Comscore Tracker

Menderita Kanker Ginjal, ini 4 Fakta tentang Penyakit Vidi Aldiano 

Kanker ginjal susah diprediksi pada stadium awal

Penyanyi Vidi Aldiano mengabarkan dirinya menderita sakit kanker ginjal, terutama pada ginjal kirinya. Melalui video permintaan maafnya, penyanyi ini menyatakan karena penyakit tersebut ia harus menunda beberapa pekerjaannya. Kabar ini tentu saja mengejutkan para netizen.

Sebenarnya apa itu kanker ginjal? Kidney.org menjelaskan bahwa ini adalah penyakit yang datang menyerang organ ginjal. Penyakit ini muncul ketika sebuah sel di salah satu atau kedua ginjal bertumbuh tak terkontrol dan menimbulkan benjolan atau tumor. Umumnya tipe kanker ginjal yang paling sering diderita orang dewasa adalah renal cell carcinoma.

Baca Juga: Betah Jomblo, 10 Kedekatan Vidi Aldiano dan Artis Wanita

1. Kanker ginjal dapat merebak hingga ke otak

Menderita Kanker Ginjal, ini 4 Fakta tentang Penyakit Vidi Aldiano parkwaycancercentre.com

Ada bagian di ginjal yang bernama renal tubules, sebuah bagian yang berbentuk tabung. Bagian ini adalah bagian yang membersihkan darahmu dan memproduksi urine. Kanker ginjal sering menyerang bagian ini dan jika dibiarkan, sel kanker akan merebak menuju paru-paru, tulang bahkan hingga ke otak.

Baca Juga: 6 Fakta Penting Seputar Kanker Ginjal yang Wajib Kamu Ketahui

2. Kanker ginjal susah diprediksi di stadium awal

Menderita Kanker Ginjal, ini 4 Fakta tentang Penyakit Vidi Aldiano pmnewsnigeria.com

Mayoclinic.org mengatakan kanker ginjal tidak mudah diketahui ketika berada di tahap awal. Umumnya penyakit ini baru bisa diketahui ketika mencapai tahap akhir. Gejalanya meliputi kencing darah, rasa sakit di punggung yang tak kunjung berhenti, kehilangan selera makan, berat badan hilang tidak jelas, mudah capek dan sering mengalami demam.

3. Penyebab kanker ginjal datang dari banyak hal

Menderita Kanker Ginjal, ini 4 Fakta tentang Penyakit Vidi Aldiano ackubd.com

Ada beberapa faktor yang disinyalir sebagai penyebab kemunculan kanker ginjal. Yang pertama adalah masalah penuaan. Yang kedua adalah masalah gaya hidup. Merokok, obesitas hingga tekanan darah tinggi akibat makanan disinyalir memiliki koneksi yang kuat terhadap kemunculan kanker ini. Yang ketiga merupakan faktor turunan. Bisa jadi keluarga memang memiliki sejarah kesehatan kehadiran penyakit ini. Yang terakhir adalah memang adanya mutasi sel dalam tubuh.

4. Menghindari kanker ginjal bisa datang dari hidup sehat

Menderita Kanker Ginjal, ini 4 Fakta tentang Penyakit Vidi Aldiano health.economictimes.indiatimes.com

Karena risiko terkena kanker ginjal meningkat akibat gaya hidup yang tidak beres, maka cara termudah menghindari penyakit ini adalah dengan hidup sehat. Berhenti merokok, memantau berat badan, dan melakukan pengecekan tekanan darah tinggi merupakan beberapa caranya. Berolahraga juga bisa membantu tubuhmu lebih fit dalam menghadapi kanker ginjal.

Kanker ginjal merupakan penyakit yang serius. Lebih baik menghindarinya ketimbang mengobatinya. Oleh karena itu, selalu ingat untuk hidup sehat dan seimbang. Untuk Vidi Aldiano, semoga dirinya tabah menghadapi hal tersebut dan semoga cepat sembuh.

Baca Juga: Waspada! 10 Gejala Kanker Ginjal Ini Jarang Disadari Orang Awam

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya