Comscore Tracker

Payudara Besar Sebelah Bukan Masalah, Ini 5 Faktanya

Ternyata perbedaan ukuran payudara adalah hal yang normal

Sebagian dari kamu mungkin menyadari kalau ukuran payudaramu gak simetris alias besar sebelah. Kondisi ini sebenarnya gak perlu terlalu dikhawatirkan. Sebab, mayoritas perempuan di dunia memang memiliki payudara yang ukurannya tidak sama persis.

Namun, bagaimana jika perbedaannya terlihat mencolok? Apa yang menyebabkan payudara besar sebelah? Yuk, simak lima faktanya berikut ini!

1. Bobot normal payudara berkisar antara 200–300 gram

Payudara Besar Sebelah Bukan Masalah, Ini 5 Faktanyanytimes.com

Perlu kamu ketahui, bobot normal payudara perempuan dewasa berkisar antara 200–300 gram. Jadi, masing-masing payudara belum tentu memiliki berat yang sama persis. Bisa saja ada perbedaan sekian gram.

Pada keadaan tertentu seperti siklus menstruasi, hamil, atau menyusui, berat payudara bisa meningkat pesat karena perubahan hormon. Gak perlu dikhawatirkan jika perbedaan ukurannya gak begitu signifikan.

2. Payudara tersusun dari 12–20 lobus yang terpusat di puting

Payudara Besar Sebelah Bukan Masalah, Ini 5 Faktanyamedimetry.com

Selain kisaran beratnya yang memiliki rentang tertentu, payudara juga tersusun atas lobus-lobus yang jumlahnya gak sama persis. Satu payudara bisa berisi 12–20 lobus yang berpusat di puting. Simpelnya, bentuk kumpulan lobus ini seperti jari-jari roda.

Payudara kiri bisa saja tersusun dari 18 lobus, sementara yang sebelah kanan hanya berisi 16 lobus. Perbedaan jumlah ini mengakibatkan beda ukuran. Selama jumlah lobus berada di rentang 12–20, perbedaan ukurannya gak mengkhawatirkan.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Kanker Payudara, Waspada!

3. Mayoritas perempuan mengalami pertumbuhan payudara asimetris di awal pubertas

Payudara Besar Sebelah Bukan Masalah, Ini 5 Faktanyalivestylevogue.com

Di awal masa pubertas, payudara mulai mengalami pertumbuhan. Nah, pertumbuhan ini akan terjadi secara bertahap. Bentuk dan ukurannya masih belum sama persis di tahap awal, biasanya bagian kiri sedikit lebih besar.

Tapi seiring berjalannya waktu, kedua payudara akan menyesuaikan bentuk dan ukuran sehingga perbedaannya gak lagi signifikan.

4. Beberapa kondisi khusus bisa menyebabkan payudara asimetris, seperti menyusui atau cedera

Payudara Besar Sebelah Bukan Masalah, Ini 5 Faktanyafamilyllb.com

Tapi ada beberapa kondisi khusus yang bisa menyebabkan payudara kembali berbeda bentuk dan ukuran. Di antaranya adalah proses hamil dan menyusui.

Terutama saat menyusui, seorang Ibu gak bisa mengukur dengan pasti durasi dan frekuensi bayi menyusu di tiap payudara. Sisi payudara yang lebih sering diisap Si Kecil akan memiliki ukuran lebih besar.

Selain itu, adanya cedera baik yang terjadi di luar maupun dalam juga bisa menyebabkan perbedaan bentuk dan ukuran payudara. Selama selisihnya gak sampai berbeda ukuran cup bra, kondisi ini masih relatif aman.

5. Kapan perbedaan ukuran payudara harus dikonsultasikan ke dokter?

Payudara Besar Sebelah Bukan Masalah, Ini 5 Faktanyahealthline.com

Meski rata-rata kondisi payudara besar sebelah gak perlu dikhawatirkan, kamu perlu tahu beberapa potensi bahaya yang mungkin terjadi. Jangan ragu mengkonsultasikan ke dokter jika perbedaan ukuran payudara terjadi secara tiba-tiba. Atau beda ukurannya sangat timpang dan meningkat dari hari ke hari.

Nah, selama masih wajar, ukuran payudara yang besar sebelah bukanlah masalah. Untuk mengecek apakah payudaramu memiliki perbedaan ukuran, coba lepaskan baju dan bra lalu telungkupkan kedua tanganmu di masing-masing payudara. Setelah diamati, kamu bakal menyadari bahwa ukurannya memang gak sama persis.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Ukuran Payudara Mendapat Pengaruh dari 7 Faktor Ini!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya