TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film dengan Konsep Pengambilan Gambar One-Shot, Keren!

Hadirkan sudut pandang yang nyata!

adegan film Birdman (dok. Fox Searchlight Pictures/Birdman)

One-shot atau continuous shot, adalah sebuah metode sinematik dimana sebuah adegan direkam dalam satu kali pengambilan tanpa cut atau pengeditan. Konsep ini memerlukan ketelitian tinggi dari segi teknis, pemeran, kameramen, dan seluruh kru untuk memastikan setiap elemen adegan berjalan tanpa hambatan.

Teknik ini sering digunakan untuk meningkatkan intensitas cerita dan membawa penonton ke imaginasi nyata. Berikut lima film dengan konsep pengambilan gambar one-shot.

1. Children of Men (2006)

Children of Men adalah film aksi sci-fi tahun 2009 yang disutradarai Alfonso Cuarón. Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya P.D. James, film ini dikenal karena gaya sinematik yang inovatif, termasuk penggunaan teknik long take atau one-shot yang memukau. 

Children of Men berlatar tahun 2027, dimana umat manusia menghadapi krisis eksistensial setelah lebih 18 tahun tanpa kelahiran bayi baru. Theo Faron (Clive Owen), seorang mantan aktivis terlibat misi untuk melindungi seorang wanita bernama Kee (Clare-Hope Ashitey), yang secara misterius hamil. Kee adalah harapan terakhir umat manusia dan Theo harus membawanya ke tempat yang aman dengan bantuan kelompok pemberontak.

2. Birdman (2014)

Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance) adalah film drama-komedi tahun 2014 disutradarai Alejandro González Iñárritu. Film ini dikenal karena teknik pengambilan gambarnya yang hampir seluruh adegan tampak diambil dalam satu shot panjang tanpa henti. Berlatar di dunia teater dan Hollywood, film ini mengeksplorasi tema terkait identitas, ego, dan relevansi dalam dunia hiburan yang selalu berubah. 

Birdman mengikuti kisah Riggan (Michael Keaton), harus menghadapi berbagai konflik dari kritikus, putrinya (Emma Stone), dan suara batin yang terus-menerus mengganggunya.

Baca Juga: 6 Film Thriller dan Horor Dibintangi Lewis Pullman, Terbaru Skincare!

3. Victoria (2015)

Victoria adalah film drama-kriminal tahun 2015 disutradarai Sebastian Schipper. Film ini dikenal dengan teknik pengambilan gambar yang direkam dalam satu shot tanpa henti selama dua jam lebih. Hal tersebut sebagai salah contoh paling ekstrem dari penggunaan teknik one-shot dalam film. Proses produksi film ini memakan waktu lama, dengan para aktor berlatih untuk memastikan seluruh adegan diambil dalam satu take.

Victoria mengikuti kisah seorang wanita asal Spanyol bernama Victoria (Laia Costa), yang baru pindah ke Berlin. Suatu malam, ia bertemu dengan empat pemuda lokal dan terlibat dalam petualangan menegangkan. 

4. Bushwick (2017)

Bushwick adalah film aksi-thriller tahun 2017, disutradarai Jonathan Milott dan Cary Murnion. Film ini dikenal dengan pengambilan gambar yang disajikan dalam beberapa take panjang yang memberi kesan real-time.

Film ini mengangkat tema-tema yang relevan dengan ketegangan politik dan sosial di Amerika. Dengan anggaran yang terbatas, film ini berhasil menciptakan suasana yang intens dan melalui penggunaan lokasi yang realistis dan sinematografi yang inovatif.

Bushwick mengikuti kisah Lucy (Brittany Snow), seorang mahasiswa yang kembali ke rumahnya hanya untuk menemukan lingkungan tempat tinggalnya telah berubah menjadi zona perang. 

Verified Writer

Devin Widodo

Just a kid and moving pictures!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya