TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tutup Usia, 5 Film Maggie Smith 10 Tahun Terakhir

RIP Maggie Smith, karyamu akan abadi

Maggie Smith di Harry Potter (dok. Harry Potter/Harry Potter)

Intinya Sih...

  • Maggie Smith, pemeran Profesor McGonagall dalam film Harry Potter, meninggal dunia di usia 89 tahun.
  • Film terakhirnya termasuk The Lady in the Van, Nothing Like a Dame, Sherlock Gnomes, Downton Abbey: A New Era, dan The Miracle Club.
  • The Miracle Club adalah salah satu karya Maggie Smith yang dapat disaksikan di Netflix.

Kabar duka datang dari industri hiburan Internasional. Maggie Smith yang selama ini dikenal sebagai pemeran Profesor McGonagall dalam serial film Harry Potter, meninggal dunia di usianya yang ke-89 pada Jumat (27/9/2024) lalu. 

Sudah debut sejak tahun 1952, sederet film telah sukses ia perankan hingga meraih berbagai penghargaan, lho! Berikut ini daftar film Maggie Smith dalam 10 tahun terakhir, patut disaksikan saat rindu aktingnya.  

1. The Lady in The Van (2015)

The Lady in the Van adalah film keluaran tahun 2015 yang diangkat dari kisah nyata. Film bergenre drama-komedi tersebut mengisahkan hubungan penulis naskah Alan Bennett dengan seorang perempuan yang tinggal di sebuah mobil van yang diparkir di jalan masuk rumahnya selama lima belas tahun. 

Maggie Smith berperan sebagai Miss Mary Shepherd, perempuan tua yang memiliki masalah mental dan tidak terurus hingga harus tinggal dalam sebuah mobil van dan Alan Bennet diperankan oleh Alex Jennings. Meski kocak, ada beberapa adegan sentimentil yang bikin terenyuh!

2. Nothing Like a Dame (2018)

Di tahun 2018, Maggie Smith turut membintangi film dokumenter yang berjudul Nothing Like a Dame. Film tersebut tidak hanya dirilis di Britania Raya, tapi juga Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru dengan judul Tea With the Dames bersama aktris Eileen Atkins, Judi Dench, dan Joan Ploughright. 

Film ini mendokumentasikan percakapan antara keempat peraih Dames Commander of the Order of the British Empire, sambil diselingi dengan adegan-adegan dari karir mereka di film dan panggung. Meski film dokumenter dan seluruhnya diperankan oleh aktris legendaris, Nothing Like a Dame mendapat banyak pujian dan dianggap sebagai film yang menghibur dan lucu. 

3. Gnomeo and Juliet: Sherlock Gnomes (2018)

Sherlock Gnomes adalah sekuel dari film animasi, Gnemeo and Juliet yang tayang pada 2018 lalu. Maggie Smith ambil peran sebagai pengisi suara untuk tokoh antagonis, Lady Bluebury. 

Film ini dikembangkan oleh Rocket Pictures dengan mendaulat Andy Riley dan Kevin Cecil sebagai penulis. Dijamin menghibur, film ini mengisahkan perjalanan Gnomeo dan Juliet berburu pelaku pencuri hiasan kebun yang satu per satu hilang secara misterius bersama detektif Sherlock Gnomes. 

Baca Juga: Maggie Smith, Profesor McGonagall di Harry Potter, Meninggal Dunia

4. Downton Abbey: A New Era (2022)

Apabila kamu menyukai film yang bernuansa Eropa klasik, film Maggie Smith yang merupakan sekual dari Downton Abbey: A New Era yang dirilis tahun 2022 patut dipertimbangkan mengisi waktu luangmu. Film ini berlatar tahun 1928 yang mengisahkan tentang keluarga Crawley yang berliku. 

Maggie Smith berperan sebagai Violet Crawley, seorang nenek yang baru saja mendapat warisan di sebuah desa Prancis dari kekasih lamanya. Sayangnya untuk meraih warisan tersebut keluarha Crawley harus melewati banyak permasalahan yang rumit. 

5. The Miracle Clun (2023)

The Miracle Club memiliki alur cerita tentang persahabatan tiga ibu beda generasi yang memiliki kisahnya masing-masing. Maggie Smith berperan sebagai Lily Fox yang ingin mengikuti perlombaan di sebuah gereja dengan hadiah perjalanan ziarah bersama kedua sahabatnya, Eileen Dunne yang diperankan Kathy Bates dan Agnes O’Casey sebagai Dolly Hennessy.

Film ini hangat tapi juga lucu, lengkap dengan sisi religi bagi pemeluk agama Katolik. The Miracle Club jadi salah satu karya Maggie Smith yang dapat kamu saksikan di Netflix, lho. 

Itulah film Maggie Smith dalam 10 tahun terakhir yang bisa kamu saksikan untuk mengenang sosoknya. Peran sebagai Profesor McGonagall memang sangat melekat pada diri Maggie. Namun pada setiap perannya di film-film barusan, kamu akan menyaksikan keberhasilan ia memerankan sosok lain tanpa terbayang peran sebagai kepala asrama Gryffindor sebelumnya. Tak perlu diragukan lagi, ia adalah legenda yang layak dikenang sampai kapan pun. 

Baca Juga: Biodata dan Profil Maggie Smith, Profesor Minerva di Harry Potter

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya