Comscore Tracker

Wajib Tahu, Begini Cara dan Tahap Penularan Virus Corona pada Manusia

Wabah ini sudah sampai ke Malaysia dan Singapura

Wabah pneumonia yang disebabkan oleh virus corona baru telah membuat Tiongkok menetapkan status darurat dan melakukan karantina terhadap kota Wuhan. Virus ini juga menyebar ke sejumlah negara, di antaranya Jepang, Thailand, Malaysia, dan Amerika Serikat.

Korban yang disebabkannya pun kian bertambah. Menurut laporan terakhir, sudah ada 80 orang yang meninggal karena virus tersebut. Hal ini tentu membuat dunia resah. Lantas, bagaimana cara dan tahap penularan virus ini sehingga ia bisa menyebar dengan cepat?

1. Diduga berasal dari pasar ikan lokal di Wuhan, Tiongkok

Berdasarkan penyelidikan otoritas setempat, virus corona berasal dari hewan liar yang diperdagangkan di pasar ikan di Wuhan, Tiongkok. Orang pertama yang jatuh sakit karenanya pun merupakan para penjual di sana. 

Awalnya, petugas mengira bahwa virus ini hanya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun setelah pengamatan dilakukan, penularan antarmanusia pun sangat mungkin untuk terjadi. Inilah yang membuat virus corona mudah menyebar.

Baca Juga: 2019-nCoV, Virus Corona Baru yang Satu Keluarga dengan MERS dan SARS

2. Virus corona menular melalui lima cara

Wajib Tahu, Begini Cara dan Tahap Penularan Virus Corona pada Manusiavoanews.com

Dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, terdapat lima cara penularan virus corona dari manusia ke manusia lainnya. Apa sajakah itu? Simak berikut inI:

  • Transmisi dari cairan: air dapat membawa virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter. Air yang dimaksud biasanya berupa cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin;
  • Transmisi dari udara: virus corona bisa menyebar dalam jarak jauh melalui udara. Cara ini sama dengan cara virus flu, SARS, variola, dan norovirus menular dari satu orang ke orang lainnya;
  • Transmisi kontak: virus dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir (seperti mata, lidah, luka terbuka, dan lain-lain). Transmisi juga bisa berlangsung melalui darah yang masuk ke tubuh atau mengenai selaput lendir;
  • Transmisi dari hewan: orang yang mengolah, menjual, dan mendistribusikan hewan liar yang membawa virus corona dapat tertular melalui kontak tersebut;
  • Kontak dekat dengan pasien: keluarga, orang yang tinggal serumah, petugas medis, atau bahkan orang yang sempat berada dekat dengan pasien rentan untuk tertular. 

3. Masa inkubasi virus corona bisa berlangsung selama 14 hari

Wajib Tahu, Begini Cara dan Tahap Penularan Virus Corona pada ManusiaGrafik Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut sumber yang sama, masa inkubasi corona paling pendek berlangsung selama dua hingga 3 hari, sedangkan paling lama bisa mencapai 10 hingga 12 hari. Namun melihat perilaku virus corona pada penyakit lainnya, para ahli mengatakan bahwa masa inkubasi tersebut dapat mencapai waktu 14 hari. 

Ini adalah rentang waktu yang dibutuhkan oleh virus tersebut untuk menjangkit dan menampakkan gejala-gejala awal. Perlu diketahui bahwa dalam masa tersebut, virus corona masih bisa menular ke orang lain sehingga cukup sulit untuk mendeteksinya. 

Gejala utama dari virus corona adalah demam yang disertai dengan batuk kering, tubuh lemas, sulit bernapas dan diare. Setelah berlangsung selama satu minggu, sebagian besar pasien akan mengalami sesak napas.

Menurut riset, virus corona sensitif terhadap panas dan dapat secara efektif dinonaktifkan oleh pelarut lipid dengan suhu setidaknya 56 ℃ selama 30 menit. Selain itu bisa juga dinonaktifkan dengan eter, alkohol 75 persen, disinfektan yang mengandung klorin, asam peroksiasetat dan kloroform. Klorheksidin tidak efektif dalam menonaktifkan virus ini.

Wajib Tahu, Begini Cara dan Tahap Penularan Virus Corona pada ManusiaIDN Times/Arief Rahmat

Itu dia cara dan tahapan penularan virus corona pada manusia yang patut kamu waspadai. Mudah-mudahan, kita semua terhindar dari penyakit ini. Namun, jika ditemukan gejala suspect virus ini pada dirimu atau orang di sekitarmu, segeralah berobat ke dokter, apalagi jika kamu baru saja mengunjungi Tiongkok.

Baca Juga: Virus Corona Merebak, Ini Cara Memakai Masker yang Benar Menurut WHO

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya