Comscore Tracker

7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!

Kalau salah, bisa tambah parah

Luka diabetes yang kerap menyerang area kaki menjadi momok yang mengerikan bagi penderitanya. Pasalnya, penyembuhannya butuh waktu lama. Bila tak ditangani dengan benar, luka tersebut justru bisa mengalami infeksi, bahkan berujung amputasi. 

Oleh karena itu, lakukan beberapa cara merawat luka diabetes yang baik dan benar berikut ini.

1. Bersihkan luka

7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!myoutdoorslife.com

Adapun langkah pertama yang bisa dilakukan ketika mendapatkan luka adalah membersihkan luka dari kotoran dengan air yang mengalir dan sabun. Setelah itu, keringkan dan oleskan luka dengan salep antibiotik yang direkomendasikan dokter agar luka terbebas dari kuman. Jangan lupa untuk mengganti pembalut luka secara berkala agar kondisi luka terjaga kebersihannya.

2. Kurangi tekanan pada luka

7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!safeandsoundhealth.co.uk

Hindari memberikan tekanan pada daerah luka karena dapat membuatnya bertambah parah. Jika luka terdapat di telapak kaki, sebaiknya gunakan bantalan yang empuk atau alas kaki khusus agar tidak memperburuk kondisi luka. Selain itu, jika luka berada pada anggota tubuh usahakan jangan mengenakan pakaian ketat karena hal tersebut juga dapat memberikan tekanan pada luka.

3. Perhatikan tanda-tanda infeksi

7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!everydayhealth.com

Terjadinya infeksi pada luka diabetes biasanya akan dimulai dengan beberapa gejala yang umum, seperti demam, rasa sakit, kemerahan, pembengkakan, dan rasa hangat di sekitar luka. Selain itu, infeksi juga bisa ditandai dengan luka yang berair, bernanah, serta bau tidak sedap. Ketahui tanda infeksi secepat mungkin agar luka tidak semakin parah.

Baca Juga: 9 Penyebab Diabetes yang Bisa Dialami Semua Orang, Cegah dari Sekarang

4. Hindari kontak fisik pada luka

7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!medicalnewstoday.com

Selain menghindari tekanan, salah satu usaha untuk merawat luka diabetes lainnya adalah dengan tidak melakukan kontak fisik pada luka. Sebab, hal tersebut dapat memperburuk kondisi luka dan bahkan menyebabkan infeksi.

5. Penuhi asupan makanan

7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!newvitalitymedical.com

Salah satu cara untuk mempercepat proses penyembuhan luka adalah dengan memerhatikan asupan nutrisi harian pada tubuh. Umumnya, nutrisi yang penting untuk merawat luka diabetes adalah protein. Sebab, protein diketahui dapat membantu memperbaiki jaringan kulit dan jaringan tubuh lainnya saat mengalami kerusakan.

6. Rawat dan periksa luka secara berkala

7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!rd.com

Meski seorang penderita hanya mengalami luka kecil, akan tetapi hal tersebut tetap tidak dapat diremehkan. Sebab, luka kecil yang tidak dirawat dengan baik dan benar akan menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, perlu perawatan luka secara berkala bagi penderita diabetes agar benar-benar dapat tenang dari bahaya infeksi.

7. Hubungi dokter

7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!naturesfirstpath.com

Jika luka tidak membaik dalam waktu 48 jam, maka penderita disarankan untuk segera menghubungi dokter. Sebab, dalam kondisi tersebut bisa saja luka berkembang menjadi semakin parah hingga sulit untuk ditangani.

Pengidap diabetes tentu patut berhati-hati agar tidak mengalami luka, terutama pada area kaki yang sirkulasi darahnya paling tidak lancar. Namun jika terlanjur luka, cara-cara di atas bisa membantu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Diabetes yang Ampuh, Wajib Tahu Sedini Mungkin!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya