Comscore Tracker

Konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock Guncang Yogyakarta

Butet, Nasirun, hingga Iwan Fals turut memeriahkan konser

Yogyakarta, IDN Times - Penyanyi legendaris Tanah Air, Sawung Jabo menggelar konsernya di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY), pada Minggu (18/9/2022). Di usianya yang menginjak 71 tahun, Jabo tetap bisa memikat para penonton dengan pertunjukannya.

Konser ini mengusung tajuk "Senandung Anak Wayang: Reunion". Konser Sawung Jabo bersama Sirkus Barock ini menggenapi konser trilogi mereka. Diketahui sebelumnya telah digelar konser Anak Wayang di tahun 2014 dan Satu Langkah Sejuta Cakrawala di tahun 2006.

1. Ruang kreatif yang terbuka

Konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock Guncang YogyakartaKonser Sawung Jabo bersama Sirkus Barock, Senandung Anak Wayang: Reunion di Concert Hall TBY, Minggu (18/9/2022). (Dok. Sawung Jabo & Sirkus Barock).

Setelah dua tahun lebih pandemik COVID-19, konser Sirkus Barock kali ini terasa sangat istimewa. Kata Reunion yang dipilih bukan tanpa alasan, namun sebagai pertanda juga pergelaran seni kini sudah mulai digelar luring.

“Ini menegaskan bahwa Sirkus Barock sebagai ruang kreatif yang terbuka bagi siapa saja,” kata Jabo.  

Dalam konsernya kali ini, Sirkus Barock masih membawa personel-personel lawas mereka. Di antaranya adalah Suzan Piper (vokal), Joel Tampeng, Ruben Kayon, dan Toto Tewel (gitar), Bagus Mazasupa (keyboard), Denny Dumbo (perkusi), Tauhid Subarkah (bass), Ucok Hutabarat (violin), dan Reza Achmad (drum). Selain itu, mereka juga membawa sejumlah personel baru, Hasnan Hasibuan (cello), Alfred Mailoa dan Bonita (vokal). 

Baca Juga: JogjaROCKarta #5 2022: Info Lokasi, Harga TIket, Line-up Artis

2. Kolaborasi sejumlah seniman

Konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock Guncang YogyakartaKonser Sawung Jabo bersama Sirkus Barock, Senandung Anak Wayang: Reunion di Concert Hall TBY, Minggu (18/9/2022). (Dok. Sawung Jabo & Sirkus Barock).

Sebelum konser dimulai, sejumlah musikus muda, di antaranya adalah Iksan Skuter dan Hery Samsara tampil di mini stage di halaman luar Concert Hall TBY. Sebagai pembuka, mereka sukses memberikan momen pemanasan bagi pencinta musik Sawung Jabo setelah lama tak menikmati penampilan idolanya itu secara live.

Konser Sirkus Barock sendiri dihadiri setidaknya 600 orang. Setelah diawali pembacaan puisi oleh Butet Kertaradjasa, Sawung Jabo membuka konsernya dengan membawakan tembang berjudul "Ada Suara Tanpa Bentuk". Setidaknya 21 lagu dibawakan. Beberapa hits yang mereka bawakan dalam konser tersebut adalah "Burung Putih", "Di Hatimu Aku Berlindung", "Gumam Batin Pengembara", dan "Penjelajah Alam".

Seperti pada konser-konser Sirkus Barock sebelumnya, Jabo selalu mengajak serta sejumlah seniman.  Di beberapa lagu dalam konsernya kali ini, Jabo mengajak serta beberapa seniman. Di antaranya adalah perupa Nasirun yang melukis di atas kanvas saat Sirkus Barock membawakan lagu Kanvas Putih. Selain itu ada juga penari Eko Supriyanto yang tampil bersama Jarot Budidarsono saat Sirkus Barock membawakan lagu berjudul Lagu Pemabuk.

3. Berbagai kejutan dihadirkan

Konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock Guncang YogyakartaKonser Sawung Jabo bersama Sirkus Barock, Senandung Anak Wayang: Reunion di Concert Hall TBY, Minggu (18/9/2022). (Dok. Sawung Jabo & Sirkus Barock).

Di sesi akhir konsernya, penonton dikejutkan ketika Sawung Jabo memanggil sosok Iwan Fals ke atas panggung. Sontak suasana Concert Hall kian bergemuruh ketika Iwan Fals masuk ke area panggung dan menyanyikan lagu "Penari Goyang".  Di usia yang sama-sama tak lagi muda, baik Iwan Fals maupun Jabo tetap tampil energik ketika membawakan beberapa hit mereka, diantaranya Bongkar, Badut, Nyanyian Jiwa, dan Hio.

Kejutan belum usai. Penonton kembali riuh ketika sosok legenda lainnya, Setiawan Djodi berdiri dari kursinya dan naik ke panggung lalu ikut menyanyikan lagu Bento. Akhirnya formasi grup Kantata Takwa pun hadir di panggung Sirkus Barock.

Sekadar diketahui, Kantata Takwa merupakan grup band yang digawangi oleh sejumlah seniman. Selain Iwan Fals, Setiawan Djodi, dan Sawung Jabo, Kantata Takwa sebelumnya juga diisi oleh almarhum WS. Rendra dan Donny Fatah.

Baca Juga: [FOTO] Meriahnya Pasar Malam Sekaten Yogyakarta, Wajib Datang! 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya