Comscore Tracker

Saling Klaim Korban KDRT, Fakta Pertikaian Johnny Depp dan Amber Heard

Proses cerai lebih lama dibanding usia pernikahan

Perseteruan bintang Jack Sparrow, Johnny Depp dan Amber Heard tak henti-hentinya diperbincangkan. 

Pernikahaan keduanya yang hanya bertahan 15 bulan justru berakhir saling gugat di pengadilan. Tak hanya itu lamanya proses hukum di pengadilan malah lebih lama dibandingkan usia pernikahan mereka.   

Berikut ini deretan fakta hubungan Depp dan Heard sejak bertemu hingga proses di pengadilan. 

1. Bocornya percakapan mereka ke publik

Saling Klaim Korban KDRT, Fakta Pertikaian Johnny Depp dan Amber Heardpeople.com

Perkara rumah tangga yang dialami pasangan Hollywood ini semakin memanas ketika rekaman pembicaraan mereka bocor ke publik. Sebagaimana dilansir dari USA Today, pasangan ini saling menuduh satu sama lain.

"Sayang, kamu tidak ditinju kok. Saya memang tidak dapat mengontrol gerakan tanganku, tapi kamu baik-baik saja. Saya tidak menyakitimu sama sekali, saya tidak meninjumu, saya memukulmu," terdengar suara sama Heard dalam rekaman berdurasi beberapa menit tersebut.

Ucapan dari Heard dijawab oleh aktor 57 tahun tersebut, "Saya tidak bermaksud meninggalkanmu. Saya jelas tidak ingin bercerai, saya tidak ingin menghilang dari hidupmu. Saya ingin berdamai. Tapi jika kekerasan fisik selalu terjadi, kita tak punya pilihan selain berpisah."

Perdebatan keduanya menggoyahkan kepercayaan publik kepada Heard yang sebelumnya menuduh bahwa Depp melakukan kekerasan rumah tangga.

 

Baca Juga: Sering Berulah, Walt Disney Siap Depak Johnny Depp dari Pirates 6

2. Kedua pihak mengklaim menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga

Saling Klaim Korban KDRT, Fakta Pertikaian Johnny Depp dan Amber Heardinstagram.com/johnnydepp

Pertemuan mereka terjadi di film The Rum Diary 2011 silam. Hubungan mereka kemudian semakin serius, fans bahkan terkejut atas keputusan mereka untuk naik pelaminan di 2015. 

Nyatanya pasangan ini bersama dalam 15 bulan rumah tangga dan menghadapi proses perceraian hingga dua tahun lamanya. 

Heard menggugat cerai aktor Pirates of the Caribbean itu pada 2016 silam. Aktris dan model 34 tahun ini menyampaikan bahwa ia menjadi korban kekerasan rumah tangga. Hal ini dibuktikan dengan beberapa foto memar serta kesaksian adik laki-lakinya di pengadilan.

Setahun kemudian, Depp dan pengacaranya mengajukan banding dan melaporkan bahwa yang melakukan kekerasan adalah Heard. Sebagaimana keterangan rekaman percakapan yang beredar, Depp mengatakan jika mantan istrinya itu tak dapat mengontrol diri saat sedang berada di bawah pengaruh alkohol.

3. Depp membayar tunjangan senilai USD 7 juta

Saling Klaim Korban KDRT, Fakta Pertikaian Johnny Depp dan Amber Heardinstagram.com/amberheard

Heard sempat mendapatkan tunjangan senilai USD 7 juta ketika berpisah dari aktor yang menjadi suaminya selama 1,3 tahun itu. Tunjangan ini dikabulkan oleh pihak pengadilan. Proses perceraian yang rumit membuat keduanya menjadi salah satu skandal perceraian artis yang menyita perhatian.

Baca Juga: Main Film 'Koboy Kampus', 10 Potret David John yang Mirip Johnny Depp

4. Depp sempat ditahan karena dianggap melakukan ancaman terhadap Heard

Saling Klaim Korban KDRT, Fakta Pertikaian Johnny Depp dan Amber HeardInstagram.com/amberheard

Tak sekadar membayarkan uang ganti rugi. Depp pun sempat ditahan pihak berwajib. Ia menjalani masa tahan rumah beberapa bulan sebelum mengajukan banding dan menyampaikan gugatan pencemaran nama baik kepada Heard.

Meski dijatuhi hukuman, Depp tak pernah mengakui tindakan kekerasan rumah tangga yang sebagaimana yang dituduhkan oleh mantan istrinya.

5. Depp kehilangan peran di film dan Heard mendapatkan kecaman dan petisi

Saling Klaim Korban KDRT, Fakta Pertikaian Johnny Depp dan Amber Heardpeople.com

Buntut panjang dari perseteruan mereka bahkan berimbas pada karier masing-masing. Saat digugat cerai, Depp baru saja menyelesaikan syuting Pirates of the Caribbean. Akibat kasus tersebut, perilisan film dibatalkan bahkan ia kehilangan peran sebagai Jack Sparrow. 

Hal yang sama juga dialami oleh Heard. Saat kasus ini kembali memanas di pertengahan 2020, Heard mendapatkan kecaman dan petisi untuk tak berperan dan muncul di film Aquaman 2.

Saat ini proses pengadilan masih terus berjalan, bahkan berdasarkan Guardian  pada Selasa (28/7/2020) Johnny Deep sempat menyatakan bahwa pengacara Amber Herd sebagai seorang penipu.

Semoga permasalahan ini cepat seledai dan masing-masing dapat melanjutkan hidup dengan damai. 

Baca Juga: Terancam Bui, 10 Aktris Ini Cocok Gantikan Amber Heard di Aquaman 2

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya