Comscore Tracker

Perlukan Perempuan Memakai Bra? Ini 7 Penjelasannya Lengkapnya

Girls, memakai atau tidak menjadi keputusanmu ya  

Setiap tanggal 13 Oktober ada peringatan hari tanpa bra, atau No Bra Day. Peringatan yang baru dilakukan mulai tahun 2019 ini, awalnya adalah ajakan bagi perempuan untuk tidak memakai bra dan memberikan uang yan biasanya digunakan untuk membeli pakaian dalam kepada penderita kanker. 

Bagi perempuan, pemakaian bra adalah untuk melindungi payudara namun di sisi lain memakai bra justru membuat sesak napas dan tidak bisa bergerak bahkan mengakibatkan badan sakit.

Jadi apakah sebaiknya kita menanggalkan bra atau justru tetap memakainya?  Yuk kita simak keuntungan dan kerugian jika kita memakai atau melepaskan bra.  

 

 

 

Baca Juga: Kami Tahu Kepribadianmu dari Tipe Bra Favorit!

1. Tanpa memakai bra tidurmu akan lebih berkualitas

Perlukan Perempuan Memakai Bra? Ini 7 Penjelasannya Lengkapnyathelist.com

Kamu mungkin sudah sering mendengar anjuran untuk melepas bra saat tidur, kan? Hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan kualitas tidur. Sebab, tanpa bra, kita tidak akan merasakan tekanan di dada sehingga pernapasan pun lebih lancar. 

Sebagian orang khawatir kebiasaan ini akan membuat payudaranya menurun. Namun ternyata menurut dokter dari London Doctors Clinic, Seth Rankin, kedua hal itu tidak ada kaitannya. Bahkan sebenarnya tidur tanpa bra bisa membuat payudara lebih kencang. 

“Ketika Anda tidur terlentang, efek gravitasi justru mendorong jaringan payudara kembali ke dada, bukannya ke bawah. Jadi memakai bra, pada dasarnya belebihan saat tidur,” kata Rankin kepada Cosmopolitan UK.

2. Sirkulasi darah terutama di bagian atas akan lebih lancar

Perlukan Perempuan Memakai Bra? Ini 7 Penjelasannya Lengkapnyapexels.com/Andre Furtado

Keuntungan tak memakai bra berikutnya adalah sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar.  Dilansir dari Well and Good, ini terjadi karena pembuluh darah di area dada tidak akan terhalang oleh ketatnya bra yang kita pakai. Aliran darah di dalamya pun bisa mengirimkan oksigen dan nutrisi dengan lancar. 

3. Tubuh jadi lebih nyaman dan rileks

Perlukan Perempuan Memakai Bra? Ini 7 Penjelasannya Lengkapnyapixabay/Free-Photos

“Tak ada yang lebih memuaskan daripada mencopot kaitan karet ketat itu dari punggung, melepas kawat yang memberikan garis merah di bawah payudaraku, dan melemparkannya ke atas tempat tidur,” ucap seorang perempuan kepada Huffpost Canada

Apakah kamu merasakan hal yang sama saat melepaskan bra setelah beraktivitas seharian? Jika kamu ingin merasakan perasaan yang sama terus menerus, jalan keluarnya adalah dengan mencoba hidup tanpa bra

Dilansir dari sumber yang sama, banyak perempuan yang merasa tubuhnya lebih nyaman setelah berhenti mengenakan baju dalam tersebut. Namun hal ini mungkin tidak berlaku untuk perempuan dengan payudara yang besar. Nanti kita akan membahasnya di poin ke-7.

Baca Juga: 9 Tip Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannya

4. Kulit dada dan punggung jadi lebih sehat

Perlukan Perempuan Memakai Bra? Ini 7 Penjelasannya Lengkapnyabest-wallpaper.net

Pemakaian bra bisa memicu munculnya jerawat di dada dan punggung, lho. Hal ini terjadi karena kain bra memerangkap debu, keringat, dan kelembapan sehingga pori-pori akan cepat tersumbat di daerah sekitarnya.

Terlebih lagi jika kita tidak menggantinya secara teratur. Maka dari itu, ketika seseorang berhenti mengenakan bra, masalah tersebut setidaknya bisa dikurangi. 

5. Apakah payudara akan jadi lebih “turun”?

Perlukan Perempuan Memakai Bra? Ini 7 Penjelasannya Lengkapnyastayathomemum.com.au

Masalah ini menuai perdebatan di kalangan para ahli. Ada yang percaya bahwa tidak mengenakan bra akan membuat payudara lebih “turun”. Sedangkan sebagian lainnya meyakini hal yang sebaliknya, tanpa bra, otot payudara akan mengencang. Lalu mana yang benar? 

Sebenarnya masalah payudara menurun akan dialami oleh setiap perempuan seiring dengan bertambahnya usia. Menurut American Society of Aesthetic Plastic Surgery, ini terjadi karena jaringan yang terbuat dari kolagen dan elastin itu perlahan kehilangan kekuatannya dan menjadi lemak. 

Ternyata, bra bukanlah alat yang bisa mencegah masalah ini. Dilansir dari Health.com, bra jenis cup bahkan bisa mempercepat proses penurunan itu karena melemahkan jaringan pendukung dalam payudara. Pengecualian untuk sport bra. Jenis bra tersebutlah yang bisa mencegah penurunan karena ia sangat ketat dan bisa memeluk semua bagian payudara.

6. Payudara terasa sakit terutama saat terkena guncangan, terutama sakit berolahraga

Perlukan Perempuan Memakai Bra? Ini 7 Penjelasannya Lengkapnyapixabay.com/Stocksnap

Berhenti mengenakan bra akan membuat payudara terasa sakit saat terkena guncangan. Misalnya ketika kamu berolahraga, lari, mengendarai kendaraan, dan lain sebagainya. Kenapa bisa begitu?

Dilansir dari Shape, gerakan yang banyak dan besar akan menyebabkan payudara bergerak ke atas dan ke bawah sehingga jaringan di dalamnya akan terasa sakit. Itulah kenapa saat berolahraga, kita disarankan untuk menggunakan sport bra yang lebih kuat dan ketat.

7. Kamu akan lebih sering merasakan sakit punggung

Perlukan Perempuan Memakai Bra? Ini 7 Penjelasannya Lengkapnyathelist.com

Dampak buruk berikutnya adalah sakit punggung, terutama untuk perempuan yang memiliki payudara besar. Kenapa bisa seperti itu? Payudara ternyata merupakan “beban” yang harus diangkut tubuh setiap harinya. 

Dalam hal ini, bra bekerja sebagai alat yang membantu untuk mengangkat beban tersebut. Seperti tas ransel, tapi posisinya di depan. Keabsenan bra akan membuat punggung kita lelah dan kewalahan sehingga terasa sakit. Semakin besar payudara, semakin tidak nyaman untuk tak memakai bra saat beraktivitas.

Itulah plus dan minus yang akan dirasakan saat kamu memilih untuk memakai atau menanggalkan bra. Jadi girls, keputusannya memang ada di tanganmu.  

Baca Juga: Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowing

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya