul 7 Film yang Diperhitungkan Gagal tapi Malah Untung Besar

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya