Comscore Tracker

Pesta Boneka #8 REMEMBRANCE, Libatkan Seniman dari 18 Negara

Pesta Boneka kali ini siapkan tempat khusus penonton anak

Sleman, IDN Times - Setelah dua tahun lalu digelar secara daring akibat virus corona, Pesta Boneka #8 di tahun 2022 siap digelar secara luring, daring, dan hybrid. Pertunjukan skala internasional tersebut kali ini akan berpusat di Kampoeng Media, Jalan Sembada, Jaban, Sinduharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mengusung tema “REMEMBRANCE” atau Ingatan, tujuannya untuk membingkai karya-karya yang akan disajikan, berkenaan dengan cerita dari masing-masing seniman tentang ruang, waktu, perjumpaan, pengetahuan, dan refleksi yang akan mereka bagikan kepada publik.

1. Sejarah Pesta Boneka

Pesta Boneka #8 REMEMBRANCE, Libatkan Seniman dari 18 NegaraPapermoon Puppet Theatre akan kembali menyelenggarakan Pesta Boneka. Dok: istimewa

Pesta Boneka adalah festival teater boneka yang diinisiasi oleh Papermoon Puppet Theater sejak tahun 2008 silam. Pesta boneka sendiri diadakan setiap dua tahun sekali dan menjadi wadah berkumpulnya para seniman dan pencinta teater boneka yang datang dari berbagai belahan dunia.

Selama 14 tahun terakhir, Pesta Boneka telah mengadakan acara dari berbagai tempat, mulai dari ruang teater sampai masuk ke dalam desa. Dan di tahun ini, Kampoeng Media yang dipilih menjadi tempat terselenggaranya Pesta Boneka ke-8 tersebut.

"Tujuannya apa, yaitu untuk membangun jembatan untuk berbincang dari mana saja," kata Ria Papermoon dalam jumpa pers Pesta Boneka #8 pada Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: ‘Maracosa', Kolaborasi Magis Papermoon dan Nona Rara Batik

2. Program yang akan ada di Pesta Boneka #8

Pesta Boneka #8 REMEMBRANCE, Libatkan Seniman dari 18 NegaraPenampilan Papermoon Puppet Theater IDN Times/Yogie Fadila

Di perhelatan yang ke-8 kali ini, Pesta Boneka hadir secara istimewa dalam tiga format program yaitu daring, luring, dan hybrid. Menariknya lagi, tidak hanya akan menampilkan Papermoon Puppet sebagai seniman boneka asal Jogja saja, tapi juga akan diikuti oleh 35 kelompok dan individu seniman dari 18 negara. Acaranya pun tak hanya pementasan, tapi juga workshop, diskusi, dan lain sebagainya.

"Jadi, kami akhirnya memberanikan diri nih buat menyelenggarakan Pesta Boneka secara offline lagi, dan yang menarik adalah program kita jadi tambah, yaitu ada online, dan hybrid," terang Ria.

Untuk program daring akan diadakan pada 3-5 Oktober 2022 yang pementasan dan wicara seniman akan dilakukan melalui Zoom dan website di www.pestaboneka.com. Nah, karena diadakan secara online acara ini tentunya bisa diikuti oleh siapa pun dan dari mana saja. Beberapa contoh seniman yang akan tampil yaitu Krystal Puppet Theatre (Kenya), Cia. Olveira Salcedo (Spanyol), dan Téspis Cia. de Teatro (Brazil).

Sementara program hybrid akan dihelat pada 5 Oktober 2022 dan akan disiarkan secara langsung di Auditorium IFI Yogyakarta. Karya yang dipentaskan bertajuk “GAUNG, The Meandering Room" dari Automne 2085 (Prancis) akan digelar langsung dari Paris dengan didukung oleh Indonesien Francais Institute Yogyakarta.

Dan yang paling ditunggu yaitu program offline yang akan diadakan pada 6-9 Oktober 2022 ini. Serangkaian pertunjukan dan workshop akan digelar secara langsung di Kampung Media Resort dengan beberapa seniman yang terlibat yaitu Titeres La Rosa (Chile), Waktunya Main (Indonesia), Puppetomime (Thailand), Puppetaria (Indonesia), Sekat Studio (Indonesia), dan 18 seniman lainnya.

3. Hal-hal baru yang akan disuguhkan di Pesta Boneka #8

Pesta Boneka #8 REMEMBRANCE, Libatkan Seniman dari 18 NegaraPesta Boneka #8 “REMEMBRANCE" (dok.istimewa)

Akan ada banyak hal baru yang ditawarkan di Pesta Boneka #8 ini. Di antaranya akan diadakan kegiatan bincang-bincang dengan seniman selepas pertunjukkan. Pun, akan ada beberapa seniman yang memfasilitasi lokakarya untuk para pengunjung yang tentu saja menghibur dan seru.

Dan yang patut dirayakan untuk kehadiran Pesta Boneka #8 ini yaitu adanya tempat khusus bagi penonton anak yaitu Theatre for Young Audience (TYA) Space yang menjadi kolaborasi Pesta Boneka #8 dengan Gulali Forum. Gulali Forum sendiri merupakan komunitas yang berisi seniman-seniman dari berbagai daerah di Indonesia. Tempat khusus bagi penonton anak ini diberi nama Kampung Babel yang didukung oleh European Project "Babel or the Art of Listening".

"Di tahun ini, Pesta Boneka mendedikasikan sebuah program untuk penonton anak-anak yang mungkin, belum ada pertunjukkan yang dikhususkan untuk anak-anak. Perayaan untuk anak-anak masih kurang sekali. Jadi kami berpikir akan memulai di Pesta Boneka ini," tambah Ria Papermoon.

Seperti pada perhelatan sebelumnya, art & craft bazaar juga akan diramaikan oleh perajin dan bisnis lokal.

Untuk kamu yang berencana menyaksikan Pesta Boneka #8 “REMEMBRANCE” secara luring, bisa langsung mendaftarkan diri di website www.pestaboneka.com. Tenang, untuk acara luring ini bisa disaksikan secara gratis dengan syarat sudah melakukan registrasi lebih dulu dalam pertunjukkan-pertunjukkan yang diinginkan. Sementara untuk pertunjukkan secara online, sistem yang digunakan yaitu donasi tapi tetap wajib registrasi lebih dulu.

Baca Juga: Candi Prambanan Jadi Tempat Konser Terakhir Westlife di Indonesia 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya