Comscore Tracker

3 Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Sesuai Rujukan WHO

Gak usah khawatir kehabisan, bisa bikin sendiri kok

Gara-gara virus corona menjadi pandemi, masker dan hand sanitizer pun menjadi barang langka. Padahal, keduanya menjadi senjata ampuh untuk menghindari penularan COVID-19.

Kalau kamu susah menemukan hand sanitizer di apotek maupun supermarket, tenang, kamu bisa membuatnya sendiri, kok. Berikut beberapa cara mudah untuk membuat hand sanitizer semprot berdasarkan rujukan WHO.

1. Sediakan alkohol dengan konsentrasi 60-70 persen

3 Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Sesuai Rujukan WHOunsplash/@brett_jordan

Sediakan botol kecil ukuran 30 ml untuk menjadi wadah hand sanitizer semprotmu. Lalu, isi dengan rubbing alcohol yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus. WHO sendiri merekomendasikan penggunaan rubbing alcohol sebanyak 60-70 persen.

Dikutip dari cdc.gov, penelitian menemukan bahwa hand sanitizer dengan konsentrasi alkohol sebanyak 60-95 persen lebih efektif untuk membunuh kuman. Sementara, hand sanitizer dengan alkohol di bawah angka tersebut memiliki dua kemungkinan, yaitu: (1)  mereka mungkin gak bekerja dengan baik untuk banyak jenis kuman; dan (2) mereka cuma bisa mengurangi pertumbuhan kuman saja bukan membasmi secara langsung.

2. Cara pertama

3 Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Sesuai Rujukan WHOPenyediaan hand sanitizer di lingkungan UGM. IDN Times/Siti Umaiyah

Formula hand sanitizer yang pertama bisa dihasilkan melalui konsentrasi akhir etanol sebanyak 833,3 ml dengan konsentrasi 96 persen, gliserol 14,5 ml dengan konsentrasi 98%, dan hidrogen peroksida (H202) sebanyak 41,7 persen dengan konsentrasi 3 persen.

Tuang semua bahan tersebut dalam botol ukuran 1000 ml. Lalu, campur dengan air yang telah direbus dan didinginkan.

3. Cara kedua

3 Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Sesuai Rujukan WHOedition.cnn.com

Formula yang kedua bisa dihasilkan dengan cara mencampur 3 bahan, yaitu: isopropil alkohol sebanyak 751,5 ml dengan kemurnian 99,8 persen, gliserol sebanyak 14,5 ml dengan konsentrasi 98 persen, dan hydrogen peroxide (H2O2) sebanyak 41,7 persen dengan konsentrasi 3 persen.

Sama seperti formula sebelumnya, campur kandungan tersebut dengan air yang sudah didihkan dan didinginkan pada botol ukuran 1000 ml.

4. Cara ketiga

3 Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Sesuai Rujukan WHOPixabay/mozo190

Cara ketiga adalah cara yang paling sederhana. Kamu bisa mencampur alkohol (rubbing/isopropyl atau ethyl/etanol) kamu bisa langsung menggunakannya dengan mengusapnya di tanganmu, lalu keringkan secara alami.

Miryam Warhman, seorang professor biologi di William Paterson University memberikan saran terkait pembuatan hand sanitizer. Agar tanganmu gak terlalu kering, kamu bisa menambahkan beberapa tetes kandungan aloe vera di dalamnya selama kandungan alkoholnya gak kurang dari 60 persen. "If you drop below 60 percent, the effectiveness drops very dramatically," ujarnya.

Kamu juga bisa langsung menggunakan aloe vera gel setelahnya. Kandungan lidah buaya dipercaya bisa melembutkan, melembapkan, sekaligus membunuh bakteri. Banyak banget ya kandungan bermanfaatnya!

5. Beri sedikit ruang pada botol, tutup dan kocok agar rata

3 Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Sesuai Rujukan WHOiagriffith.com

Langkah terakhir dari 3 formula tersebut adalah jangan lupa untuk menyisakan sedikit ruang pada botol. Tutup botol dengan rapat dan kocok agar kandungannya merata. Jadi deh!

WHO juga menyarankan untuk memberikan label di botol hand sanitizer-mu, seperti tanggal produksi dan kandungan di dalamnya.

Nah, ternyata hand sanitizer bisa dibuat sendiri dengan cukup mudah, bukan? Gak perlu kebingungan saat kehabisan. Coba, yuk!

Baca Juga: 5 Manfaat Tersembunyi dari Hand Sanitizer, Sudah Tahu Belum?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya