Comscore Tracker

7 Mitos terkait Payudara Kendur, dari Menyusui sampai Krim Pengencang

Benarkah menyusui bikin payudara kendur?

Perempuan tentu mendambakan bentuk payudara yang indah dan kencang. Maka dari itu, payudara yang mengendur menjadi satu hal yang selalu berusaha dihindari lewat berbagai upaya. 

Faktanya, payudara secara alami akan menjadi kendur seiring bertambahnya usia. Namun, masih banyak informasi keliru yang tersebar di masyarakat seputar kendurnya payudara.

Nah, agar kamu gak terjebak oleh informasi yang belum jelas kebenarannya, ini dia beberapa mitos seputar penyebab payudara kendur beserta fakta di baliknya.

1. Menyusui akan membuat payudara menjadi kendur

7 Mitos terkait Payudara Kendur, dari Menyusui sampai Krim Pengencangfreepik.com/prostooleh

Sepertinya tak sedikit perempuan (dan laki-laki) yang masih percaya bahwa memberikan air susu ibu (ASI) akan membuat payudara menjadi kendur. Padahal, faktanya tidak demikian.

Menurut sebuah penelitian dalam Aesthetic Surgery Journal tahun 2008, dikatakan bahwa menyusui bukanlah faktor yang membuat payudara menjadi kendur.

Melansir Prevention, seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi dari Yale University School of Medicine, Amerika Serikat (AS), menyatakan bahwa penyebab payudara terlihat mengendur dikarenakan pada saat hamil payudara akan membesar.

Lalu, saat menyusui payudara akan perlahan menyusut kembali. Namun, yang membuat payudara jadi kendur adalah penurunan berat badan yang terjadi setelah melahirkan.

2. Olahraga akan mencegah payudara mengendur

7 Mitos terkait Payudara Kendur, dari Menyusui sampai Krim Pengencangfreepik.com/wayhomestudio

Melansir Health, Anne Taylor, MD, asisten profesor klinis bedah plastik di Ohio State University, AS, mengatakan bahwa payudara terdiri dari lemak, bukan otot.

Oleh karena itu, sekalipun kamu sering melakukan olahraga bukan berarti payudaramu tidak akan menjadi kendur. Namun, melatih daerah dada akan memperkuat ligamen di sekitar payudara, sehingga bisa membuat penampilan payudara lebih kencang.

3. Sering memakai bra akan membuat payudara tetap kencang

7 Mitos terkait Payudara Kendur, dari Menyusui sampai Krim PengencangIlustrasi bra. freepik.com/freepik

Banyak perempuan yang menganggap pemakaian bra secara rutin bisa menjaga payudara tetap kencang dan berada "di tempatnya". Apakah ini benar?

Dan Millis, MD, wakil presiden dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery mengatakan kepada Health bahwa bra akan memberikan bentuk dan tampilan payudara yang kamu inginkan. Namun, bra tidak dapat mencegah payudara mengendur, apalagi bila proses pengenduran ini disebabkan oleh usia dan gravitasi.

Meski begitu, memakai bra tetap dianjurkan karena bisa menghambat rusaknya jaringan ikat di sekitar payudara. Bila jaringan ikat tersebut rusak, maka akan mempercepat proses payudara kendur, apalagi bila kamu sering melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi seperti olahraga.

Baca Juga: 9 Tipe Bentuk-bentuk Payudara, Masing-masing Punya Ciri Khas

4. Memakai bra dengan ukuran besar akan membuat payudara menjadi kendur

7 Mitos terkait Payudara Kendur, dari Menyusui sampai Krim Pengencangfreepik.com/wayhomestudio

Melansir Express, Dr. Foued Hamza, seorang ahli bedah kosmetik di Queen Anee Sreet Medical Centre off Harley Street London, Inggris, menyatakan bahwa menggunakan bra berukuran besar tidak ada pengaruhnya terhadap payudara kendur dan tidak ada bukti ilmiah yang mendukungnya.

Meski demikan, ia mengatakan bahwa bra berukuran besar dapat membantu payudara terlihat lebih penuh. 

5. Payudara dengan ukuran kecil tidak akan mengendur

7 Mitos terkait Payudara Kendur, dari Menyusui sampai Krim Pengencangfreepik.com/wayhomestudio

Faktanya bukan payudara berukuran besar saja yang bisa kendur. Payudara yang kecil pun juga bisa. 

Melansir Prevention, Deborah Axelrod, MD, direktur medis layanan payudara klinis dan program payudara dari New York University Langone Medical Center, AS, mengatakan bahwa payudara kecil juga bisa menjadi kendur karena gravitasi.

Ia mengatakan bahwa memang benar kalau secara umum payudara yang lebih kecil tak terlalu tampak mengendur dibandingkan payudara besar, karena lebih sedikit jaringan yang tertarik ke bawah.

"Kendur atau tidaknya payudara bergantung pada rasio jaringan payudara terhadap lemak," kata Deborah. 

Dengan kata lain, kalau kamu memiliki kepadatan payudara yang tinggi — artinya ada lebih banyak jaringan payudara dibandingkan dengan lemak — kemungkinan payudaramu tidak akan tampak "terkulai" dibandingkan jika kamu punya kepadatan payudara yang lebih rendah, dengan lebih banyak lemak daripada jaringan payudara.

6. Menggunakan krim pengencang payudara dapat membuat payudara tidak akan menjadi kendur

7 Mitos terkait Payudara Kendur, dari Menyusui sampai Krim Pengencangfreepik.com/jcomp

Terlepas dari apa yang kamu dengar, tidak ada produk yang dijual bebas (over-the-counter) atau solusi alami yang bisa mengatasi payudara kendur.

Melansir RealSelf, Dr. Ellis Choy, seorang ahli bedah plastik asal Sydney, Australia, mengatakan bahwa tidak ada cara yang bisa diandalkan dan layak untuk mencapai pengencangan payudara alami tanpa intervensi bedah.

"Payudara mungkin akan tampak lebih tinggi dan terangkat dengan model bra tertentu, tetapi untuk mendapatkan efek payudara kencang yang alami dengan pengoptimalan bentuk, ukuran, dan kesimetrisan, beberapa jenis prosedur bedah pengangkatan payudara akan diperlukan," jelasnya.

7. Payudara kendur tidak bisa dicegah

7 Mitos terkait Payudara Kendur, dari Menyusui sampai Krim Pengencangfreepik.com/freepik

Meski payudara kendur tidak bisa dihindari banyak perempuan, kamu tetap bisa melakukan langkah-langkah untuk meminimalkannya. 

Misalnya, sebuah studi dalam Aesthetic Surgery Journal menemukan bahwa indeks massa tubuh yang tinggi dan riwayat merokok merupakan faktor risiko payudara kendur.

Selain itu, hindari diet yoyo, diet yang sesudah berat badan turun mudah menjadi naik kembali. Melansir Prevention, bila seorang perempuan bertambah berat badannya, payudaranya akan meregang seperti kulit lainnya.

Namun, jika kemudian berat badannya turun, ia akan memiliki kulit ekstra, yang mana akan mengendur karena tak lagi memiliki semua jaringan yang menahannya. Jadi, selalu menjaga berat badan tetap sehat mungkin akan membantu mencegah payudara mengendur.

Nah, penjelasan mengenai mitos seputar payudara kendur di atas semoga bisa menambah wawasanmu dan menghindarkanmu dari misinformasi, ya.

Baca Juga: 7 Mitos Seks Ini Tak Perlu Dipercaya, Sudah Dibantah Ahli!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ruth Cikita di IDN Times Community dengan judul 7 Mitos tentang Penyebab Payudara Menjadi Kendur, Cek Faktanya!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya