Comscore Tracker

5 Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari Berlokasi di Jogja

Lokasi syuting KKN di Desa Penari di Jogja ini bakalan hits!

Film horor KKN Di Desa Penari tengah jadi sorotan. Pasalnya, film yang diadaptasi dari thread twitter tersebut menceritakan tentang kejadian kisah nyata, gak heran kalau banyak orang jadi penasaran dan ingin tahu lokasi asli terjadinya cerita itu.

Menurut akun @SimpleM81378523 yang menyebarkan kisah KKN di Desa Penari via twitter, lokasi asli kejadiannya ada di salah satu kabupaten di Jawa Timur. Namun untuk pembuatan film, lokasi yang dipilih justru jauh dari Jawa Timur, yaitu di Yogyakarta. Setidaknya, sampai saat ini sudah diketahui 5 lokasi syuting film KKN di Desa Penari di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai dari Kabupaten Gunungkidul sampai Sleman, berikut ulasan lengkapnya.

1. Dusun Ngluweng, Kalurahan Ngleri Kapanewon Playen, Gunungkidul

5 Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari Berlokasi di JogjaDusun Ngluweng (instagram.com/alfian_persie)

Salah satu lokasi utama yang digunakan sebagai desa untuk KKN mahasiswa dalam film yaitu di Dusun Ngluweng, Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Gunungkidul. Untuk mencapai dusun tersebut setidaknya membutuhkan waktu satu jam menggunakan kendaraan bermotor. 

Di desa tersebut sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani. Kekerabatan antar warga juga masih sangat kental, termasuk gotong royongnya. Di sekitar dusun Ngluweng, tempat wisata yang bisa dikunjungi yaitu Air Terjun Randusari, Bukit Panguk Kediwung, dan Bukit Teletubbis. 

Baca Juga: Perankan Timbul di Film Srimulat, Dimas Anggara Akui Punya Beban Moral

2. Hutan Pinus Mangunan

5 Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari Berlokasi di JogjaUji coba pembukaan tempat wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Hutan Pinus Mangunan selama ini menjadi tempat wisata karena vibes-nya seperti di luar negeri. Selain sebagai tempat wisata, Hutan Pinus Mangunan sering menjadi venue event konser penyanyi ibu kota, salah satunya yaitu Tulus. 

Hutan Pinus Mangunan biasanya identik dengan suasana romantis dan sejuk, namun kesan berbeda terasa di film saat tempat ini dijadikan lokasi syuting KKN di Desa Penari. Tempat wisata yang berada di Bantul ini seolah menghadirkan kesan magis yang berbeda. Sudah pernah mampir ke sini?

3. Sungai Batu Kapal, Piyungan

5 Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari Berlokasi di JogjaWisata Batu Kapal di Piyungan. IDN Times / Febriana Sinta

Salah satu scene di KKN di Desa Penari yang gak terlupakan adalah saat Bima memimpikan Widya yang terlilit ular di pinggir sungai. Adegan menegangkan ini ternyata diambil di salah satu sungai tercantik di Yogyakarta, loh, tepatnya di Sungai Batu Kapal, yang berlokasi di Piyungan, Bantul. 

Sungai tersebut sangat jernih, dingin, dan sekitarnya juga rindang. Sungai Batu Kapal masuk hutan rakyat yang menawan. Untuk sampai ke sini, kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua atau roda empat karena jalanannya pun sudah mulus dengan aspal dan cukup lebar. 

4. Plunyon, Kalikuning

5 Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari Berlokasi di JogjaPlunyon Kalikuning (instagram.com/erma_indri)

Plunyon, Kalikuning sebelum menjadi salah satu lokasi film KKN di Desa Penari memang sudah hits di kalangan pencari konten. Tempatnya serasa di luar negeri, lengkap dengan udara segar yang sudah jarang ditemukan di tempat lain. 

Plunyon, Kalikuning ini sebenarnya adalah sebuah jembatan peninggalan Belanda. Lokasi tepatnya ada di Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Dari jembatan yang menjadi ikon Plunyon, kamu akan disuguhi pemandangan Gunung Merapi yang gagah, cocok jadi latar belakang foto kamu 'kan?

5. Hutan Wanagama

5 Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari Berlokasi di Jogjainstagram.com/sevanie_

Hutan wanagama adalah laboratorium alam yang dikelola oleh Universitas Gadjah Mada. Lokasi ini bisa dikunjungi oleh masyarakat untuk rekreasi, di dalamnya kamu bisa melihat taman, area camping, sampai mata air yang menyegarkan. 

Di Hutan Wanagama tersebut juga tersedia penginapan, bagi kamu yang ingin staycation atau ingin merasakan menginap di tempat yang rimbun pepohonan tapi gak terlalu jauh dari kota, bisa langsung menuju yang satu ini. 

Sekarang pasti sudah gak penasaran lagi lokasi syuting film KKN di Desa Penari di Yogyakarta? Gak pakai lama, langsung yuk ajak pacar, keluarga, atau malah teman kampusmu buat mengunjungi tempat-tempat di atas. Selamat jalan-jalan!

Baca Juga: 10 Film Horor Terlaris Di Dunia, Seram tapi Bikin Kecanduan

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya