Comscore Tracker

Yuk Kenali 5 Alasan Kesehatan Penyebab Tubuhmu Cepat Lelah  

Tubuh mudah lelah merupakan salah satu tanda penyakit!

Kelelahan bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti terlalu banyak melakukan aktivitas fisik atau kurang sehat. Rasa lelah ini wajar dan bisa diatasi dengan istirahat. Namun saat kamu sudah cukup istirahat tetapi masih merasa lelah, mungkin tubuhmu memiliki masalah kesehatan. Berikut beberapa penyebab rasa lelah di tubuhmu sulit untuk dihilangkan. 

1. Anemia

Yuk Kenali 5 Alasan Kesehatan Penyebab Tubuhmu Cepat Lelah  ilustrasi orang mengalami pusing (pexels.com/Ron Lach)

Anemia dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mudah lelah. Anemia merupakan gejala klinis yang umum dimana volume sel darah merah dalam darah menurun dan lebih rendah dari batas bawah kisaran normal.

Jika tubuhmu kelelahan kronis, disertai dengan sakit kepala, sulit berkonsentrasi, detak jantung yang cepat, dan insomnia, sebaiknya kamu segera mencari bantuan medis karena bisa jadi itu tanda kamu mengalami anemia.

2. Tiroid tidak normal

Yuk Kenali 5 Alasan Kesehatan Penyebab Tubuhmu Cepat Lelah  ilustrasi orang dengan gejala tiroid tidak normal (pexels.com/Gerd Altmann)

Tiroid yang tidak teratur dapat menyebabkan tubuh mudah merasa lelah. Gejala tiroid yang tidak normal seperti rambut dan kulit kering, kuku rapuh, mata bengkak, suara serak, detak jantung cepat, perubahan suasana hati, dan lekas marah. Jika kamu mengalami gejala seperti ini, pastikan segera memeriksakan ke dokter.

Baca Juga: 5 Cara Tetap Segar saat Cuaca Panas, Gak Sulit Dilakukan!

3. Menderita diabetes 

Yuk Kenali 5 Alasan Kesehatan Penyebab Tubuhmu Cepat Lelah  ilustrasi orang mengecek gula darah (pexels.com/PhotoMIX Company)

Apakah kamu sering merasa lelah dan lemas, haus, sering buang air kecil, pandangan kabur, berat badan turun secara tiba-tiba, mudah marah? Jika demikian, kamu perlu segera memeriksakan kadar gula darahmu karena itu salah satu tanda kamu menderita diabetes.

4. Depresi

Yuk Kenali 5 Alasan Kesehatan Penyebab Tubuhmu Cepat Lelah  ilustrasi orang depresi (pexels.com/Daniel Reche)

Apakah kamu terus-menerus merasa tidak berdaya, sulit berkonsentrasi dan tidur, sering flashback, putus asa, tidak ingin bersosialisasi, serta sering mengunci diri di kamar? Jika demikian, kemungkinan kamu menderita depresi. Untuk mengatasi masalah ini, segera cari pertolongan medis.

5. Kekurangan vitamin B12

Yuk Kenali 5 Alasan Kesehatan Penyebab Tubuhmu Cepat Lelah  ilustrasi orang kelelahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

B12 membantu meningkatkan energi tubuh. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelelahan, masalah fisik dan mental. Sumber vitamin B12 terbaik termasuk telur, ayam, dan ikan.

Nah itu dia alasan-alasan mengapa tubuhmu kelelahan. Jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter jika kamu merasakan gejala-gejala di atas ya!

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Rambut Kemaluan, Bolehkan Dicukur? 

Wida Permata Photo Community Writer Wida Permata

Penulis yang masih belajar untuk menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya