TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Film Horor tentang Poltergeist, Bisa Melukai Manusia

Berdasarkan kisah nyata, ada Talk To Me dan Run Rabbit Run

Poltergeist (dok. 20th Century Studios/Poltergeist)

Istilah Poltergeist mulai populer sekitar tahun 1982, ketika film berjudul Poltergeist rilis tanggal 4 Juni 1982 di Amerika. Kemunculan film ini menghebohkan masyarakat karena ceritanya yang terbilang baru di masa itu. 

Poltergeist identik dengan jiwa, roh ataupun kekuatan supernatural yang dianggap berbahaya karena memiliki energi yang sangat kuat. Kekuatan supernatural yang bisa menggerakan barang, menghasilkan suara aneh hingga melukai manusia.

Berikut tujuh film horor dengan tema Poltergeist yang harus kamu tonton setidaknya sekali seumur hidup

1. Poltergeist (2015)

Poltergeist (dok. 20th Century Studios/Poltergeist)

Tayang perdana tanggal 19 Juni 2015, Poltergeist (2015) disutradarai oleh Gil Kenan. Merupakan sebuah remake dari film yang sempat populer di tahun 1982 dengan judul yang sama.

Durasi film 1 jam 33 menit ini menceritakan sebuah keluarga yang pindah ke rumah baru di pinggir kota dan mengalami berbagai gangguan mistis. Suasana memanas ketika gangguan semakin meningkat, mulai dari boneka yang bergerak sampai anak perempuan mereka kerasukan. 

2. Ghostbuster (2016)

Ghostbusters (dok. Sony Pictures/Ghostbusters)

Diadaptasi dari film yang rilis tahun 1984 dengan judul yang sama, Ghostbuster (2016) disutradarai oleh Paul Feig. Dengan durasi 1 jam 56 menit, film ini dibintangi aktor dan aktris ternama seperti, Chris Hemsworth, Melissa McCarthy dan Kristen Wiig.

film ini menceritakan sekelompok wanita yang memulai usaha di New York. Bukan usaha biasa, mereka memberikan jasa untuk menangkap hantu dan roh-roh jahat. 

Baca Juga: 9 Film Horor Thriller Berlatar Konser, Terbaru Trap dan Smile 2

3. The Good Neighbor (2016)

The Good Neighbor (dok. Vertical Entertainment/The Good Neighbor)

Disutradari oleh Kasra Farahani, film ini rilis tanggal 16 September 2016, dinintang, dengan dimainkan oleh Keir Gilchrist dan Logan Miller. 

Film ini diawali sepasang remaja kutu buku yang bersahabat, Ethan ( Logan Miller) dan Sean (Keir Gilchrist). Ethan dan Sean mengerjai tetangganya untuk meyakinkan bahwa rumahnya berhantu. Namun tetangganya merasa tak terganggu dengan kejadian aneh di rumahnya.

4. Under The Shadow (2016)

Under The Shadow (dok. Vertical Entertainment/Under The Shadow)

Mengangkat tema perang dan horor, Under The Shadow (2016) disutradarai Babak Anvari yang merupakan warga negara Iran. Rilis tanggal 30 September 2016, film ini memiliki durasi yang terbilang singkat, yaitu 1 jam 24 menit. 

Under The Shadow (2016) mengisahkan kehidupan seorang ibu, Shideh (Narges Rashidi) dan anak perempuannya, Dorsa (Avin Manshadi). Masih dalam suasana perang, mereka harus berhadapan dengan kekuatan supernatural berbahaya di kediaman mereka. 

5. Malasaña 32 (2020)

Malasaña 32 (dok. Atresmedia Cinema/Malasaña 32)

Berasal dari Spanyol, Malasaña 32 (2020) disutradarai oleh Albert Pintó, tayang perdana tanggal 17 Januari 2020. Film ini memiliki genre campuran horor, misteri dan teror dengan durasi 1 jam 45 menit. 

Bercerita tentang sepasang suami istri dengan kedua anak mereka dan kakeknya yang sudah pikun pindah ke sebuah apartemen kecil di Malasaña, Madrid. Di sana mereka mengalami berbagai gangguan supernatural dari iblis yang bernama Clara. 

6. Talk To Me (2022)

Talk To Me (dok. A24/Talk To Me)

Disutradarai oleh sepasang kakak beradik yang bernama Danny Philippou dan Michael Philippou, film ini tayang perdana tanggal 27 Juli 2023, dengan durasi 1 jam 53 menit. Film dibintangi oleh jejeran aktor dan aktris ternama seperti, Sophie Wilde, Alexandra Jensen dan Joe Bird. 

Talk To Me (2022) bercerita sekelompok remaja yang menemukan sebuah cara untuk berkomunikasi dengan makhluk halus, yaitu dengan sepotong tangan manusia yang telah diawetkan. Setelah mereka melakukan pemanggilan, banyak hal aneh bermunculan.

7. Run Rabbit Run (2023)

Run Rabbit Run (dok. Netflix/Run Rabbit Run)

Last but not least, Run Rabbit Run (2023). Film Australia ini disutradari oleh Daina Reid dan rilis tanggal 19 January 2023. Dengan durasi 1 jam 40 menit, film ini dibintangi aktor dan aktris populer seperti, Sarah Snook, Lily LaTorre, Damon Herriman dan Greta Scacchi.

Berkisah tentang seorang dokter bernama Sarah (Sarah Snook) dengan anak perempuannya, Mia (Lilly LaTorre), menemukan seekor kelinci di belakang rumahnya. Ketika kelinci itu hilang, Mia mulai berperilaku aneh dan melakukan hal mengerikan.  

Film horor dengan tema Poltergeist memang menjadi pilihan tepat buat kamu yang bosen sama cerita film horor yang itu saja. Selain menghibur, film-film di atas tentu saja cocok untuk ditonton bersama teman atau keluarga. 

Baca Juga: 5 Fakta Film The Girl on the Train, Penumpang Kereta Menyibak Misteri

Verified Writer

Fallo Aprilliana

Movies enthusiast!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya