Comscore Tracker

Ini Tiga Kelompok Orang yang Paling Rentan Terjangkit Virus Corona

Kelompok ini dapat mengalami dampak yang lebih parah

Merebaknya virus corona menimbulkan keresahan bagi penduduk di berbagai belahan dunia. Berdasarkan data yang dilansir New York Post, setidaknya 80 orang meninggal dunia dan 2.744 orang dirawat akibat virus ini.

Sejauh ini, para ahli masih belum menyimpulkan apakah ada orang-orang yang lebih rentan terhadap ancaman virus corona baru ini. Namun, dampak virus ini memang cenderung lebih parah pada kelompok orang tertentu. Lantas, siapa sajakah kelompok tersebut?

1. Orang lanjut usia, apalagi yang sudah terkena sakit kronis

Ini Tiga Kelompok Orang yang Paling Rentan Terjangkit Virus Coronainsider.com

Orang lanjut usia tampaknya sangat rentan terhadap wabah yang sedang berlangsung ini. Mengutip New York Times, dari 17 orang yang pertama meninggal, 13 di antaranya adalah laki-laki berusia lanjut, yaitu di atas 48 tahun. 

Rumah sakit juga mencatat bahwa sebagian besar dari mereka telah memiliki riwayat penyakit kronis sebelumnya. Mulai dari hipertensi, sirosis, diabetes, parkinson, dan penyakit pernapasan. 

Sebenarnya para ahli pun tidak ingin menyimpulkan terlalu dini karena virus masih terus diteliti. Namun para petugas medis di Tiongkok memperkirakan bahwa virus membuat kondisi orang lanjut usia dengan penyakit kronis semakin memburuk. 

Baca Juga: 2019-nCoV, Virus Corona Baru yang Satu Keluarga dengan MERS dan SARS

2. Ibu hamil

Ini Tiga Kelompok Orang yang Paling Rentan Terjangkit Virus Coronapixabay.com/Free-Photos

Golongan orang kedua yang lebih rentan terserang virus corona adalah wanita yang sedang hamil. Terlebih lagi jika mereka memiliki riwayat disfungsi hati dan ginjal sebelumnya.

Dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, kondisi-kondisi tersebut menyebabkan sistem imun wanita hamil relatif lebih lemah daripada orang lainnya. Alhasil, virus corona pun lebih mudah menyerang mereka. 

3. Orang dengan disfungsi hati dan ginjal

Ini Tiga Kelompok Orang yang Paling Rentan Terjangkit Virus Coronavoanews.com

Menurut sumber yang sama, selain ibu hamil, golongan orang yang paling rentan terserang virus corona adalah mereka yang mengalami disfungsi hati dan/atau ginjal. Jika daya imun orang tersebut lemah, efek yang dirasakan akan lebih menyiksa.

Sebenarnya virus corona dapat menyerang siapa pun tanpa terkecuali. Baik mereka yang memiliki sistem imun lemah maupun normal. Tercatat bahwa hingga saat ini, usia pasien pun beragam, antara 15 hingga 88 tahun. Sementara itu, anak-anak merupakan golongan yang paling kecil kemungkinan terserang virus ini.

Semakin tinggi tingkat paparan seseorang terhadap virus, semakin tinggi pula kesempatan mereka untuk terserang penyakit yang sedang mewabah ini. Terlebih lagi, persebaran virus sangatlah cepat dan mudah terjadi antarmanusia. Jadi, sebisa mungkin hindari keramaian di daerah yang sudah terkena wabah virus ini.

Ini Tiga Kelompok Orang yang Paling Rentan Terjangkit Virus CoronaIDN Times/Arief Rahmat

Tentunya, kita semua patut waspada meski belum ada kasus positif virus corona di Indonesia. Jaga tubuh tetap sehat dengan menjaga kebersihan serta makan dan istirahat yang cukup. Jangan lupa kenakan masker saat keluar rumah.

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini Cara dan Tahap Penularan Virus Corona pada Manusia

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya