Comscore Tracker

7 Alasan Mengapa Pasanganmu Tertidur Usai Sesi Bercinta

Jangan buru-buru kesal saat gak sempat afterplay

Bagi sebagian orang, afterplay setelah sesi bercinta yang intens gak kalah penting dari seks itu sendiri. Sentuhan, pelukan hangat, dan obrolan ringan bisa membuat ikatan suami istri semakin erat. Namun, tak jarang kamu atau pasanganmu justru langsung tertidur usai berhubungan intim. Artinya, kesempatan untuk bonding lewat afterplay pun pupus.

Nah, kalau hal ini terjadi, jangan buru-buru kesal pada pasangan. Ini adalah hal yang wajar, dan bukan berarti dia gak tertarik untuk melakukan afterplay. Ini dia beberapa alasan mengapa pasanganmu langsung tertidur usai sesi bercinta.

1. Baru saja menjalani hari yang melelahkan

7 Alasan Mengapa Pasanganmu Tertidur Usai Sesi BercintaPexels/veerasak Piyawatanakul

Dikutip dari Insider, tertidur setelah berhubungan badan itu wajar loh, terutama jika kamu atau pasangan kamu baru pulang bekerja. Apalagi waktu yang ideal untuk berhubungan badan adalah di malam hari. Terlebih, ketika melakukan hubungan intim, tenaga kalian akan terkuras.

Itu artinya, kalian berdua telah melalui hari yang panjang dengan segudang aktivitas. Maka dari itu, wajar jika fisik kalian sangat kelelahan dan mengakibatkan kamu atau pasangan kamu langsung tertidur tepat setelah melakukan 'adegan dalam film biru.'

2. Lelah karena tekanan dan aliran darah meningkat

7 Alasan Mengapa Pasanganmu Tertidur Usai Sesi BercintaUnsplash.com/Kyle Glenn

Usut punya usut, rupanya tekanan beserta aliran darah kamu akan meningkat selama berhubungan badan. Bahkan, seorang terapis seks bernama Dr. Debra Laino menyatakan kalau berhubungan seks itu setara dengan melakukan jenis olahraga apapun. Alhasil, seks dapat membuat kamu semakin lelah.

3. Otak mengeluarkan oksitosin yang membuat kamu lelah

7 Alasan Mengapa Pasanganmu Tertidur Usai Sesi Bercintaunsplash.com/Skyler King

Saat berhubungan badan, otak akan melepaskan hormon yang biasa disebut sebagai oksitosin. Nah, oksitosin ini akan meningkatkan gairah dan kegembiraan kamu dalam menjalankan aktivitas seks.

Namun, ketika kamu sudah mencapai orgasme, maka hormon oksitosin akan menghilang. Akibatnya, kamu akan merasa sangat lelah. Sebenarnya tidak hanya oksitosin saja, ada hormon lainnya yang turut berperan seperti vasopresin, prolaktin, serotonin, oksida nitrat, hingga endorfin.

Baca Juga: Jangan Asal Goyang, 10 Posisi Seks Ini Ternyata Bisa Berbahaya!

4. Pria lebih rentan capek

7 Alasan Mengapa Pasanganmu Tertidur Usai Sesi Bercintakpopping.com

Mencapai puncak orgasme dengan mengeluarkan sperma merupakan hal yang wajar bagi pria. Lebih-lebih, Dr. Lawrence Siegel si pendidik di bidang seks yang sudah bersertifikat mengungkapkan kalau pria akan mengalami kecapekan yang luar biasa setelah orgasme.

Di lain sisi, wanita justru sangat sensitif terhadap efek adrenalin atau stimulan yang masuk. Sehingga, jangan heran jika wanita malah menjadi lebih energik setelah mencapai orgasme dalam hubungan badan.

5. Melakukan seks dengan orang yang kamu percaya

7 Alasan Mengapa Pasanganmu Tertidur Usai Sesi Bercintaelitedaily.com

Umumnya, kamu pasti melakukan seks dengan orang yang kamu percaya, seperti pasangan sendiri. Alhasil, tubuh kamu akan menjadi jauh lebih rileks ketika melakukan aktivitas itu dengan orang yang kamu percaya. Sebab, kondisi itu akan mendukung otak kamu untuk tetap tenang alias tidak perlu waspada.

Dengan begitu, kamu akan melakukan hubungan badan dengan tenang, nyaman, dan merasa aman. Pasalnya, semua itu juga berdampak pada mudah terlelapnya seseorang pasca-seks loh!.

6. Sedang stres

7 Alasan Mengapa Pasanganmu Tertidur Usai Sesi BercintaUnsplash/Christian Erfurt

Tertidur setelah seks akan semakin wajar jika kamu sedang dalam kondisi stres. Menurut Dr. Laino, banyak pasangan yang melakukan hubungan badan untuk melepas perasaan stres mereka. Oleh karena itu, setelah ejakulasi atau mengalami orgasme, kamu akan menjadi sangat lelah sehingga tanpa sadar akan langsung tertidur.

7. Tertidur adalah respon alami

7 Alasan Mengapa Pasanganmu Tertidur Usai Sesi Bercintayummymummyclub.ca

Banyak ilmuwan yang percaya bahwa wajar jika kamu tertidur setelah berhubungan seks. Hal ini dikarenakan itu adalah respons yang alami terjadi setelah berhubungan badan. Tidak hanya itu, survei juga menunjukkan kalau 48 persen dari 10 ribu pria di Inggris langsung tertidur setelah melakukan seks.

Itulah sejumlah alasan mengapa pasanganmu langsung tertidur usai bercinta. Jika ia memang tengah mengalami hari yang melelahkan, hal ini memang patut dimaklumi. Tapi, jika dia tidak menunjukkan tanda-tanda tertarik afterplay, sebaiknya segera komunikasikan dengannya, ya!

Baca Juga: Disunat atau Tidak, Ini Perbedaan Dampaknya bagi Pria!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya