Comscore Tracker

Banyak Orang Indonesia Mengidap Diabetes, Ini 7 Alasannya Menurut Ahli

Saatnya menjalankan gaya hidup yang lebih sehat

Salah satu momok yang ditakuti manusia modern adalah penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit akibat pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat. Penyakit ini  terbagi menjadi diabetes tipe 1 dan 2.

Diabetes tipe 1 disebabkan autoimun yang keliru menyerang dan menghancurkan sel-sel beta di pankreas. Sementara, diabetes tipe 2 adalah resistensi insulin yang menyebabkan pankreas berlebihan memproduksi insulin sehingga seseorang mengalami gula darah tinggi atau biasa disebut kencing manis.

Lantas, mengapa banyak orang Indonesia yang mengidap diabetes? Menurut Federasi Diabetes Internasional pada 2015, sebanyak 10 juta orang Indonesia berusia 20-79 tahun mengalami diabetes. Namun, hanya separuh yang menyadari kondisinya ini.

Kenapa bisa begitu? Berikut ulasan selengkapnya!

1. Orang Indonesia sering makan nasi tiga kali sehari

Banyak Orang Indonesia Mengidap Diabetes, Ini 7 Alasannya Menurut Ahliunsplash.com/Pille-Riin Priske

Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi putih. Hanya saja, kebiasaan makan nasi yang berlebihan ternyata berisiko lho. Seseorang yang mengonsumsi nasi putih lebih dari lima kali dalam seminggu berisiko 17 persen lebih tinggi mengidap diabetes tipe 2 dibandingkan dengan seseorang yang makan nasi hanya sebulan sekali.

Risiko ini pun akan meningkat 10 persen jika seseorang makan nasi setiap harinya, seperti kebiasaan orang Indonesia. Adapun, indeks glikemik nasi putih adalah 86, lebih besar dari beras merah yang hanya 55.

2. Suka minum-minuman manis

Banyak Orang Indonesia Mengidap Diabetes, Ini 7 Alasannya Menurut Ahlipixabay.com

Berita buruk untuk kamu yang suka minum-minuman manis, seperti teh, kopi atau jus. Sebenarnya, penyebab utama dari kebiasaan ini adalah kandungan gula pasir yang kamu tambahkan dalam minumanmu. Gak hanya itu, makanan kemasan yang sering dijajakan di warung atau pusat perbelanjaan pun memiliki kandungan gula yang tinggi.

Padahal, gula adalah karbohidrat sederhana yang dapat menaikkan gula darah. Hal ini meningkatkan risiko orang terkena diabetes tipe 2.

3. Suka makan-makanan cepat saji

Banyak Orang Indonesia Mengidap Diabetes, Ini 7 Alasannya Menurut Ahlipexels.com/@pixabay

Makanan cepat saji, seperti hamburger, ayam goreng dan kentang goreng memang nikmat. Namun, kebiasaan mengonsumsi makanan ini juga buruk untuk kesehatanmu. Itu karena kandungan kolesterol yang tinggi pada makanan-makanan tersebut sehingga kamu rentan mengalami diabetes.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!

4. Suka duduk dan malas gerak

Banyak Orang Indonesia Mengidap Diabetes, Ini 7 Alasannya Menurut Ahliunsplash.com

Orang Indonesia malas gerak dan jalan mungkin karena gak didukung dengan infrastruktur jalan yang baik. Ketimbang jalan kaki, lebih suka naik transportasi umum atau gak keluar rumah sekalian. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Stanford, Indonesia menempati posisi teratas sebagai penduduk yang paling malas berjalan kaki dengan skor 3.513 langkah per hari.

Kurangnya gerak menyebabkan kalorimu gak berkurang sehingga terjadi penumpukan lemak, peningkatan kadar darah dan kolesterol. Jika dibiarkan, kebiasaan ini akan memicu diabetes. Gak hanya itu, kamu pun berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

5. Kegemukan yang dibiarkan

Banyak Orang Indonesia Mengidap Diabetes, Ini 7 Alasannya Menurut Ahliunsplash.com/rawpixel

Postur tubuh gak hanya memengaruhi penampilan, tapi juga kesehatan. Kegemukan yang dibiarkan hanya akan membuat lemak di tubuhmu berlebihan. Padahal, ini meningkatkan kemungkinan untuk tubuhmu mengalami resistensi insulin.

6. Diabetes adalah penyakit yang bisa ditularkan kepada anak-cucu

Banyak Orang Indonesia Mengidap Diabetes, Ini 7 Alasannya Menurut Ahlipexels.com/Daria Shevtsova

Kamu lebih berisiko untuk terkena diabetes tipe 2 apabila orangtuamu juga mengidapnya. Sementara, jika kamu mengidapnya, kamu pun akan berisiko untuk menurunkannya kepada anak-cucumu. Untuk itu, ayo cegah jangan sampai kamu mengidapnya ya.

7. Faktor ras

Banyak Orang Indonesia Mengidap Diabetes, Ini 7 Alasannya Menurut AhliPexels.com/Afta Putta Gunawan

Meski belum diketahui penyebabnya, ada ras tertentu uang cenderung memiliki risiko diabetes tipe 2 dibandingkan ras kulit putih, seperti ras kulit hitam, Hispanik, Indian Amerika dan Asia-Amerika.

Itulah sejumlah alasan mengapa banyak orang Indonesia menderita penyakit diabetes. Hati-hati, mungkin penyakit ini mengintaimu juga. Cegah dari sekarang lewat pola hidup yang lebih sehat

Baca Juga: Harus Diatur, 10 Tip Memilih Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya