Comscore Tracker

Kurang Aman, Hindari 7 Pelumas Ini untuk Berhubungan Seks!

Padahal banyak orang yang menggunakannya

Bagi sebagian orang, pelumas bermanfaat untuk menambah kenikmatan bercinta. Ada beragam bahan yang biasa digunakan sebagai pelumas, mulai dari yang alami seperti minyak zaitun sampai lubrikan berbahan dasar air yang biasa dijual bebas.

Namun, meski sudah kerap digunakan, ternyata gak semua pelumas tersebut aman dan sehat, lho. Efeknya memang gak langsung dirasakan, tapi risiko kesehatan tetap ada.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pelumas yang sering digunakan untuk berhubungan seks tapi sebenarnya gak dianjurkan karena tidak aman.

1. Minyak zaitun

Kurang Aman, Hindari 7 Pelumas Ini untuk Berhubungan Seks!Unsplash/Roberta Sorge

Kerap digunakan untuk pijat, minyak zaitun sebenarnya aman-aman saja digunakan saat berhubungan seks karena bahannya alami. Namun, kalau kamu menggunakan kondom, sebaiknya jangan pakai minyak zaitun karena bisa menyebabkan kondommu rusak.

2. Petroleum jelly

Kurang Aman, Hindari 7 Pelumas Ini untuk Berhubungan Seks!medicalnewstoday.com

Hindari menggunakan berbagai brand petroleum jelly sebagai pelumas saat berhubungan seks. Menggunakannya secara pribadi alias masturbasi (bagi pria) mungkin aman-aman saja, tapi tidak baik untuk masuk ke dalam lubang tubuh (tahu kan apa saja lubang yang bisa dimasuki saat berhubungan seks?).

Melakukannya bisa berisiko membuat lubangmu atau pasanganmu terkena infeksi jamur.

3. Baby oil

Kurang Aman, Hindari 7 Pelumas Ini untuk Berhubungan Seks!lifehacker.com.au

Kamu mungkin berpikir bahwa minyak untuk bayi jelas tidak berbahaya karena kandungannya yang aman untuk bayi (yang sensitif), pastinya akan aman kamu gunakan. Padahal tidak. Penelitian yang dipublikasi tahun 2013 menemukan fakta bahwa menggunakan baby oil bisa berisiko menyebabkan bacterial vaginosis maupun infeksi jamur.

Baca Juga: Jangan Asal Goyang, 10 Posisi Seks Ini Bisa Bikin Cedera!

4. Minyak kelapa

Kurang Aman, Hindari 7 Pelumas Ini untuk Berhubungan Seks!health.com

Sayangnya yang satu ini sangat gak dianjurkan sebagai pelumas saat berhubungan seks. Sifat minyak kelapa yang antibakteri dan antijamur bisa memengaruhi keseimbangan pH alami pada vagina dan berisiko memberikan infeksi jamur. Teksturnya juga bisa merusak kondom kalau kamu harus melakukan hubungan seks dengan kondom.

5. Lotion atau krim untuk kulit

Kurang Aman, Hindari 7 Pelumas Ini untuk Berhubungan Seks!sheknows.com

Kamu aman menggunakannya selama losion atau krim tersebut memang diformulasikan dari bahan yang bebas dari wewangian dan dikhususkan untuk kulit sensitif. Sayangnya losion yang seperti ini jarang sekali dan biasanya hanya bisa dengan resep dokter kulit. Apalagi sesuai namanya, “lotion” akan lebih terasa kandungan airnya yang cepat kesat, bukan sensasi minyak yang membuat jadi licin.

6. Sabun mandi

Kurang Aman, Hindari 7 Pelumas Ini untuk Berhubungan Seks!flo.health

Untuk momen personal alias masturbasi (pria) kamu bisa saja menggunakannya. Tekstur dari sabun jelas bisa merusak kondom, jadi hindari saat kamu harus menggunakan kondom. Perlu diingat juga bahwa sabun cepat mengering dan cenderung memberikan sensasi lengket. Selain itu, kandungannya juga bisa merusak keseimbangan pH alami vagina.

7. Air liur atau ludah

Kurang Aman, Hindari 7 Pelumas Ini untuk Berhubungan Seks!youtube.com/Oral-B Europe

Terutama jika kamu atau pasanganmu sedang sakit, apalagi jika sakitnya menular. Jadi pastikan siapapun yang akan menggunakan ludah di tengah momen seks kalian sedang dalam kondisi sehat. Selebihnya, ludah atau air liur aman digunakan untuk berhubungan seks dan malah bisa membuat birahi kalian makin terbakar.

Itu dia sejumlah pelumas yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk digunakan berhubungan seks. Biar lebih aman, kamu bisa menggunakan pelumas khusus yang dijual bebas. 

Baca Juga: Saatnya Kurangi, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Masturbasi Berlebihan!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bayu Dewey di IDN Times Community dengan judul Gak Dianjurkan, 7 Pelumas Ini Malah Sering Dipakai Saat Hubungan Seks

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya