Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sepele yang Mengganggu Pola Tidur, Jangan Lakukan!

Sering susah tidur? Coba cek ini, deh

Setiap orang membutuhkan waktu istirahat yang cukup setiap harinya. Salah satu cara mencukupinya adalah dengan tidur di malam hari.

Tidur ternyata memiliki fungsi yang penting, lho. Jika siklusnya terganggu, hal ini bisa berdampak pada aktivitas maupun kesehatan fisik dan mental kita. 

Namun, tahukah kamu jika ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa mengganggu pola tidurmu sehari-hari? Ini bisa menjadi akar dari masalah tidur yang kamu alami. Yuk, simak!

1. Tidur pada waktu yang tidak menentu setiap malam

5 Kebiasaan Sepele yang Mengganggu Pola Tidur, Jangan Lakukan!unsplash.com/Julian Hochgesang

Jam berapakah kamu tidur setiap harinya? Jika jam tidurmu tidak menentu, hal ini ternyata bisa memengaruhi kualitas tidurmu.

Dilansir laman The Ladders, kebiasaan begadang atau tidak memiliki waktu tidur yang konsisten bisa menurunkan kreativitas dan fungsi kognitif. Semakin sering kamu tidak tidur dengan teratur, kamu lebih sulit tidur dan kualitas tidur yang diperoleh akan lebih rendah.

Sebaliknya, jika kamu pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam, tubuh akan terbiasa dengan rutinitas dan kamu akan merasa relatif mudah untuk tertidur di jam-jam yang sama. Ketika kamu mengikuti jadwal tidur yang teratur, esoknya kamu bisa lebih siap dalam melakukan berbagai aktivitas.

2. Menggunakan gadget sebelum tidur

5 Kebiasaan Sepele yang Mengganggu Pola Tidur, Jangan Lakukan!unsplash.com/freestocks

Banyak orang yang memiliki kebiasaan menggunakan smartphone untuk bermain game, menonton video, atau sekadar berselancar di media sosial sebelum tidur.

Padahal, menurut laman Sleep Advisor Magazine, cahaya dari layar yang dihasilkan gadget ini akan membuat kamu tetap terjaga. Alhasil, kamu jadi sulit tidur dan berpotensi membuat kamu sulit bangun pagi esok harinya.

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang menonton televisi atau menggunakan laptop. Jadi, cobalah untuk menghindari gadget 1 atau 2 jam sebelum waktu tidur.

Baca Juga: Ini Aturan Tidur Siang yang Benar, Biar Tetap Produktif!

3. Melakukan olahraga berat sebelum tidur

5 Kebiasaan Sepele yang Mengganggu Pola Tidur, Jangan Lakukan!unsplash.com/Rawan Yasser

Karena alasan kesibukan, banyak orang yang gak sempat berolahraga di pagi atau sore hari. Akhirnya mereka berolahraga pada malam hari. Padahal, olahraga berat sebelum tidur ini justru bisa bikin kamu sulit tidur.

Dikutip dari laman The Better Sleep Council, olahraga yang intens meningkatkan suhu tubuh dan memicu pelepasan endorfin. Selain itu, hal tersebut juga dapat meningkatkan kadar kortisol yang membuat kamu sulit tidur.

Sebenarnya, olahraga secara teratur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Akan tetapi, suhu inti tubuh perlu turun terlebih dahulu agar kamu bisa tidur nyenyak. Jadi, untuk yang terpaksa harus olahraga di malam hari, pastikan kamu berolahraga maksimal 2 jam sebelum tidur dan jangan berolahraga larut malam.

4. Bekerja sampai memasuki jam tidur 

5 Kebiasaan Sepele yang Mengganggu Pola Tidur, Jangan Lakukan!unsplash.com/Icons8 Team

Bagi yang workaholic, kamu pasti terbiasa bekerja sampai larut malam atau sampai kamu benar-benar lelah. Perlu kamu ketahui, kebiasaan ini justru membuat kamu sulit tidur dengan nyenyak.

Menurut laman Sleep Advisor Magazine, otak membutuhkan waktu untuk beristirahat dan rileks baru kemudian disusul dengan kantuk dan tidur. Oleh sebab itu, 1 jam sebelum memasuki waktu tidur, singkirkan semua pekerjaan berat dan ganti dengan aktivitas yang membuatmu lebih santai, seperti membaca buku.

5. Makan dalam porsi besar sebelum tidur 

5 Kebiasaan Sepele yang Mengganggu Pola Tidur, Jangan Lakukan!Unsplash.com/Mike Mayer

Konsumsi kudapan kecil sebelum tidur sebenarnya tidak masalah, tetapi makan makanan besar di jam-jam tidur bisa mengganggu waktu tidurmu karena tubuh harus bekerja untuk mencernanya, menurut National Sleep Foundation.

Akibatnya, kamu bisa merasa mulas atau mengalami gangguan pencernaan lainnya di malam hari. Selain itu, langsung tidur setelah makan dapat mendorong asam lambung kembali ke kerongkongan yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Nah, itu dia sejumlah kebiasaan yang sebaiknya tidak kamu lakukan menjelang tidur. Hal ini demi menjaga pola tidur yang teratur dan berkualitas. Buat kamu yang masih sering melakukannya, yuk kurangi!

Baca Juga: Ini 7 Fakta Hypnic Jerks, Sensasi Terjatuh Saat Tidur

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Tidak Baik bagi Tubuh

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya