Comscore Tracker

Tokoh Dalam The World of the Married Alami Masalah Mental   

Akibat masa lalu yang kelam hingga sifat egois

Drama Korea The World of the Married' hari ini Senin (11/5) mulai tayang di layar televisi Indonesia. Walaupun di negara asalnya episode cinta segitiga ini akan berakhir, namun jika dicermati banyak karakter di film yang yang menampilkan artis Park Hae-joon ini mempunyai gangguan mental.

Tokoh utama film yang diproduksi oleh JTBC ini, ternyata mempunyai 5 tokoh yang mempunyai gangguan mental akibat trauma peristiwa hidupnya.    

 

Baca Juga: Beredar Versi Frozen Food, Pihak Mie Ayam Bu Tumini Buka Suara

1. Narcissistic personality disorder (Narsistik)

Tokoh Dalam The World of the Married Alami Masalah Mental   instagram/jtbcdrama

Gangguan mental pertama adalah narsistik (Narcissistic personality disorder) yang dipercaya dimiliki Tae Oh. Orang dengan narsistik menganggap dirinya sangat penting sehingga harus dikagumi semua orang. Akhirnya, ia kerap menunjukkan sifat egois juga obsesi.

Dalam drama, sisi egois dan obsesi Tae Oh amat sangat terlihat. Ia bisa berselingkuh dan menguras harta Sun Woo. Ketika akhirnya bercerai, Tae Oh pun tetap terobsesi dengan Sun Woo. Ia tidak mau membiarkan mantan istrinya tersebut direbut orang lain, padahal dia sudah menikah dengan selingkuhannya. Kok bisa ya? 

2. Post-traumatic stress disorder (PTSD)

Tokoh Dalam The World of the Married Alami Masalah Mental   instagram/jtbcdrama

Gangguan post-traumatic stress disorder (PTSD) adalah gangguan mental akibat pengalaman traumatis yang pernah dialami atau disaksikan langsung oleh seseorang. Gangguan ini membuat seseorang kerap berpikiran negatif, gelisah, dan emosi.

Dalam drama, Sun Woo diceritakan pernah menyaksikan kecelakaan yang menimpa Ibunya. Pengalaman ini ternyata menimbulkan trauma tersembunyi yang membentuk kepribadian Sun Woo. Gak heran kalau ia jadi mudah emosi, gelisah, dan banyak berpikir negatif saat suaminya diduga berselingkuh. 

3. Kleptomania

Tokoh Dalam The World of the Married Alami Masalah Mental   twitter.com/dramalatte

Kleptomania adalah gangguan mental yang membuat seseorang tidak dapat menahan diri untuk mengutil atau mencuri. Gangguan ini dialami oleh Joon Young akibat rusaknya rumah tangga Ayah Ibunya.

Sejak ia tahu Ayahnya berselingkuh, ia terus-terus merasa gelisah karena takut orang tuanya bercerai. Rasa gelisah dan takutnya ini akhirnya memunculkan gangguan kleptomania. Ia kerap mencuri barang teman-temannya bahkan memukul temannya. 

Baca Juga: Cari Tahu Sifat Burukmu dari Karakter World of Married Pilihanmu!

4. Obsessive Love Disorder (OLD)

Tokoh Dalam The World of the Married Alami Masalah Mental   koreaboo.com

Selanjutnya adalah Obsessive Love Disorder (OLD) yang dimiliki Park In Kyu. Gangguan ini membuat seseorang terobsesi untuk memiliki orang yang ia cintai. Saking terobsesinya, ia bisa bertindak kejam dan ekstrem agar orang yang ia cinta tunduk kepadanya.

Dalam drama, kita bisa melihat jelas bahwa In Kyu berkali-kali melakukan kekerasan pada pacarnya, Hyun Seo. Ketika akhirnya Hyun Seo pergi, In Kyu tetap memata-matai sang kekasih. Ia bahkan juga menyerang orang-orang terdekat Hyun Seo agar kekasihnya tersebut tunduk padanya. Bahkan dia juga memeras Sun Woo yang memberikan bantuan kepada Hyun Seo. 

5. Stockholm Syndrome

Tokoh Dalam The World of the Married Alami Masalah Mental   Instagram.com/jtbcdrama

Setelah membahas In Kyu, kita juga bisa membahas Hyun Seo. Dia adalah tokoh yang membantu Sun Woo memata-matai suaminya.

Meski ia mendapat kekerasan berulang kali, ia tetap bertahan dengan pacarnya atas dasar cinta. Menurutnya, sang kekasih sesungguhnya orang yang baik dan ia bisa mengubah sifat jelek kekasihnya tersebut.

Dari tingkah Hyun Seo ini, dapat disimpulkan bahwa ia menderita gangguan mental stockholm syndrome. Gangguan ini membuat seseorang simpati kepada orang yang melakukan kekerasan kepadanya. Akhirnya, seseorang cenderung setia dan rela diperlakukan kasar tanpa memikirkan efek buruk pada dirinya.

Memang seru nonton film drama yang banyak disukai ini. Namun bukan hanya tentang perselingkuhan saja yang ditampilkan di dalamnya, banyak nilai yang bisa kita petik.  

Baca Juga: 5 Ciri Tukang Selingkuh seperti Tae Oh di The World of the Married

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya