Comscore Tracker

Workaholic Berisiko Mengalami 7 Penyakit Ini, Jangan Paksa Tubuhmu

Awas, dampaknya bisa serius!

Bagi sebagian orang, sikap gila kerja alias workaholic dianggap serupa dengan sifat rajin, produktif, dan bermotivasi tinggi. Padahal, para pakar kesehatan kejiwaan justru menganggapnya sebagai gangguan mental, lho.

Lagipula, sikap ini gak selalu berbanding lurus dengan produktivitas. Yang ada, kamu justru rentan dengan berbagai penyakit akibat tubuh yang terus dipaksa bekerja tanpa beristirahat. Ini dia penyakit-penyakit yang berisiko dialami para penggila kerja.

1. Tekanan darah tinggi

Workaholic Berisiko Mengalami 7 Penyakit Ini, Jangan Paksa Tubuhmuworldexecutivesdigest.com

Hipertensi bisa muncul jika tubuh terus bekerja dengan cara memaksa organ dan fungsi tubuh untuk terus beraktivitas. Penyakit ini bisa merembet ke stroke, serangan dan gagal jantung.

2. Maag

Workaholic Berisiko Mengalami 7 Penyakit Ini, Jangan Paksa Tubuhmuintoposts.com

Terlalu fokusnya bekerja menyebabkan orang lupa bekerja. Belum lagi jika itu ditambah dengan meminum kopi yang tinggi kafein serta rasa stres yang menumpuk, menyebabkan produksi asam lambung yang berlebih.

3. Batu ginjal

Workaholic Berisiko Mengalami 7 Penyakit Ini, Jangan Paksa Tubuhmuhealth.harvard.edu

Workaholic sering kali memiliki pola makan yang tidak teratur dan memakan hampir semuanya untuk mengatasi rasa lapar. Padahal makanan berkalsium tinggi dan kaya oksalat yang susah larut dalam tubuh sangat berisiko menyumbat sekaligus menginfeksi saluran kemih.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Punggung yang Mengganggu, Biar Lebih Produktif

4. Liver

Workaholic Berisiko Mengalami 7 Penyakit Ini, Jangan Paksa Tubuhmupremiermed.com

Agar tetap bangun dan bisa menyelesaikan pekerjaannya, seorang workaholic sering minum minuman penambah energi serta vitamin. Terlalu banyaknya hal itu membuat kewalahan liver dalam memproses racun yang ada dan pada akhirnya merusak liver.

5. Sembelit dan wasir

Workaholic Berisiko Mengalami 7 Penyakit Ini, Jangan Paksa Tubuhmubiomag-medical.com

Ini sering terjadi kepada workaholic yang sering duduk, namun jarang minum air. Akibatnya, orang itu susah makan dan pada akhirnya mengalami sakit di bagian pencernaan. Sembelit yang tidak diatasi akan berimbas pula ke kondisi wasir yang menyebabkan duduk dan buang air besar sangat menyakitkan.

6. Insomnia

Workaholic Berisiko Mengalami 7 Penyakit Ini, Jangan Paksa Tubuhmunydailynews.com

Meski bukan termasuk penyakit fisik, insomnia sering menjadi permasalahan sendiri bagi para workaholic. Adapun yang menyebabkan insomnia ini adalah makanan berkafein yang membuat seseorang tidak bisa tidur, pola tidur yang tak teratur dan stres.

7. Migrain

Workaholic Berisiko Mengalami 7 Penyakit Ini, Jangan Paksa TubuhmuIlustrasi migrain atau sakit kepala sebelah. freepik.com/jcomp

Sakit kepala sebelah bisa disebabkan adanya permasalahan sinus atau ketegangan otot leher. Umumnya workaholic mendapatkan migrain karena masalah kedua. Migrain juga bisa disebabkan karena tidak makan, kurang tidur, serta tekanan emosi.

Itulah beberapa penyakit yang mengancam workaholic. Meskipun kamu sangat suka bekerja, istirahat yang cukup justru diperlukan agar kamu bisa terus bekerja dengan baik dan produktif. Kalau sakit, mana bisa kerja, betul gak?

Baca Juga: Air Kencing Berbusa, Ini 8 Gangguan Kesehatan yang Jadi Pemicunya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya