Comscore Tracker

5 Fakta Kondom, Tak Sekadar sebagai Pencegah Kehamilan

Jangan asal menggunakannya!

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang gampang didapatkan dan digunakan. Karena praktis, kondom menjadi andalan bagi pasangan muda yang hendak menunda memiliki momongan. Apalagi, variannya juga beragam, mulai dari rasa buah hingga yang menimbulkan sensasi tertentu. 

Berikut ini lima fakta tentang kondom yang bisa jadi belum kamu tahu. Agar lebih aman, sebaiknya kamu paham dulu semua hal pada alat ini sebelum memakainya.

1. Tempat penyimpanan kondom bisa memengaruhi efektivitasnya

5 Fakta Kondom, Tak Sekadar sebagai Pencegah Kehamilanpexels.com/Pixabay

Suhu udara akan mempengaruhi efektivitas kondom. Menyimpan kondom sebaiknya di tempat yang kering dan dingin. Jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Laci atau lemari bisa jadi tempat paling efektif untuk penyimpanan kondom agar tidak cepat rusak.

2. Tanggal kedaluwarsa kondom sangat penting diperhatikan

5 Fakta Kondom, Tak Sekadar sebagai Pencegah KehamilanPixabay.com/kerryank

Memakai kondom yang kedaluwarsa bisa menimbulkan banyak dampak negatif yang tidak baik untuk dirimu. Salah satunya iritasi pada penis bahkan meningkatkan risiko kehamilan pada pasangan.

Makanya, kalau kamu memang mau menunda momongan dan tidak ingin hal tidak mengenakkan terjadi pada penismu, sebaiknya kamu selalu cek tanggal kedaluwarsa sebelum memakainya.

Baca Juga: Penis Ternyata Bisa Menyusut Secara Permanen, Ini 8 Penyebabnya!

3. Tiongkok membuat kondom terbesar di dunia

5 Fakta Kondom, Tak Sekadar sebagai Pencegah Kehamilanunsplash.com/CharlesPH

Tepatnya pada tahun 2003, Tiongkok pernah membuat kondom berukuran 80 meter x 100 meter dan membuatnya "berdiri" di atas sebuah hotel di Guilin, Cina.

4. Kondom membuat hubungan seksual jauh lebih aman

5 Fakta Kondom, Tak Sekadar sebagai Pencegah Kehamilanfreepik.com/freepik

Bukan hanya karena mencegah kehamilan tapi mencegah juga penularan penyakit kelamin yang mungkin dimiliki pasangan. Kondom memiliki tingkat perlindungan yang tinggi sehingga penggunaan yang tepat akan membuatmu terhindar dari penularan penyakit kelamin.

5. Kondom bisa menampung sampai 4 liter cairan

5 Fakta Kondom, Tak Sekadar sebagai Pencegah Kehamilanbing.net

Tentunya tanpa penis di dalamnya, kondom bisa menampung sampai 4 liter cairan di dalamnya kalau tidak robek. Biasanya, suhu penyimpanan dan masa kedaluwarsa akan mempengaruhi ketebalan kondom.

Itu dia beberapa fakta seputar kondom yang layak kamu tahu, biar penggunaannya lebih efektif. Selain mengenakan kondom, melakukan aktivitas seks tanpa berganti-ganti pasangan juga membuat seks jadi lebih aman.

Baca Juga: Apa Bedanya Sunat dan Tidak Sunat? Ini Dampaknya bagi Pria!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya