Comscore Tracker

Penderita Maag Tetap Lancar Puasa, Lakukan 6 Tips Ini!

Maag gak perlu lagi jadi alasan gak puasa

Berpuasa menjadi kewajiban umat Muslim di bulan Ramadan. Namun, hal ini menjadi dilema bagi mereka yang memiliki sakit maag, sebab puasa membuat pola makan berubah. Dari yang biasa makan tiga kali sehari, menjadi dua kali saja.

Bagi penderita maag, asam lambung akan meningkat jika perut terlambat diisi. Gejala maag seperti nyeri, mual, dan kembung pun muncul. Walaupun begitu, para penderita penyakit ini aman untuk berpuasa. Bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa puasa adalah obat untuk maag.

Tidak semua penderita maag dianjurkan berpuasa

Penderita Maag Tetap Lancar Puasa, Lakukan 6 Tips Ini!princetonhcs.org

Maag atau disepsi bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional lebih banyak dipengaruhi oleh kebiasaan. Misalnya tidak makan teratur, makan makanan yang memicu asam lambung, minum minuman bersoda, hingga merokok.

Sedangkan maag organik disebabkan karena adanya kelainan pada organ tubuh yang menimbulkan rasa nyeri di area perut. Misalnya, kelainan pankreas, polip atau kanker di organ pencernaan, dan lain-lain.

Penderita maag fungsional bisa membaik saat berpuasa

Penderita Maag Tetap Lancar Puasa, Lakukan 6 Tips Ini!spineuniverse.com

Pada umumnya, orang dengan maag fungsional diperbolehkan untuk berpuasa. Bahkan puasa bisa membuat pola makan menjadi lebih teratur, mengurangi makanan yang berlemak dan memicu asam lambung, serta mengurangi merokok. Sementara untuk penderita maag organik, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Sebab, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Berikut ini tips berpuasa yang bisa diikuti jika kamu memiliki riwayat penyakit maag fungsional.

Baca Juga: 10 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sahur, Bikin Puasa Gak Nyaman

1. Jangan lewatkan sahur

Penderita Maag Tetap Lancar Puasa, Lakukan 6 Tips Ini!thenational.ae

Bagi penderita maag, sahur menjadi sangat penting. Gejala maag pada umumnya bisa dicegah dengan sahur. Sebab, di siang hari, lambung akan mencerna makanan yang kamu konsumsi saat sahur. Selain itu, saat sahur kamu harus menghindari makanan yang memicu gejala maag.

2. Berbuka puasa dengan tepat waktu

Penderita Maag Tetap Lancar Puasa, Lakukan 6 Tips Ini!amazonaws.com

Segeralah buka puasa saat waktu magrib tiba. Selain disunahkan, menyegerakan berbuka puasa penting untuk mencegah kambuhnya maag. Akan lebih baik jika kamu sedia makanan dan minuman untuk berjaga-jaga. Misalnya kamu sedang terjebak macet, kamu tidak perlu khawatir terlambat berbuka puasa.

Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein dan makanan yang tingkat asamnya tinggi. Sebab, keduanya akan meningkatkan asam lambung kamu.

3. Konsumsi makanan yang lambat dicerna terutama saat sahur

Penderita Maag Tetap Lancar Puasa, Lakukan 6 Tips Ini!Popsugar.com

Makanan yang lambat dicerna biasanya mengandung serat yang tinggi. Ini bertujuan agar tubuh tidak mudah lemas dan lapar di siang hari. Selain itu, makanan tersebut  akan memperlambat pengosongan lambung. Kamu bisa memperbanyak konsumsi kurma, pisang, kacang almond, buah, sayur, dan nasi.

Baca Juga: Gak Pengin Cepat Haus saat Puasa, Hati-hati Pilih Makanan Sahur

4. Perbanyak minum

Penderita Maag Tetap Lancar Puasa, Lakukan 6 Tips Ini!Medicalnewstoday.com

Aturan minum air putih saat berpuasa adalah minimal delapan gelas setiap harinya. Selain itu, untuk penderita maag, minum susu saat sahur dan berbuka bisa membantu mengurangi gejala maag.

5. Hindari hal-hal pemicu stres

Penderita Maag Tetap Lancar Puasa, Lakukan 6 Tips Ini!unsplash.com/Radu Florin

Saat stres, sinyal dari saraf akan merangsang sel untuk memproduksi asam lambung. Inilah mengapa stres bisa memicu munculnya gejala maag. Sebaiknya, perbanyak melakukan hal-hal positif dan hindari pemicu stres kamu. Selain itu, tidur yang cukup juga diperlukan.

6. Hindari makanan pemicu maag

Penderita Maag Tetap Lancar Puasa, Lakukan 6 Tips Ini!foodnetwork.com

Ada banyak pantangan untuk penderita maag. Berikut ini makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari:

  • Makanan yang banyak mengandung gas seperti makanan berlemak, sawi, kol, buah kering, nangka, dan pisang ambon;
  • Makanan yang mengandung asam seperti lemon, tomat, dan lain-lain;
  • Makanan pedas;
  • Makanan yang banyak mengandung pengawet;
  • Minuman berkafein dan soda;
  • Sumber karbohidrat yang harus dihindari adalah mi, bihun, jagung, ubi singkong, dan beras ketan.

Selain itu, usahakan untuk kurangi merokok karena bisa memicu naiknya asam lambung.

Normalnya, tubuh bakal beradaptasi dengan kondisi puasa setelah beberapa hari. Sakit yang kamu rasakan pada lambung di awal puasa itu hanya sementara, kok. Jika kamu khawatir maag kambuh di tengah hari, cobalah mengonsumsi obat maag sebelum makan sahur. Selamat berpuasa!

Baca Juga: Waspada, 7 Masalah Kesehatan Ini Kerap Muncul saat Puasa!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya