Comscore Tracker

7 Fakta Fried Rice Syndrome, Racun pada Nasi Akibat Bakteri

Bahaya mengintai dari balik nasi sisa

Siapa yang bisa menolak lezatnya makanan dalam gambar di atas? Nasi goreng yang lezat umumnya menggunakan nasi yang pera, tidak lembek dan lengket. Untuk mengurangi kadar air pada nasi, kita sering kali mendiamkan nasi terlebih dulu selama beberapa jam sebelum digoreng.

Namun, ilmuwan menemukan fakta kurang menyenangkan dari kebiasaan mendiamkan nasi tersebut. Hal ini ternyata bisa memicu munculnya bakteri penyebab keracunan makanan. Penyakit itu dikenal sebagai fried rice syndrome

Apa sebenarnya fried rice syndrome dan bakteri macam apa yang menjadi penyebabnya? Simak faktanya berikut ini, yuk!

1. Fried rice syndrome disebabkan oleh bakteri Bacillus cereus

7 Fakta Fried Rice Syndrome, Racun pada Nasi Akibat Bakteribccdc.ca

Bacillus cereus adalah bakteri yang bisa meracuni makanan, khususnya yang mengandung zat tepung (starch). Contohnya, nasi, mie, spageti, dan roti. Bakteri tersebut akan mencemari makanan yang dibiarkan terbuka pada suhu ruangan selama beberapa jam.

2. Fried rice syndrome umumnya muncul pada makanan yang lama didiamkan

7 Fakta Fried Rice Syndrome, Racun pada Nasi Akibat Bakteritimesofindia.indiatimes.com/

Dilansir dari Live Science, setidaknya ada 63.000 kasus yang terjadi dalam setahun di Amerika Serikat. Jumlah tersebut belum termasuk kasus yang tidak dilaporkan. Orang-orang masih menganggap enteng penyakit ini.

Bulan Januari silam, ada sebuah kasus fried rice syndrome yang dialami oleh pria asal Belgia. Sayangnya ia tidak tertolong dan akhirnya meninggal. Sebelum itu, ia memakan sisa spageti yang ia hangatkan setelah lima hari.

3. Kenapa dinamakan fried rice syndrome?

7 Fakta Fried Rice Syndrome, Racun pada Nasi Akibat BakteriUnsplash/Annie Spratt

Ini karena orang-orang biasa mendinginkan nasi sebelum menggorengnya. Pada saat didinginkan itulah bakteri Bacillus cereus bisa muncul. Selain itu, fried rice syndrome juga bisa disebabkan oleh sisa nasi goreng yang didiamkan untuk dihangatkan lagi beberapa jam hingga beberapa hari kemudian.

Baca Juga: 6 Fakta Bau Mulut, Bisa Jadi Indikasi Masalah Kesehatan Serius

4. Ada dua macam racun yang dikeluarkan oleh Bacillus cereus

7 Fakta Fried Rice Syndrome, Racun pada Nasi Akibat Bakterihealthytravelblog.com

Dilansir dari U.S Food and Drug Administration (FDA), terdapat dua macam racun yang diproduksi oleh Bacillus cereus. Jenis racun pertama akan menyebabkan diare. Sedangkan racun yang lain akan menyebabkan penderitanya mengalami gejala muntah-muntah.

5. Gejala fried rice syndrome

7 Fakta Fried Rice Syndrome, Racun pada Nasi Akibat Bakterimadewithoils.com

Jenis racun pertama akan aktif di usus halus setelah bakteri dicerna. Racun tersebut akan membuat orang diare, kram, dan mual. Gejala akan dimulai 6 hingga 15 jam setelah makan dan berlangsung selama satu hari. Setelah itu gejala akan reda dengan sendirinya.

Sedangkan jenis racun kedua sudah dikeluarkan bakteri di dalam makanan sebelum dikonsumsi. Racun tersebut bergerak lebih cepat daripada yang pertama, yaitu 30 menit hingga 6 jam setelah makan.

6. Penanganan kasus fried rice syndrome

7 Fakta Fried Rice Syndrome, Racun pada Nasi Akibat Bakterid4pcfoundation.org

Untuk mendeteksi apakah seseorang terserang fried rice syndrome, dokter biasanya akan melakukan tes pada muntah atau feses. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat terkena penyakit ini.

Beristirahat dan menjaga tubuh terhidrasi adalah penanganan pertama yang bisa dilakukan, terutama pada hari pertama. Jika gejala tidak kunjung reda setelah satu hari, penderita harus segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

7. Pencegahan fried rice syndrome

7 Fakta Fried Rice Syndrome, Racun pada Nasi Akibat Bakteriacraftyspoonful.com

Pencegahan utama yang bisa dilakukan adalah menjaga agar suhu makanan tetap konstan. Makanan panas harus disimpan di suhu minimal 60 derajat celcius. Sedangkan makanan dingin sebaiknya disimpan dalam suhu kurang dari 4 derajat celcius. Memanaskan kembali makanan yang telah didiamkan lebih dari dua jam akan memicu fried rice syndrome.

Demikianlah fakta seputar fried rice syndrome yang mengintai di balik nasi yang didiamkan. Untuk menghindarinya, pastikan kamu gak mengkonsumsi nasi sisa yang dipanaskan kembali setelah didiamkan cukup lama.

Baca Juga: Menderita Kanker Ginjal, ini 4 Fakta tentang Penyakit Vidi Aldiano 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya