Comscore Tracker

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan 

Bekas cupang gak mudah dihilangkan

Gigitan atau isapan pada kulit saat bermesraan yang "panas" dengan pasangan terkadang meninggalkan bekas cupang. Tak jarang, tanda serupa memar ini ditinggalkan di bagian leher yang mudah terlihat.

Bekas ini sebenarnya tak perlu dicemaskan, karena ini bukanlah penyakit. Namun, hal ini bisa membuat kita malu jika terlihat oleh seseorang. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas cupang ini? Simak penjelasannya, yuk!

Berapa lama bekas cupang bisa hilang?

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan bekas cupang (vice.com)

Dilansir Cleveland Clinic, dermatolog dr. Alok Vij, M.D. mengatakan bahwa faktor trauma yang menyebabkan bekas cupang lebih kecil dibandingkan faktor trauma memar lainnya. Oleh karena itu, bekas cupang tidak butuh waktu lama untuk hilang, tidak seperti memar lainnya.

Akan tetapi, sebetulnya tidak ada cara cepat atau cara mudah untuk menghilangkan bekas cupang dalam waktu semenit atau sejam. Dengan kata lain, memang butuh waktu untuk hilang. Dokter Vij mengatakan tak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bekas cupang bisa hilang dalam semalam.

Namun, kamu dapat merawatnya agar tidak begitu terlihat dan mempercepat proses penyembuhannya. Dilansir Healthline, inilah 12 cara menghilangkan bekas cupang di leher yang dapat kamu lakukan.

1. Kompres dingin

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi kompres dingin (sanovadermatology.com)

Pertama, kamu bisa mencoba kompres dingin. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan pada bekas cupang. Suhu dingin juga memperlambat aliran darah dari pembuluh darah ke kulit.

Kamu dapat menggunakan kompres es, kain yang direndam air dingin, atau sendok dingin yang dimasukkan ke kulkas sebelumnya. Dengan kompres dingin tersebut, tempelkan ke bekas cupang selama 10 menit beberapa kali sehari selama 2 hari pertama.

2. Kompres hangat

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan kompres hangat untuk memar (stylecraze.com)

Setelah dua hari menggunakan kompres dingin, kamu dapat menggantinya dengan kompres hangat. Mengganti dengan suhu hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah di area bekas cupang. Dengan begitu, bekas cupang dapat hilang lebih cepat. 

Malah, dr. Vij mengatakan bahwa kalau kompres dingin tidak ada efeknya, kamu bisa langsung melakukan kompres hangat. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Isi mangkuk dengan air
  • Panaskan dalam microwave atau rebus sampai cukup hangat, tidak harus sampai mendidih
  • Rendam dua waslap bersih dalam baskom berisi air hangat, lalu ambil satu dan peras
  • Tempelkan ke daerah bekas cupang dan diamkan sampai waslap tersebut kembali ke suhu ruangan
  • Kembalikan waslap tersebut ke dalam mangkuk berisi air hangat dan peras yang satunya. Ulangi 2-3 dengan waslap kedua

Ulangi proses ini tiga atau empat kali dengan durasi 15-20 menit sehari. Jika air dalam mangkuk sudah dingin, kembali hangatkan untuk bisa digunakan lagi. Berapa hari? Berapa pun yang dibutuhkan agar bekas cupang bisa pudar.

3. Pijat lembut

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi pijat leher (today.com)

Kemudian, untuk akselerasi proses penyembuhan bekas cupang, kamu dapat memijat daerah bekas cupang. Pijatan lembut selama beberapa menit per hari dapat mempercepat proses penyembuhan cupang.

Kuncinya adalah pijatan lembut, tidak terlalu keras. Jika kamu memijatnya terlalu keras, bekasnya malah memburuk!

Baca Juga: Mengenal Postcoital Dysphoria, Perasaan Sedih Usai Berhubungan Intim

4. Minyak peppermint

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi peppermint oil (freepik.com/jcomp)

Minyak esensial peppermint dapat membantu merangsang aliran darah ke daerah bekas cupang. Dengan begitu, pembengkakan dapat dicegah dan bekas cupang jadi tidak terlalu kentara. Akan tetapi, pastikan untuk menggunakan minyak esensial yang encer.

Tambahkan sekitar 12 tetes minyak carrier seperti minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam 1-2 tetes minyak esensial peppermint. Cobalah tempel ke kulit di lengan bawah sebelum ke area bekas cupang. Jika tak ada iritasi dalam waktu 24 jam, minyak esensial peppermint aman untuk dioleskan.

Jika sudah tahu keamanannya, oles sedikit minyak esensial peppermint encer ke bekas cupang lalu beri pijatan lembut. Lakukan langkah ini sesering mungkin hingga bekasnya memudar.

5. Vitamin C

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi krim leher atau neck cream untuk memudarkan bekas cupang (freepik.com/freepik)

Vitamin C penting untuk menjaga kesehatan kulit. Ini dikarenakan vitamin C memiliki sifat antioksidan dan dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan memperkuat jaringan kulit di sekitar pembuluh darah.

Menurut sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Thrombosis Research tahun 2000 berjudul "The Effect of Vitamin C Supplementation on Coagulability and Lipid Levels in Healthy Male Subjects", vitamin C dikatakan dapat membantu pembekuan darah. Dengan begitu, memar bisa pudar lebih cepat.

Kamu dapat mengoleskan krim yang mengandung vitamin C ke area bekas cupang setiap hari hingga bekasnya hilang. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C untuk mendapat manfaatnya.

6. Vitamin K

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi krim vitamin K (beardoholic.com)

Selain vitamin C, krim vitamin K terbukti dapat membereskan bekas cupang lebih cepat. Ini dikarenakan vitamin K memainkan peran penting dalam proses pembekuan darah. Oleh karena itu, kamu dapat mengoleskan krim vitamin K ke bekas cupang.

Krim vitamin K lebih disarankan dibandingkan vitamin K oral. Dilansir Cleveland Clinic, bagi pasien yang menggunakan obat anti-koagulan atau pengencer darah, vitamin K memiliki efek samping yang malah bentrok dengan obat tersebut, sehingga obat anti-koagulan tersebut tidak berfungsi.

Baca Juga: Jangan Asal Goyang, 10 Posisi Seks Ini Bisa Bikin Cedera!

7. Arnica

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan tanaman arnica (healthline.com)

Arnica digadang-gadang dapat membantu proses penyembuhan bekas cupang. Meskipun begitu, faktor di balik efektivitas Arnica terhadap memar masih diteliti. Krim topikal dan obat oral Arnica tersedia secara bebas.

Meskipun begitu, Cleveland Clinic juga menyarankan penggunaan Arnica secara topikal. Serupa dengan vitamin K, jika kamu mengonsumsi obat anti-koagulan, efek Arnica bisa berinteraksi dengan obat tersebut.

8. Masker kulit pisang

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi kulit pisang (freepik.com/topntp26)

Bagian dalam kulit pisang kaya akan vitamin dan nutrisi yang dapat menyehatkan kulit dan mengurangi dampak memar. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan kulit pisang sebagai masker ke area bekas cupang.

Usap bagian dalam kulit pisang matang ke bagian yang memar selama 30 menit atau sampai kulit pisang berubah warna jadi cokelat. Ulangi cara ini setidaknya dua kali sehari hingga bekas cupang sembuh.

9. Minyak theobroma (cocoa butter)

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi cocoa butter (byrdie.com)

Sesuai namanya, minyak theobroma atau cocoa butter adalah lemak nabati dari biji kakao. Jika kamu sering beli skin carecocoa butter banyak ditemukan. Bahan ini terbukti dapat menghaluskan bekas luka, stretch mark, kerutan, dan masalah kulit lain.

Ini karena cocoa butter kaya akan asam lemak dan fitokimia yang dapat menyehatkan kulit, meningkatkan kekencangannya, dan memperlambat penuaan. Oleh karena itu, cocoa butter dapat kamu andalkan untuk mempercepat pudarnya bekas cupang. Coba oleskan losion cocoa butter ke bekas cupang sekali atau dua kali sehari.

Baca Juga: 7 Mitos soal Cara Mengukur Penis, Sama Sekali Gak Perlu Dipercaya!

10. Lidah buaya

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi gel aloe vera (freepik.com/jcomp)

Lidah buaya atau aloe vera memiliki khasiat antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri pada memar atau bekas cupang. Kamu bisa mengoleskan gel atau krim lidah buaya ke bekas cupang setidaknya dua kali sehari.

Namun, dr. Vij mengatakan bahwa untuk bekas cupang, lidah buaya tidak terlalu "berdaya", karena hanya sedikit inflamasi, dan lebih ke arah trauma.

11. Nanas

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi buah nanas (today.com)

Saran terakhir adalah dengan menggunakan nanas. Seperti yang kamu tahu, nanas kaya akan enzim bromelain. Selain mengurangi rasa sakit dan nyeri, saat dioleskan ke kulit, bromelain pada nanas meredakan inflamasi dan pembengkakan.

Oleskan sepotong nanas langsung ke area bekas cupang. Kamu dapat melakukannya 4-5 kali sehari. Akan tetapi, hati-hati terhadap iritasi karena nanas bersifat asam.

12. Foundation makeup

12 Cara Menyamarkan Bekas Cupang di Leher, Biar Gak Ditertawakan ilustrasi menutupi bekas cupang dengan makeup (thelist.com)

Seperti memar pada umumnya, bekas cupang dapat hilang dalam waktu mingguan. Selama bekasnya belum hilang, kamu dapat menutupinya dengan menggunakan pakaian yang menutupi leher, atau bisa juga menyamarkannya dengan makeup, misalnya dengan foundation

Itu dia beberapa cara yang ampuh yang terbukti mampu menyamarkan bekas cupang. Hasilnya memang tidak instan, tapi layak dicoba, kan?

Baca Juga: 5 Fakta Kondom, Tak Sekadar sebagai Pencegah Kehamilan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya