Comscore Tracker

Waduh, 8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Penis Menyusut Secara Permanen!

Hal ini dikenal sebagai atrofi penis

Penis punya kemampuan membesar dan menyusut sesuai kebutuhan, dalam hal ini terkait dengan aktivitas seks. Dalam keadaan rileks pun, ukuran penis juga masih dapat dipengaruhi oleh suhu sekitarnya.

Namun, ada beberapa kondisi yang membuat ukuran penis menyusut secara permanen. Hal ini dikenal sebagai penile atrophy atau atrofi penis. Ini merupakan kondisi di mana penis kehilangan jaringan ototnya yang luas.

Lantas, apa saja hal yang bisa menyebabkan penyusutan permanen pada penis? Berikut penjelasannya!

1. Ereksi dapat mempengaruhi menyusut tidaknya penis

Waduh, 8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Penis Menyusut Secara Permanen!pepper.ph

Ini adalah hal umum yang diketahui para pria. Setiap pria yang normal pasti mengetahui kondisi ereksi atau saat mengalami rangsangan seksual.

Dalam tulisan The Sun, ukuran penis seseorang bisa berkembang hingga lima cm lebih panjang ketimbang saat normal. Tentu saja ini tidak bisa disamakan untuk tiap orang mengingat mereka memiliki ukuran “senjata” yang berbeda.

Namun, ketika seseorang mengalami disfungsi atau jarang mengalami ereksi, hal ini bisa menimbulkan atrofi penis.

2. Umur menjadi faktor utama penyusutan secara permanen

Waduh, 8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Penis Menyusut Secara Permanen!brutalbeard.ru

Sebenarnya di dunia medis penyusutan alat kelamin ini bukanlah hal yang mengejutkan dan semua orang bisa mengalaminya. Salah satu penyebab utamanya adalah masalah penuaan.

Medical News Today menjelaskan semakin bertambahnya usia, lemak pun perlahan-lahan mulai berkumpul di pembuluh darah. Itu menyebabkan berkurangnya aliran darah menuju penis. Hasil dari situasi ini menyebabkan otot-otot penis melemah, membuat penisnya mengecil.

3. Bekas luka juga bisa menimbulkan penyusutan

Waduh, 8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Penis Menyusut Secara Permanen!nano-magazine.com

Apakah kamu pernah mendapatkan luka di area alat kelaminmu? Berhati-hatilah, bekas luka tersebut membuat adanya penumpukan jaringan.

Akumulasi dari penumpukan jaringan ini akan mempengaruhi bagian jaringan ereksi penis yang kenyal dan itu menyebabkan penis menyusut serta membatasi ukuran ereksi. Luka ini bisa disebabkan berbagai hal: hubungan seksual, olahraga, kecelakaan.

4. Berat badan yang bertambah pun berpengaruh

Waduh, 8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Penis Menyusut Secara Permanen!medicalnewstoday.com

Berat badan yang naik akan menurunkan bagian perut. Ini bisa menyebabkan alat kelaminmu tampak mengecil walau kenyataannya tidak. Ketika kamu berdiri, perut akan melebar dan itu akan menarik alat kelamin tersebut ke bagian dalam.

Penebalan bantalan lemak adalah yang harus disalahkan akibat hal ini. Namun kamu bisa mengembalikannya dengan menurunkan berat badanmu tersebut.

Baca Juga: Disunat atau Tidak, Ini Perbedaan Dampaknya bagi Pria!

5. Operasi prostat juga dapat membuat ukuran penis menjadi lebih kecil

Waduh, 8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Penis Menyusut Secara Permanen!samadimd.com

Salah satu jurnal dari nature.com menuliskan bahwa 71 persen pria yang menjalani operasi prostat mengalami penyusutan penis. Para peneliti tidak memahami dan tidak bisa menjelaskan secara detail mengapa hal ini bisa terjadi. Beberapa hanya bisa berhipotesis bahwa itu diakibatkan pemendekan tabung uretra yang sebenarnya berhubungan langsung dengan kandung kemih.

6. Ketimbang mengecil, penyakit Peyronie menyebabkan penis membengkok

Waduh, 8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Penis Menyusut Secara Permanen!imgur.com

Penyakit Peyronie adalah penyakit yang menyebabkan penis seorang pria membengkok ketika ereksi. Menurut Medical News Today, ini disebabkan oleh jaringan di dalam otot alat kelamin dan itu bisa sangat menyakitkan bagi penderitanya. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), penyakit ini menyerang 23 persen pria berumur 40 hingga 70 tahun. Akibat penyakit ini, ukuran alat kelamin pria pun bisa berkurang.

7. Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok cenderung menurunkan ukuran alat kelamin

Waduh, 8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Penis Menyusut Secara Permanen!verywellmind.com

Peneliti di Boston University of Medicine pernah melakukan penelitian terkait hal ini. Mereka mengamati penis 200 partisipan pria yang mengalami ereksi dan menemukan para perokok memiliki ukuran yang lebih kecil daripada mereka yang bersih dari konsumsi tembakau tersebut. Sebagai tambahan terdapat studi di 1998 yang mengatakan jika merokok mengganggu aliran darah ke bagian privat tersebut hingga menghentikan penis dari meregang.

8. Percaya tidak percaya, obat yang kamu konsumsi juga bisa mempengaruhi hal itu

Waduh, 8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Penis Menyusut Secara Permanen!mcmasteroptimalaging.org

Obat-obatan yang umumnya untuk menenangkan seseorang, seperti anti-depresan atau anti-psikotik, sedikit banyak akan memberikan pengaruh terhadap penyusutan penis. Hasil penelitian yang dilaporkan pada Journal of Sexual Medicine di 2012 menyebutkan pria yang meminum obat untuk mengatasi pembesaran prostat memiliki ukuran penis yang lebih kecil dan lebih tidak sensitif. Sedangkan laporan studi di 2014 yang dirilis jurnal Urology malahan menyebutkan mereka yang meminum obat-obatan serupa mengalami disfungsi seksual.

Itu dia beberapa faktor yang menyebabkan ukuran penis mengalami penyusutan. Penis yang mengalami atrofi masih memiliki kemungkinan untuk kembali ke ukuran normal, tergantung dari penyebabnya. Jika kamu merasa mengalami hal ini, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan spesialis agar solusinya bisa tepat sasaran.

Baca Juga: Penis Melengkung Berpotensi Meningkatkan Risiko Kanker, Kok Bisa?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya