Comscore Tracker

7 Fakta Menarik Seputar Rambut Kemaluan, Jangan Asal Dicukur!

Gundul atau rimbun, mana yang lebih sehat?

Rambut kemaluan yang tumbuh di sekitar organ intim, umumnya mulai muncul sejak memasuki masa puber. Rambut yang satu ini ternyata memiliki sejumlah fungsi, seperti mencegah infeksi dan juga melindungi area vital.

Terdapat beberapa fakta unik dan menarik seputar rambut kemaluan. Yuk, baca sampai habis!

1. Jangan dicukur, ada manfaatnya!

7 Fakta Menarik Seputar Rambut Kemaluan, Jangan Asal Dicukur!howdoesyourgardenmow.com

Kebanyakan remaja merasa malu ketika tubuh mereka mulai ditumbuhi rambut-rambut aneh di sekitar area intim, meski tak jarang juga orang dewasa merasa malu.

Tak perlu malu sampai harus mencukur rambut kemaluan. Memang siapa yang mau melihatnya selain pasangan?

Padahal, kamu tak perlu mencukur rambut kemaluan lho. Mereka punya manfaat tersendiri yang sangat baik untuk organ intim kamu. Rambut-rambut tersebut mencegah infeksi dan berfungsi sebagai "tameng" untuk alat vital kamu.

2. Benarkah semakin sering dicukur semakin lebat?

7 Fakta Menarik Seputar Rambut Kemaluan, Jangan Asal Dicukur!shutterstock.com

Ada mitos mengatakan kalau rambut kemaluan dicukur maka akan membuatnya semakin lebat ketika tumbuh nanti. Itu sama sekali tidak benar. Dilansir dari health.com, dr. Shepherd mengatakan sekuat apa pun kamu mencukurnya itu tidak akan membuatnya semakin lebat setelahnya.

Hal itu terjadi karena rambut dipotong di poros tengah yang merupakan diameter rambut terbesar. Akibat hal itulah mungkin terlihat lebih tebal.

3. Mencukurnya bisa menimbulkan bisul

7 Fakta Menarik Seputar Rambut Kemaluan, Jangan Asal Dicukur!womenshealthmag.com

Bisul memang sebuah penyakit yang menyebalkan, apalagi jika bisul tersebut timbul di area kemaluan. Dilansir dari flo.health, bisul pada area intim bisa timbul ketika terjadi luka bakar, gesekan akibat iritasi, ataupun berbagi alat cukur.

Mencukur bisa menyebabkan iritasi pada area tersebut yang terkadang memicu timbulnya bisul. Selain itu, jangan juga berbagi alat cukur kepada orang lain ataupun menggunakan pisau cukur untuk memangkas rambut-rambut lain pada tubuh.

Baca Juga: Disunat atau Tidak, Ini Perbedaan Dampaknya bagi Pria!

4. Tak selalu senada dengan warna rambut

7 Fakta Menarik Seputar Rambut Kemaluan, Jangan Asal Dicukur!unsplash.com/@sooprun

Biasanya rambut pada tubuh selalu memiliki warna yang senada. Misal jika rambut kamu hitam, maka rambut-rambut pada ketiak, janggut, kumis, dan juga rambut kemaluan mempunyai warna yang sama. Namun, bisa jadi rambut kemaluanmu punya warna yang tidak senada.

Dikutip dari health.com, dr. Ross mengatakan hal itu tidak selalu terjadi karena mungkin ada sedikit variasi dalam jumlah melanin yang memberi warna pada rambut. Bisa jadi rambut kepalamu pirang namun rambut kemaluanmu hitam. Bisa jadi juga sebaliknya.

5. Rambut kemaluan juga bisa beruban

7 Fakta Menarik Seputar Rambut Kemaluan, Jangan Asal Dicukur!huffingtonpost.com

Sama seperti rambut kepala, rambut kemaluan pun juga bisa memutih atau yang sering kita sebut beruban. Dilansir dari health.com, seiring bertambahnya usia, folikel rambut kamu menurunkan produksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang bertanggung jawab untuk membuat warna pada rambut dan kulit yang ditentukan oleh gen.

Selain itu, faktor lain yang membuat rambut kemaluan menjadi memutih adalah seperti merokok, keturunan gen, stres, dan juga bisa tergantung makanan yang kamu konsumsi. Ada yang rambut kemaluannya sudah mulai beruban?

6. Bisa menipis seiring bertambahnya usia

7 Fakta Menarik Seputar Rambut Kemaluan, Jangan Asal Dicukur!medicalnewstoday.com

Rambut kemaluan biasanya tumbuh pada kecepatan yang stabil rata-rata 0,5 milimeter per hari. Namun, seiring bertambahnya usia, dr. Shepherd mengatakan laju pertumbuhannya akan berkurang. Sama seperti rambut lainnya di tubuh kita, rambut kemaluan akan mulai menipis.

7. Seks adalah alasan para wanita mencukurnya

7 Fakta Menarik Seputar Rambut Kemaluan, Jangan Asal Dicukur!360nobs.com

Seperti yang disebutkan pada poin nomor 1 tadi, kebanyakan orang mencukur rambut kemaluan karena merasa malu, entah terhadap pasangan atau orang lain, lho (?). Terdapat survei dari JAMA Dermatologi yang menyebutkan lebih dari 55 persen wanita yang bercukur, waxing, atau triming mengatakan seks adalah alasan paling umum mereka melakukannya.

Sebanyak 21 persen dari wanita tersebut mengatakan mereka melakukannya karena pasangan mereka menyukainya. FYI: 60 persen pria mengaku mereka lebih suka pasangan yang "bersih", data dari penelitian Journal of Sexual Medicine.

Itu dia sejumlah fakta seputar rambut kemaluan. Setelah tahu fungsinya, lebih baik kamu gak mencukurnya sampai licin, cukup dipangkas saja secara berkala agar tetap estetik.

Baca Juga: Bikin Pasanganmu Tak Berdaya, Ini 8 Trik Merangsang Miss V Miliknya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya