TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Landung Simatupang Pemeran Kakek Video Klip Gala Bunga Matahari

Pernah jadi dosen di UGM juga, lho!

ilustasi profil landung simatupang (youtube.com/@SalPriadi)

Music video lagu Gala Bunga Matahari yang dinyanyikan Sal Priadi, berhasil menyita banyak perhatian. Tak hanya trending di YouTube, cerita video klip ini sukses bikin penonton merasa terharu dan menitikan air mata.

Anak semata wayang mantan pasangan Gading Martin dan Gisel Anatasia, Gempita Nora Martin, menjadi pemeran anak kecil yang telah meninggal dan berada di surga. Sementara seorang kakek yang hidup di sebuah panti, diperankan Landung Simatupang. Ia adalah seniman, sastrawan, sekaligus bintang film yang berasal dari Jogja. Yuk, simak profil Landung Simatupang agar makin kenal sosoknya yang legendaris!

1. Biodata Landung Simatupang

  • Nama lengkap: Yohanes Rusyanto Landung Laksono Simatuandung Simatupang
  • Nama panggung: Landung Simatupang
  • Tempat dan tanggal lahir: Yogyakarta, 25 November 1951
  • Almamater: Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Nama pasangan: Engelina Prihaksiwi
  • Akun Instagram: @yrlandungsimatupang

2. Pendidikan dan awal karier Landung Simatupang

Landung Simatupang adalah anak dari pasangan W. Josef Polin Simatupang, yang bekerja sebagai guru bahasa dan kesusastraan Indonesia, Bahasa Jerman, Bahasa Belanda, serta seni suara di Yogyakarta. Sementara ibu bernama Floriberta Sumardiyati berprofesi sebagai bidan. 

Landung Simatupang adalah lulusan S-1 Sastra Inggris, Universitas Gadjah Mada tahun 1983. Dikutip laman Kagama, diketahui ia sempat menjadi dosen di Fakultas Ilmu Budaya UGM untuk kelas drama dan translation. Profesi sebagai pengajar hanya bertahan selama tiga tahun, akhirnya  Landung Simatupang memutuskan menjadi seniman lepas. 

 

Baca Juga: Makna MV Gala Bunga Matahari - Sal Priadi yang Bikin Mewek

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya